Tujuan Metode Penelitian dan Jenisnya

Diposting pada

Tujuan Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Dalam sebuah hasil penelitian tentunya banyak hal yang harus disiapkan, diantaranya adalah metode penelitian. Bagi kalangan peneliti pemula atau mahasiswa pada umumnya yang akan melakukan penelitian biasanya sih masih kurang paham tujuan metode penelitian itu sendiri. Oleh sebab itulah tulisan ini akan memberikan ulasannya.

Metode Penelitian

Metode penelitian adalah berbagai cara ilmiah yang berurutan secara sistematis yang dimiliki dan dilakukan oleh seorang peneliti dengan fungsi dan tujuan untuk mengumpulkan informasi dan data maupun melakukan peninjauan informasi dan data yang telah diperoleh.

Dalam metode penelitian berisikan penjelasan mengenai rancangan penelitian yang akan dilakukan, metode penelitian berisikan antara lain;

  1. Langkah prosedural yang akan dilakukan  ataupun yang harus dilakukan
  2. Metode pengumpulan data
  3. Waktu dilakukannya penelitian
  4. Tempat dilakukanya penelitian
  5. Alat dan bahan yang dibutuhkan
  6. Cara penganalisisan data
  7. Dan lain sebagainya.

Tujuan Metode Penelitian

Sebuah penelitian tentunya tidak mungkin dilakukan tanpa tujuan, apapun jenis penelitiannya pastilah mempunyai sebuat target, dan target tersebut adalah tujuannya. Jadi, dapat disimpulkan bahwa tujuan suatu penelitian merupakan berbagai target hasil yang telah dirumuskan oleh para peneliti sejak awal sebelum dilakukannya sebuah penelitian. Berdasarkan definisi tujuan yang telah dijabarkan tujuan penelitian dibagi menjadi 3 bentuk, diantaranya;

  1. Umum
  2. Teoritis
  3. Praktis

Untuk memperjelasanya berikut inilah rangkaian tujuan-tujuan tersebut yang akan dijabarkan secara perpoin. Diantaranya;

Umum

Secara umum pembuatan metode penelitian, yaitu;

  1. Pengetahuan baru, bahwasanya penelitian dapat dilakukan  dengan tujuan memperoleh pengetahuan serta penemuan yang baru dengan bekal pengetahuan dan penemuan-penemuan terdahulu.
  2. Pembuktian kebenaran, Penelitia juga dapat dilakukan dengan tujuan untuk menguji dalam rangka mencari pembuktian tentang suatu ilmu atau cabang ilmu yang telah ada tentang kebenaran ilmu tersebut.
  3. Pengembangan, Penelitian juga sering kali mempungai tujuan untuk mengembangkan ilmu-ilmu ataupun penemuan yang telah ada sebelumnya. Dengan mengembangkan pengetahuan dan penemuan yang sudah ada, penelitian perperan penting dalam pengembangan kehidupan manusia.

Teoritis

Tujuan penelitian secara teoritis adalah sebuah usaha yang dilakukan pada suatu penelitian dengan maksud agar tahu tentang suatu hal. Hasil penelitian yang didapat dari sebuah penelitian dengan tujuan teoritis biasanya berbentuk berbagai gagasan baru atau teori baru dan tidak dapat terapkan secara praktis (langsung) pada kehidupan nyata.

Penelitian semacam ini biasanya dikenal sebagai basic research ataupun pure research. Hasil berupa teori baru dapat dikembangkan lebih lanjut hingga menjadi hasil yang dapat diterapkan pada kehidupan (praktis), maka hasil dari penelitian ini memerlukan berbagai penelitian lanjutan.

Praktis

Pengertian tujuan penelitian secara praktis adalah suatu usaha mencari dan menemukan ilmu atau penemuan dan dapat diterapkan secara langsung didalam kehidupan nyata.

Contoh Tujuan Penelitian Secara Praktis

Mencari komposisi pemupukan dan pengairan yang pas untuk satu hektar tanaman semangka, atau juga membuat robot yang dapat membantu pekerjaan rumah tangga, dan lain sebagainya.

Penelitian ini biasanya dikenal dengan istilah applied reaserch.

Tujuan penelitian secara praktis juga mencakup beberapa tujuan lain, antara lain:

  1. Tujuan Eksploratif, adalah suatu tujuan dari kegiatan penelitian dengan harapan menemukan pengetahuan dan penemuan yang baru yang belum pernah ada pada penelitian sebelumnya. Penelitian dengan tujuan ini biasanya mempunyai output berupa produk baru dan bersifat dasar serta dapat dikembangkan lebih lanjut secara luas.
  2. Tujuan Verifikatif, merupakan sutu tujuan pada penelitian dengan maksud bahwa penelitian tersebut dilakukan untuk mengetahui lebih jauh atau untuk menguji  dan membuktikan terkait ilmu pengetahuan yang sudah ada. Penelitian dengan tujuan ini tidak memunculkan produk baru, hanya saja dapat menambah kevalidan seuatu ilmu pengetahuan atau penemuan yang sudah ada.
  3. Tujuan Pengembangan, adalah suatu kegiatan penelitian yang dilakukan dengan maksud untuk penggalian lebih dalam ataupun melakukan pengembangan dari suatu penelitian, ilmu pengetahuan, ataupun penemuan yang sudah ada dan sudah dilakukan sebelumnya.

Tujuan penelitian biasanya berkaitan erat dengan jenis penelitian yang dilakukan. Selain menjelaskan tentang tujuan penelitian, akan dijelaskan pula berbagai macam jenis penelitian.

Jenis Penelitian

Secara garis besarnya penelitian dibagi menjadi 2 jenis, yaitu berdasar pada tujuan dan berdasar dengan manfaat. Berikut adalah penjelasannya.

Penelitian Eksplorasi

Merupakan jenis penelitian yang dilakukan dengan sebab masalah yang dikaji sangan jarang dimunculkan dalam penelitian. Biasanya hal yang diteliti adalah suatu ilmu ataupun penemuan yang baru yang mana tidak banyak peneliti melakukan penelitian terkait hal tersebut.

Penelitian Deskriptif

Merupakan jenis penelitian dengan tujuan penelitiaannya adalah pendalaman terhadap suatu objek penelitian. Penelitian ini berisi berbagai penjelasan yang lebih rinci terkait penelitian yang sudah ada sebelumnya.

Kelebihan ini mempunyai berbagai kelebihan, diantaranya adalah hasil kajian, kualitas, dan kuantitas kalimat yang dituangkan dalam bab hasil sebuah penelitian. Salah satu parameter yang menjadi patokan adalah kualitas kalimat yang disuguhkan, semakin bagus kualitas kalimat maka hasil penelitiannya akan semakin bagus.

Penelitian Eksplanatoris

Adalah jenis penelitian dengan tujuan menguju berbagai landasan teori untuk memperkuat atau menolak sebuah teori dari penelitian yang sudah ada. Penelitian ini biasanya menggunakan metode perbandingan dan penelusuran data.

Penelitian Berdasarkan Pada Manfaat

Jenis-jenis penelitian yang didasarkan pada manfaatnya dibagi menjadi 5, antara lain:

Penelitian Murni

Penelitian ini biasanya mengembangkan teori yang masih bersifat dasar tanpa memikirkan tujuan agar dapat bermanfaat secara langsung pada kehidupan nyata (praktis). Penelitian semacam ini biasanya dikenal dengan istilah penelitian dasar.

Penelitian Terapan

Penelitian jenis ini bertujuan untuk memecahkan, menguji, ataupun mengavaluasi berbagai permasalahan pada kehidpan nyata. Penelitian ini didasarka pada masalah yang bersifat real dan bukan pada teori dasar karna hasil penelitian ini bersifat praktis dan aplikatif.

Penelitian Aksi

Penelitian jenis ini biasanya bertujuan untuk menyelesaikan rumusan masalah belalui berbagai tindakan khusus yang sebelumnya sudah dikaji teorinya terlebih dahulu. Penelitian semacam ini dikenal dengan sebutan action research.

Penelitian Kebijakan

Penelitian jenis ini biasanya bertujuan untuk  mengkaji dan menentukan suatu hal terkait kebijakan yang berdasar pada data dan fakta di lapangan. Hasil dari penelitian ini biasanya berhubungan dengan hukung, seperti undang-undang, peraturan-peraturan, dan lain sebagainya.

Penelitian Evaluasi

Pengertian penelitian jenis ini adalah suatu penelitian yang mempunyai tujuan pengkajian terhadap suatu program tertentu, misalnya saja adalah kajian yang diberikan tentang suatu kebijakan dan bisa ditujukan untuk mengintervensi masyarakat.

Demikian info terkait pengertian tujuan metode penelitian secara umum, teoritis, praktis, dan jenis-jenisnya. Semoga melalui bahasan ini memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi segenap pembaca yang ingin memahaminya. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *