Pengertian Penelitian Dasar, Macam, Ciri, dan Cara Menulisnya

Diposting pada

Jenis Penelitian Dasar

Penelitian dasar atau “penelitian langit biru (blue sky)” dilakukan seperti halnya penelitian ilmiah lainnya: para ilmuwan memiliki hipotesis penelitian dan mengujinya dengan merancang eksperimen dan membuat pengamatan untuk mengembangkan teori yang menjelaskan bagaimana dunia di sekitar kita bekerja. Penelitian dasar mencari jawaban untuk pertanyaan mendasar dan memberikan wawasan luas ke berbagai bidang ilmiah. Penelitian terapan, di sisi lain, cenderung memiliki fokus yang jauh lebih sempit dalam bidang tertentu.

Poul Nissen dari Aarhus University, Denmark, berpendapat bahwa penelitian dasar sangat penting karena meletakkan dasar untuk penemuan besar. Dia juga mengemukakan bahwa ketika kita menggunakan media sosial dan gadget elektronik, dan ketika kita mengembangkan obat untuk mengobati penyakit, ini semua mungkin karena seseorang melakukan penelitian dasar tentang itu dua puluh atau empat puluh tahun sebelumnya. Untuk memperjelas pemahaman kita tentang penelitian dasar atau basic research, artikel ini akan mengulas tentang pengertian jenis penelitian dasar (basic research), macam, ciri, dan cara menulisnya.

Penelitian Dasar (Basic Research)

Penelitian dasar disebut juga penelitian murni atau penelitian fundamnetal memiliki tujuan penelitian ilmiah untuk meningkatkan landasan teori ilmiah dalam rangka meningkatkan pemahaman atau prediksi fenomena alam atau lainnya.

Pengertian Penelitian Dasar (Basic Research)

Penelitian dasar adalah serangkaian riset empiris yang bertujuan untuk berkontribusi pada pengetahuan teoritis di suatu bidang.

Secara sederhana, penelitian dasar dapat diartikan sebagai penelitian empiris yang tujuannya adalah untuk berkontribusi pada pengetahuan teoritis kami di suatu bidang. Penelitian dasar merupakan penelitian yang banyak dilakukan untuk meningkatkan dan memperluas pengetahuan kita serta mengarah pada inovasi. Ini mencakup aspek fundamental penelitian.

Motivasi utama penelitian ini adalah perluasan pengetahuan. Ini adalah penelitian non-komersial dan tidak memfasilitasi dalam menciptakan atau menemukan apa pun. Misalnya, eksperimen adalah contoh yang baik dari penelitian dasar. Investigasi dan analisis difokuskan pada pemahaman yang lebih baik atau lebih lengkap tentang suatu subjek, fenomena, atau hukum alam dasar alih-alih pada aplikasi praktis spesifik hasil.

Pengertian Penelitian Dasar Menurut Para Ahli

Adapun definisi penelitian dasar menurut para ahli, antara lain:

LIPI

Penelitian dasar didefinisikan sebagai setiap penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan ilmiah atau untuk menemukan bidang penelitian baru tanpa suatu tujuan praktis tertentu. Artinya kegunaan hasil penelitian tidak segera dipakai, namun untuk waktu jangka panjang akan segera dipakai.

Legal Information Institute

Penelitian atau riset dasar adalah studi sistematis yang diarahkan pada pengetahuan atau pemahaman yang lebih besar tentang aspek-aspek fundamental dari fenomena dan fakta-fakta yang dapat diamati tanpa penerapan spesifik terhadap proses atau produk tertentu.

Ini mencakup semua studi ilmiah dan eksperimen yang diarahkan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mendasar dalam bidang-bidang ilmu fisika, teknik, lingkungan, dan kehidupan yang terkait dengan kebutuhan keamanan nasional jangka panjang. Ini adalah penelitian yang hasilnya dapat memberikan dasar bagi kemajuan teknologi.

Research Methodology

Penelitian fundamental, juga dikenal sebagai penelitian dasar atau penelitian murni biasanya tidak menghasilkan temuan yang memiliki aplikasi langsung di tingkat praktis. Penelitian dasar didorong oleh rasa ingin tahu dan keinginan untuk memperluas pengetahuan di bidang penelitian tertentu. Jenis penelitian ini memberikan kontribusi khusus pada badan pengetahuan akademis di bidang penelitian.

Studi fundamental cenderung membuat generalisasi tentang suatu fenomena, dan filosofi dari jenis studi ini dapat dijelaskan sebagai ‘pengumpulan pengetahuan demi pengetahuan’. Penelitian fundamental terutama bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengapa, apa atau bagaimana dan mereka cenderung berkontribusi pada kumpulan pengetahuan dasar di bidang penelitian.

Berlawanan dengan penelitian fundamental adalah penelitian terapan yang bertujuan untuk memecahkan masalah-masalah spesifik, sehingga temuan-temuan penelitian terapan memiliki implikasi praktis langsung.

Very Well Mind

Istilah penelitian dasar mengacu pada studi dan penelitian yang dimaksudkan untuk meningkatkan basis pengetahuan ilmiah. Jenis penelitian ini sering murni teoretis dengan tujuan meningkatkan pemahaman kita tentang fenomena atau perilaku tertentu tetapi tidak berusaha untuk memecahkan atau mengobati masalah ini.

Macam Penelitian Dasar

Sebagaimana yang telah disampaikan dalam definisi di atas oleh Legal Information Institute, bahwa penelitian dasar dapat mencakup semua studi ilmiah dan eksperimen. Berikut penjelasnnya:

  1. Studi Ilmiah

Studi ilmiah atau penelitian ilmiah ialah rangkaian pengamatan yang sambung menyambung, berakumulasi dan melahirkan teori-teori yang dapat menjelaskan dan meramalkan fenomena-fenomena. Penelitian ilmiah seringkali diasosiasikan dengan metode penelitian ilmiah sebagai tata cara sistematis yang digunakan dalam melakukan penelitian.

  1. Eksperimen

Eksperimen adalah prosedur yang dilakukan untuk mendukung, membantah, atau memvalidasi hipotesis. Eksperimen memberikan wawasan tentang sebab-akibat dengan menunjukkan hasil apa yang terjadi ketika faktor tertentu dimanipulasi.

Eksperimen sangat bervariasi dalam tujuan dan skala, tetapi selalu bergantung pada prosedur berulang dan analisis logis dari hasilnya.

Ciri Penelitian Dasar

Penelitian dasar memiliki beberapa ciri atau karakteristik, antara lain:

  1. Meningkatkan pemahaman prinsip-prinsip dasar
  2. Membangun pengetahuan baru
  3. Seringkali murni teoretis
  4. Biasanya sumber ide-ide ilmiah baru atau perspektif baru tentang dunia
  5. Meletakkan dasar sains
  6. Bisa menggunakan pendekatan eksploratif, deskriptif, atau eksplanatif. Tetapi yang paling umum dilakukan adalah penelitian eksplanatif.
  7. Terutama bersifat akademis atau dilakukan oleh universitas
  8. Membantah atau mendukung teori yang menjelaskan bagaimana dunia beroperasi
  9. Meningkatkan basis pengetahuan ilmiah manusia atau pemahaman tentang fenomena
  10. Tidak berusaha memecahkan masalah
  11. Hasil tidak memiliki potensi atau nilai ekonomi secara langsung
  12. Menghasilkan ide-ide baru, prinsip-prinsip dan teori-teori atau hanya memperluas pengetahuan manusia
  13. Tidak ada penggunaan praktis langsung
  14. Memperluas pengetahuan tentang berbagai hal
  15. Tidak dimaksudkan untuk membuat atau menciptakan sesuatu

Cara Menuliskan Penelitian Dasar

Berikut ini 7 langkah dasar dalam melakukan penelitian, khususnya bagi mahasiswa, antara lain:

Memilih topik

Memilih topik penelitian adalah langkah pertama karena Anda perlu menegtahui apa yang ingin Anda tulis sebelum Anda mulai meneliti subjek.

Umumnya, pembimbing (dosen) akan memberikan topik kepada Anda (mahasiswa) untuk dikerjakan. Namun dalam beberapa kasus, dosen menyerahkannya kepada mahasiswa untuk membuat topik dari bidang studi umum atau khusus.

Membuat topik untuk Anda sendiri seharusnya tidak menjadi tugas yang menakutkan. Yang penting adalah memastikan topik yang Anda buat terkait dengan bidang studi Anda. Ada beberapa sumber daring yang dapat membantu Anda menentukan topik penelitian.

Siapkan materi Anda

Ini merujuk pada sumber daya yang Anda perlukan dalam penelitian Anda. Ini adalah sumber data atau informasi yang akan menjadi bagian dari makalah atau proyek penelitian Anda. Berikut ini adalah beberapa tempat untuk mendapatkan sumber daya yang tepat dalam melakukan penelitian yang efektif:

  1. Perpustakaan
  2. Database online
  3. Situs web

Evaluasi nilai sumber yang Anda dapatkan

Mengevaluasi atau menilai nilai informasi yang Anda dapatkan adalah langkah selanjutnya. Faktanya adalah, tidak semua sumber informasi dapat dipercaya. Dan di antara yang kredibel, cobalah untuk mengevaluasi mana yang lebih penting dan relevan dengan penelitian Anda.

Anda dapat mengevaluasi kredibilitas dengan cara:

  1. Meneliti penulis artikel untuk melihat apakah mereka ahli atau terkenal di bidang itu
  2. Melihat sumber atau bibliografi yang dikutip yang digunakan penulis untuk memastikan mereka juga kredibel
  3. Pastikan situs web yang Anda dapatkan informasinya juga kredibel

Informasi yang seimbang dan dapat diverifikasi

Terkadang, beberapa sumber cenderung bias dalam apa yang mereka hadirkan kepada Anda. Bias ini bisa karena sumber disponsori oleh beberapa kelompok kepentingan dengan agenda tertentu, atau penulis sedang mencoba untuk mempromosikan ideologi tertentu.

Jadi, penting untuk memastikan sumber Anda hanya menyajikan laporan yang seimbang dengan semua sisi masalah ditangani. Anda dapat memeriksa bias dengan memastikan informasi yang disajikan oleh penulis juga didukung oleh penelitian independen lainnya.

Buat catatan, lalu tulis

Setelah mengevaluasi sumber Anda dan menghilangkan yang kurang kredibel, Anda mungkin masih memiliki begitu banyak bahan untuk disusun. Di situlah pencatatan perlu Anda lakukan.

Ini melibatkan pembacaa dan pencatatan materi. Luangkan waktu Anda dan jangan terburu-buru. Ini adalah bagian yang akan menentukan seberapa baik riset Anda. Jadi, Anda tidak akan melewatkan informasi berharga.

Dengan menggunakan catatan sebagai panduan, Anda dapat melanjutkan untuk menyusun penelitian dengan kata-kata Anda sendiri. Penting untuk menggunakan kata Anda sendiri karena plagiarisme adalah pelanggaran yang sangat serius.

Mengutip sumber dan bibliografi Anda

Kutipan dan daftar pustaka juga sangat penting dalam memberikan riset Anda keaslian yang diperlukan. Saat menulis, jika Anda menggunakan kutipan langsung, sumber informasi harus dikutip. Ini dapat termasuk menggunakan catatan kaki di bagian bawah halaman.

Sumber kutipan ini juga harus muncul di halaman daftar pustaka. Bagaimana bibliografi ditulis berbeda antar institusi dan terkadang, dosen yang berbeda mungkin menginginkannya dilakukan dengan cara tertentu. Beberapa cara paling populer pada halaman bibliografi meliputi: MLA, APA, CHICAGO dan Turabian.

Periksa ulang pekerjaan Anda

Mahasiswa yang serius tahu bahwa pekerjaan tertulis akan mengandung banyak kesalahan. Dan satu-satunya cara untuk menghilangkan kesalahan ini adalah melalui pemeriksaan ulang.

Jadi, luangkan waktu untuk membaca perlahan seluruh pekerjaan yang berfokus terutama pada tempat-tempat yang bisa Anda tingkatkan. Pastikan semua sumber dikutip dengan benar dan kesalahan tata bahasa diperbaiki.

Contoh Penelitian Dasar

Memperdalam terkait dengan materi riset untuk tema penelitian dasar, berikut ini ialah karya tulis ilmiah yang dapat digolongkan. Yaitu;

Penelitian Dasar

Komputer yang ada di masa sekarang, tidak akan ada tanpa riset dalam matematika murni yang dilakukan lebih dari seabad yang lalu, yang pada saat itu tidak ada aplikasi praktis yang diketahui.

Sebuah studi judul yang telah dikemukakan diatas ialah penelitian dasar yang jarang membantu praktisi secara langsung dengan masalah sehari-hari mereka, namun ini merangsang cara berpikir baru yang berpotensi untuk merevolusi dan secara dramatis meningkatkan cara para praktisi mengatasi masalah di masa depan.

Nah, itulah tadi penjelasan serta pengulasan yang bisa kami berikan kepada pembaca terkait dengan ulasan pengertian penelitian dasar, macam, ciri, tujuan, cara menulis, dan contoh singkatnya. Semoga melalui materi ini bisa memberikan pengetahuan bagi pembaca sekalian. Trimakasih,

Referensi Tulisan
  • 7 Steps to Complete Basic Research For University and College Students dari https://www.study-domain.com/7-steps-to-complete-basic-research-for-university-and-college-students/
  • Basic research dari http://www.businessdictionary.com/definition/basic-research.html
  • Basic Research in Psychology dari https://www.verywellmind.com/what-is-basic-research-2794876
  • Basic research dari https://en.wikipedia.org/wiki/Basic_research
  • Definition of basic research.dari https://www.law.cornell.edu/cfr/text/32/272.3
  • Fundamental Research dari https://research-methodology.net/research-methodology/research-types/fundamental-research/
  • What is Basic Research? dari https://college.knoji.com/what-is-basic-research/
  • What is basic research? dari http://sciencenordic.com/what-basic-research

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *