Tujuan Penelitian Evaluatif dan Manfaatnya

Diposting pada

Tujuan dan Manfaat Penelitian Evaluatif

Sebagai salah satu jenis penelitian terapan bisanya khususnya untuk penelitian evaluasi dikaitkan dengan skenario kehidupan nyata yang dikenal dalam Bahasa Inggris real-life scenarios. Sehingga karakteristik penelitian evaluasi ini seorang peneliti perlu memanfaatkan keterampilan umum pada objek penelitian, termasuk juga keterampilan interpersonal hingga pada akhirnya sampai pada temuan hasil penelitian yang objektif yang akan berguna bagi pemangku kepentingan.

Disisi lain, dalam melakukan penelitian evaluatif memiliki sejumlah tujuan dan manfaat. Salah satunya ketika ingin menelaah program pendidikan apakah berhasil atau tidak bisa diperoleh dengan menjelaskan data dan fakta di lapangan sehingga secara luas masyarakat dapat mengetahuinya.

Penelitian Evaluatif

Penelitian evaluasi adalah serangkaian penggunaan metode penelitian yang dilakukan oleh seseorang dalam memberikan ukuran data valid terkait dengan tingkat keberhasilan atau kegagalan dalam pelaksanaan kegiatan, sehingga nantinya bisa menjadi tolak ukur bagi lembaga atupun institusi.

Tujuan Penelitian Evaluatif

Beberapa konsep dan tujuan dari pelaksanaan penelitian evaluatif salah satunya dijelaskan oleh sukmadinata (2009) sebagai berikut;

  1. Memberikan penentuan keputusan penyempurnaan/perubahan program

Penelitian evaluasi yang menggunkan metode penelitian dengan topik kajian spesifik pada program atau kegiatan ialah menggambarkan kejelasan terkait dengan pengaruh perlakuan terhadap yang lain dalam kondisi yang ada di lapangan.

Sehingga manakala sudah mendapatkan hasil penelitian, riset ini senantisa dijadikan pedoman dalam pengambilan keputusan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

  1. Memberikan perencanaan terhadap pelaksanaan program

Riset dengan menggunakan evaluasi juga bertujuan untuk memberikan gambaran secara koperehensif terkait dengan pelaksanaan program.

Kasus ini dapat dilihat pada contoh penelitian evaluasi misalnya saja terkait dengan prosedur pemberikan vaksin Covid 19, apakah langsung diberikan kepada masyarakat secara menyeluruh atau hanya yang memiliki resiko-resko tertular virus corona.

  1. Mampu untuk Memberikan Dukungan/Penolakan Terhdap program

Riset dengan menggunakan evaluasi akan memberikan kejelasan terkait dengan dukungan atau pedolakan terhadap program yang telah dibuat. Sehingga penggunaan riset ini harus dijalankan secara sistematis guna memberikan data yang mengandung sebab akibat dari jalannya program.

  1. Diharapkan memberikan penentuan keputusan

Penelitian evaluasi juga dilakukan untuk memberikan kejelaskan tentang keberlanjutan atau penghentian program yang telah dilakukan. Sehingga atas dasar inilah setidaknya setiap topik yang diangkat berhubungan dengan masyarakat secara luas.

  1. Memberikan kejelasan tentang hubungan antar variabel melalui pengujian

Sudah menjadi kesepakatan umum bahwa tujuan utama penelitian evaluasi adalah untuk meningkatkan pengambilan keputusan melalui pemanfaatan umpan balik yang terukur secara sistematis. Proses sistematis ini dijalankan melalui ukuran sejumlah variabel penelitian.

  1. Bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait dengan pelaksanaan program

Tujuan selanjutnya dari penjalanan metode ini ialah memberikan sumbangan terhadap pemahaman masyarakat terkait dengan program-proram yang dijalankan. Sehingga salah satu cara memberi pembaca memahami bahwa hasil penelitian ialah dengan mempublikasikannya. Baik di Jurnal Nasional ataupun Jurnal Internasional agar khalayak umum dapat mengaksesnya.

Manfaat Penelitian Evaluatif

Sedangkan beberapa manfaat dari riset evaluatif, antara lain;

  1. Peningkatan Mutu Institusi

Kegunaan dalam melakukan riset evaluasi ialah mampu memberikan peningkatan institusi terhadap lembaga yang menjadi objek penelitian. Meski demikian untuk insitusi tetap perlu mendapatkan kejelasan terkait dengan informasi tentang peneliti. Termasuk judul tulisan yang relvan, nama dan lokasi penelitian, serta tanggal dan tahun penelitian.

  1. Memberikan Kredibilitas Terhadap Lembaga

Riset dengan menggunakan metode evaluasi diyakini ataupun tidak akan mampu memberikan pengakuan kepada orang-orang atas lembaga ataupun institusi tertentu. Alasannya karena data yang dipergunakan untuk sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Sehingga apabila masyarakat dapat secara luas mengakui atas hasil penelitian yang dilakukan.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, penting diketahui bahwa untuk tujuan umum dari sebagian besar penelitian evaluasi adalah untuk mengekstrak informasi yang berarti dari audiens dan memberikan wawasan berharga kepada para pengevaluasi. Seperti halnya dengan sponsor, donor, kelompok klien, administrator, staf, dan konstituen relevan lainnya.

Sehingga atas dasar penyedia informasi inilah senantisa berkaitan dengan program-program atau kegiatan yang telah dilaksanakan lembaga dan intitusi tertentu.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan tujuan penelitian evaluatif dan manfaat yang didapatkan dari melakukan riset menggunakan metode evalutif ini. Semoga saja memberikan wawsan untuk semuanya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *