8 Contoh Data Primer dan Sekunder dalam Penelitian

Diposting pada

Contoh Data Primer dan Sekunder

Data primer dan sekunder menjadi salah satu pembagian jenis data berdasakan pada cara memperolehnya. Yang biasanya jenis data penelitian ini sama-sama dipergunakan untuk pendekatan penelitian kualitatif ataupun penelitian kuantitatif.

Pastinya, bentuk penggunaan data primer dan data sekunder bisa dengan mudah ditemukan dalam jenis karya ilmiah baik skripsi, makalah, proposal penelitian, essay, artikel, dan lainnya. Oleh karena itulah pada uraian kali ini secara lengkap akan membagikan contoh-contohnya.

Data Primer dan Data Sekunder

Data primer adalah informasi yang dikumpulkan secara pribadi untuk tujuan tertentu, sehingga bentuk data ini diperoleh melalui observasi, survei, wawancara, dan lain-lain. Sedangkan data sekunder sejatinya mengacu pada data yang dikumpulkan oleh orang lain selain pengguna utama (primer). Adapun untuk sumber umum data sekunder untuk ilmu sosial meliputi sensus, informasi yang dikumpulkan oleh departemen pemerintah, catatan organisasi, dan data yang awalnya dikumpulkan untuk tujuan penelitian lain.

Yang pastinya, perbedaan antara data primer dan data sekunder bukan hanya ditinjau dari proses pengumpulannya tersebut, banyak pula perbedaan lain seperti halnya jikalau data primer adalah data yang real time, sedangkan data sekunder adalah data yang berhubungan dengan masa lalu. Bahkan data yang dikumpulkan melalui sumber primer lebih andal dan akurat dibandingkan dengan sumber sekunder.

Contoh Data Primer dan Sekunder

Adapun untuk penjelasan atas adanya contoh data primer dan data sekunder.

  1. Contoh Data Primer

Yaitu;

  1. Ketika adanya peneliti ingin mengetahui kepuasan pelanggan tentang produk penggunaan jasa tertentu di masyarakat, maka peneliti langsung menyebarkan angket penelitian dengan pelanggan tersebut
  2. Adanya LSI (Lembaga Survai Indonesia) yang melakukan penelitian terkait dengan elektabilitas partai politik tertentu dalam menyongsong Pemilu Tahun 2014. Perolehan data yang dihasilkan LSI ini menjadi bagian data primer
  3. Observasi yang dilakukan oleh mahasiswa dalam mencatat penelitian terkait dengan kegunaan tanaman anggur, dimana proses sekaligus penjelasan kegunaan anggur tersebut menjadi bagian data primer yang bisa dipergunakan
  4. Transkrip wawancara yang dilakukan oleh peneliti kepada pendiri Kampung Youtuber di Kabupaten Bondowoso dalam menelaah pemberdayaan masyarakat yang ada.
  5. Adanya dokumentasi berupa foto yang dilakukan oleh peneliti saat terjun di lapangan
  1. Contoh Data Sekunder

Diantaranya;

  1. Adanya seorang peneliti ingin melakukan riset tentang pentumbuhan penduduk sekaligus melakukan kajian tentang pertumbuhan ekonomi penduduk. Maka dalam hal ini peneliti dapat mengetahui penyebaran pertumbuhan penduduk melalui dinas kependudukan.
  2. Keinginan peneliti memlakukan riset dengan metode penelitian studi literatur terkait dengan penyebaran covid 19 di Indonesia. Telaah yang bisa dilakukan dengan menghimpun berita dari berbagai sumber terpercaya kemudian melakukan analisisnya
  3. Seorang peneliti yang ingin melakukan kajian tentang analisis wacana koteks Pidato Jokowidodo kemudian ia menggumpulkan beberapa video dari Youtube. Prihal ini data yang diambil menjadi bagian daripada data sekunder

Penulisan Sumber Data Primer dan Data Sekunder

Sistematika dalam kepenulisan untuk contoh data primer dan data sekunder dalam penelitian yang biasanya berada di BAB 3. Untuk alurnya;

Sumber Data Penelitian

Sumber data yang digunakan dalam penelitian ialah wawancara secara lansung kepada informan penelitian di Desa Mawarmelati terkait dengan dampak pernikahan usia muda. Sedangkan untuk data skunder dalam metode penelitian adalah literatur jurnal dan karya tulis ilmiah mengenai yang berkaitan dengan pernikahan usia muda sekaligus data dari BPS (Badan Pusat Statistik).

Nah, demikinalah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh adanya data primer dan sekunder dalam penelitian. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian yang sedang memerlukannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.