Jenis Gaya Penulisan Sitasi dan Contohnya

Diposting pada

Macam Gaya Penulisan Sitasi

Sitasi adalah referensi ke dalam mengutip sumber kepenulisan. Sitasi memiliki beberapa tujuan penting diantaranya untuk menegakkan kejujuran intelektual (atau menghindari plagiarisme), menghubungkan karya dan gagasan sebelumnya atau tidak asli dengan sumber yang benar, memungkinkan pembaca menentukan secara independen apakah bahan yang direferensikan mendukung argumen penulis dalam klaim, dan membantu pembaca mengukur kekuatan dan validitas bahan yang telah digunakan penulis.

Terdapat beragam jenis gaya sitasi yang dapat dipilih oleh penulis dalam penampilkan hasil penelitiannya, diantaranya yaitu Harvard, MLA, American Sociological Association (ASA), American Psychological Association (APA), dan sistem kutipan lainnya, yang masing-masing memiliki aturan sitasi yang berbeda satu sama lain. Editor sering menentukan sistem kutipan atau gaya sitasi apa yang akan harus digunakan oleh penulis.

Sitasi

Sitasi adalah cara penulis memberi tahu pembaca bahwa materi tertentu dalam karyanya berasal dari sumber lain. Hal ini juga memberi pembaca informasi yang diperlukan untuk menemukan sumber itu lagi, termasuk terkait dengan informasi tentang penulis, judul karya, nama dan lokasi perusahaan yang menerbitkan salinan sumber yang kita sitasi, tanggal salinan tersebut diterbitkan, nomor halaman dari materi yang kita kutip.

Alasan penulisan sitasi penting lantaran mampu memberikan penghargaan kepada penulis asli dengan mengutip sumber adalah satu-satunya cara untuk menggunakan karya orang lain tanpa menjiplak tulisan. Tetapi ada sejumlah alasan lain untuk mengutip sumber:

  1. Kutipan sangat membantu siapa pun yang ingin mengetahui lebih banyak tentang ide-ide kita dan dari mana mereka berasal
  2. Tidak semua sumber baik atau benar, sehingga ide kita sendiri seringkali lebih akurat atau menarik daripada sumber kita. Kutipan yang tepat akan menjaga kita dari ide-ide buruk orang lain
  3. Mengutip sumber memperkuat pekerjaan kita dengan memberikan dukungan luar kepada ide-ide kita
  4. Bukankah mengutip membuat pekerjaan saya terasa kurang orisinal? Tidak semuanya. Sebaliknya, mengutip sumber sebenarnya membantu pembaca Anda membedakan ide-ide kita dari sumber-sumber kita. Ini sebenarnya akan menekankan orisinalitas karya kita sendiri.

Jenis Gaya Penulisan Sitasi

Gaya sitasi yang berbeda memiliki aturan yang berbeda untuk kutipan dalam teks, entri daftar referensi, dan (kadang-kadang) pada pembentukan untuk format di arti paper yang telah dibuat. Perbedaannya bisa sangat halus, jadi penting untuk hati-hati memeriksa aturan gaya yang kita gunakan.

Saat kita merujuk ke sumber. Misalnya, dengan mengutip atau memparafrasekan, maka kita harus menambahkan kutipan singkat dalam teks. Ada tiga jenis kutipan utama:

  1. Kutipan parentetik: Kita menempatkan referensi sumber dalam tanda kurung langsung dalam teks kita. Ini biasanya termasuk nama belakang penulis bersama dengan tanggal publikasi dan / atau nomor halaman.
  2. Catatan kutipan: Kita memasukkan referensi sumber pada catatan kaki atau catatan akhir.
  3. Kutipan angka: Kita menomori setiap sumber kita dalam daftar referensi dan menggunakan nomor yang benar ketika Anda ingin mengutip sumber.

Di bawah ini adalah ikhtisar sistem yang digunakan dalam gaya kutipan yang paling umum, antara lain:

  1. MLA

Gaya MLA (saat ini dalam edisi ke-8) dikembangkan oleh Modern Language Assosiation (Asosiasi Bahasa Modern) dan sangat populer dalam studi bahasa dan sastra. MLA menggunakan kutipan kurung yang berisi penulis dan nomor halaman.

Contoh penulisan sitasi kutipan MLA (buku)

Antara lain;

  1. Gaya MLA pada kutipan dalam teks

Buku ini menggunakan kisah sukses dari pengalaman hidup penulis sendiri untuk menjelaskan revolusi kreatif di dunia bisnis (Stewart dan Simmons 22).

  1. Entri yang disitaso dari gaya MLA

Stewart, Dave dan Mark Simmons. The Business Playground: Where Creativity and Commerce Collide. New Rider Press, 2010.

  1. APA

Gaya APA diciptakan oleh American Psychological Association dan awalnya digunakan dalam psikologi dan ilmu sosial. Saat ini banyak disiplin ilmu lain juga menggunakannya. Gaya kutipan APA menggunakan sistem tanggal-kutipan kutipan kurung. Catatan: Edisi ke-7 dari Panduan Publikasi APA diterbitkan pada Oktober 2019.

Contoh kutipan gaya APA (buku)

Antara lain;

  1. Gaya APA pada kutipan dalam teks

Buku ini menggunakan kisah sukses dari pengalaman hidup penulis sendiri untuk menjelaskan revolusi kreatif di dunia bisnis (Stewart & Simmons, 2010, hlm. 22).

  1. Entri daftar referensi gaya APA

Stewart, D. & Simmons, M. (2010). The Business Playground: Where Creativity and Commerce Collide. Berkeley, AS: New Riders Press.

  1. Chicago

Gaya Chicago diterbitkan oleh The Chicago Manual of Style. Ada dua variasi:

  1. Chicago A: Kita mengutip sumber dalam catatan kaki atau catatan akhir.
  2. Chicago B: Kita menggunakan kutipan tanggal penulis kurung dalam teks.
Contoh kutipan gaya Chicago A (buku)

Diantaraya;

  1. Gaya Chicago pada kutipan dalam teks

Buku ini menggunakan kisah sukses dari pengalaman hidup penulis sendiri untuk menjelaskan revolusi kreatif di dunia bisnis.1

  1. Catatan kaki gaya Chicago

1Dave Stewart dan Mark Simmons, The Business Playground: Where Creativity and Commerce Collide (Berkeley: New Riders Press, 2010).

  1. Entri bibliografi gaya Chicago

Stewart, Dave dan Mark Simmons. The Business Playground: Where Creativity and Commerce Collide. Berkeley: New Riders Press, 2010.

Contoh kutipan gaya Chicago B (buku)

Antara lain;

  1. Gaya Chicago pada kutipan dalam teks

Buku ini menggunakan kisah sukses dari pengalaman hidup penulis sendiri untuk menjelaskan revolusi kreatif di dunia bisnis (Stewart dan Simmons 2010, 22).

  1. Entri daftar referensi gaya Chicago

Stewart, Dave dan Mark Simmons. 2010. The Business Playground: Where Creativity and Commerce Collide. Berkeley: New Riders Press.

  1. Turabian

Turabian dikembangkan berdasarkan gaya Chicago. Ini secara khusus dirancang untuk siswa menulis makalah penelitian. Sama seperti gaya Chicago, Turabian memiliki dua opsi kutipan: sistem catatan dan sistem penulis- tanggal.

Sistem notasi digunakan dalam humaniora (sastra, sejarah dan seni), sedangkan sistem penulis-tanggal digunakan dalam penelitian sosial.

Contoh Kutipan dengan Sistem Catatan Gaya Turabian (buku)

Dinatarnya;

  1. Gaya Turabian pada kutipan dalam teks

Buku ini menggunakan kisah sukses dari pengalaman hidup penulis sendiri untuk menjelaskan revolusi kreatif di dunia bisnis.1

  1. Catatan kaki gaya Turabian (referensi pertama ke sumber)

1Dave Stewart dan Mark Simmons, The Business Playground: Where Creativity and Commerce Collide (Berkeley: New Riders Press, 2010), hal.22.

  1. Catatan kaki gaya Turabian (referensi selanjutnya ke sumber)

1Stewart and Simmons, The Business Playground: Where Creativity and Commerce Collide, hlm. 22.

  1. Entri bibliografi gaya Turabian

Stewart, Dave dan Mark Simmons. The Business Playground: Where Creativity and Commerce Collide. Berkeley: New Riders Press, 2010.

Contoh Kutipan dengan Sistem Penulis-Tanggal Gaya Turabian (buku)

Antara lain;

  1. Gaya Turabian pada kutipan dalam teks

Buku ini menggunakan kisah sukses dari pengalaman hidup penulis sendiri untuk menjelaskan revolusi kreatif di dunia bisnis (Stewart dan Simmons 2010, 22).

  1. Entri daftar referensi gaya Turabian

Stewart, Dave dan Mark Simmons. 2010. The Business Playground: Where Creativity and Commerce Collide. Berkeley: New Riders Press.

  1. Harvard

Gaya rujukan Harvard sering digunakan dalam bidang ekonomi. Tidak ada panduan gaya resmi, yang berarti ada beberapa variasi. Beberapa organisasi telah menerbitkan panduan gaya mereka sendiri untuk gaya Harvard: British Standards Institution; Australian Government Publishing Service (AGPS). Seperti gaya APA, gaya Harvard didasarkan pada sistem penulis-tanggal.

Contoh kutipan gaya Harvard (buku)

Antara lain;

  1. Gaya Harvard pada kutipan dalam teks

Buku ini menggunakan kisah sukses dari pengalaman hidup penulis sendiri untuk menjelaskan revolusi kreatif di dunia bisnis (Stewart dan Simmons, 2010, hlm. 22).

  1. Entri daftar referensi gaya Harvard

Stewart, D. dan Simmons, M. (2010) The Business Playground: Where Creativity and Commerce Collide. Berkeley: New Riders Press.

  1. Vancouver

Gaya Vancouver dikembangkan oleh Komite Internasional Editor Jurnal Medis (ICMJE) dan sebagian besar digunakan dalam disiplin ilmu kedokteran. Gaya Vancouver bekerja dengan sistem numerik. Dalam teks, sumber ditunjukkan oleh angka, dan detail sumber lengkap muncul di sebelah nomor itu dalam daftar referensi.

Contoh kutipan gaya Vancouver (buku)

Dinatarnya;

  1. Gaya Vancouver pada kutipan dalam teks

Buku ini menggunakan kisah sukses dari pengalaman hidup penulis sendiri untuk menjelaskan revolusi kreatif di dunia bisnis (1).

  1. Entri daftar referensi gaya Vancouver

1. Stewart D, Simmons M. The Business Playground: Where Creativity and Commerce Collide. Berkeley: New Riders Press: 2010.

  1. IEEE

IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) adalah gaya kutipan yang sering digunakan dalam studi teknis, seperti IT dan teknik listrik. Gaya IEEE memiliki pedoman untuk jenis sumber tertentu. Untuk tipe sumber yang tidak tercakup dalam IEEE, gaya Chicago digunakan. IEEE menggunakan sistem numerik.

Contoh gaya kutipan IEEE (buku)

Antara lain;

  1. Gaya IEEE pada kutipan dalam teks

Buku ini menggunakan kisah sukses dari pengalaman hidup penulis sendiri untuk menjelaskan revolusi kreatif di dunia bisnis (1).

  1. Entri daftar referensi gaya IEEE

1. Stewart dan M. Simmons, The Business Playground: Where Creativity and Commerce Collide. Berkeley, AS: New Riders Press, 2010.

  1. AMA

Gaya AMA sering digunakan dalam ilmu kedokteran dan menggunakan sistem numerik. Penomoran dalam teks diatur dalam superskrip, dengan nomor halaman termasuk dalam tanda kurung.

Contoh kutipan AMA (buku)

Antara lain;

  1. Gaya AMA pada kutipan dalam teks

Buku ini menggunakan kisah sukses dari pengalaman hidup penulis sendiri untuk menjelaskan revolusi kreatif di dunia bisnis.1 (hal 3)

  1. Entri daftar referensi gaya AMA

Stewart D, Simmons M. The Business Playground: Where Creativity and Commerce Collide, AS: New Riders Press; 2010

  1. ACS

ACS (American Chemical Society) digunakan terutama dalam makalah kimia. Gaya ACS memiliki tiga variasi untuk kutipan dalam teks. Pilihan gaya tergantung pada jurnal. Dalam ikhtisar pada halaman 288 Anda dapat mengetahui variasi mana yang digunakan oleh jurnal mana.

Contoh kutipan ACS (buku)

Antara lain;

  1. Gaya ACS pada kutipan dalam teks (catatan kaki)

Buku ini menggunakan kisah sukses dari pengalaman hidup penulis sendiri untuk menjelaskan revolusi kreatif di dunia bisnis.1

  1. Gaya ACS pada kutipan dalam teks (angka)

Buku ini menggunakan kisah sukses dari pengalaman hidup penulis sendiri untuk menjelaskan revolusi kreatif di dunia bisnis (1).

  1. Gaya ACS pada kutipan dalam teks (penulis-tanggal)

Buku ini menggunakan kisah sukses dari pengalaman hidup penulis sendiri untuk menjelaskan revolusi kreatif di dunia bisnis. (Stewart dan Simmons, 2010).

Dalam daftar referensi, sumber terdaftar dalam urutan abjad ketika sistem penulis-tanggal digunakan, dan dengan nomor ketika sistem numerik digunakan.

  1. Entri daftar referensi gaya ACS

Stewart, D .; Simmons, M. The Business Playground: Where Creativity and Commerce Collid;  New Riders Press: Berkeley, 2010.

  1. APSA

APSA (American Political Science Review) terutama digunakan dalam ilmu politik, dengan aturan khusus untuk dokumen dari pemerintah Amerika Serikat. APSA menggunakan sistem tanggal penulis.

Contoh kutipan APSA (buku)

Dinatarnya;

  1. Gaya ASPA pada kutipan dalam teks

Buku ini menggunakan kisah sukses dari pengalaman hidup penulis sendiri untuk menjelaskan revolusi kreatif di dunia bisnis (Stewart dan Simmons 2014).

  1. Entri daftar referensi gaya APSA

Stewart, Dave, dan Mark Simmons. 2010. The Business Playground: Where Creativity and Commerce Collid. Berkeley: New Riders Press.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan contoh penulisan sitasi diatas dapatlah dikatakan bahwa sitasi ini menjadi referensi intelektual untuk sumber yang diterbitkan atau tidak dipublikasikan dengan mengutip buku, penulis atau publikasi yang ada untuk mendukung suatu fakta.

Sitasi adalah cara penulis memberitahu pembaca bahwa bagian-bagian tertentu dari tulisannya berasal dari sumber yang ditulis penulis lain. Hal ini bertujuan untuk menjunjung kejujuran akademik/intelektual dan menghindari plagiarisme.

Adapun cara kutipan muncul (format) tergantung pada gaya kutipan, yang merupakan seperangkat aturan dan konvensi yang ditetapkan untuk mendokumentasikan sumber. Gaya kutipan dapat didefinisikan oleh suatu asosiasi, seperti Asosiasi Bahasa Modern (MLA), penerbit, seperti University of Chicago Press, atau jurnal, seperti The New England Journal of Medicine.

Gaya sitasi sebagian besar berbeda dalam lokasi, urutan, dan sintaksis informasi tentang referensi. Jumlah dan keragaman gaya kutipan mencerminkan prioritas yang berbeda sehubungan dengan keputusan, keterbacaan, tanggal, penulis, publikasi, dan, tentu saja, gaya.

Dengan begitu banyak gaya kutipan yang berbeda, bagaimana kita tahu mana yang tepat untuk tulisan kita? Pertama, kita harus mengikuti gaya sitasi sesuai instruksi dari pembimbing atau lembaga yang kita tuju. Ada beberapa faktor yang menentukan gaya kutipan yang sesuai, termasuk disiplin keilmuan, harapan akademik, tujuan penelitian dari tugas, dan preferensi individu instruktur kita.

Itulah tadi artikel yang bisa kami bagikan pada kalian berkenaan dengan macam-macam gaya penulisan sitasi dan contohnya. Semoga bisa memberi edukasi, referensi, serta sumber pengetahuan bagi kalian yang pada saat ini membutuhkannya.

 

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *