Jenis Data Berdasarkan Cara Memperolehnya

Diposting pada

Jenis Data Berdasarkan Cara Memperolehnya

Bisa dikatakan bahwa ilmu yang melibatkan teknik pengumpulan data, interpretasi data, serta validasi data adalah statistik dan statistika. Alasannya karena analisis data statistik dianggap sebagai prosedur dalam melakukan berbagai operasi statistik.

Hal ini biasanya dilakukan dalam penelitian kuantitatif yang berusaha mengukur data dan biasanya menerapkan beberapa bentuk analisis statistik. Ataupun dilakukan dalam penelitian kualitatif yang bentuk datanya sendiri bukan berupa angka (non numerik). Tetapi disini lain, untuk jenis data penelitian dilihat berdasarkan pada cara memperolehnya dibagi menjadi dua, yakni data primer dan data skunder.

Data Berdasarkan Cara Memperolehnya

Data statistik berdasarkan cara memperolehnya ialah serangkaian keragaman penggolongan data dilihat dari sumber atau cara mendapatkannya yang terbagi menjadi 2, meski ada perbedaan antara data primer dan data skunder tetapi yang pasti penggunannya sangat penting sebagai penyusunan hasil penelitian dalam memunculkan analisis baru.

Jenis Data Berdasarkan Cara Memperolehnya

Adapun jikalau dilihat berdasarkan cara memperolehnya, data bisa dibedakan menjadi dua, yaitu:

  1. Data Primer

Data primer adalah data yang dikumpulkan secara langsung dari sumber data. Sebagian besar data primer dikumpulkan secara khusus untuk keperluan proyek penelitian, dan bisa pula dibagikan secara publik untuk keperluan penelitian lain.

Data primer seringkali reliabel, otentik, dan objektif karena dikumpulkan dengan tujuan menangani rumusan masalah penelitian tertentu.

  1. Data Sekunder

Data sekunder adalah data yang telah dikumpulkan di masa lalu oleh orang lain tetapi dibuat tersedia untuk digunakan orang lain. Data sekunder biasanya dulunya adalah data primer, tapi menjadi data sekunder saat digunakan oleh pihak ketiga.

Data sekunder biasanya mudah diakses oleh peneliti dan individu karena sebagian besar dibagikan secara publik. Namun demikian, ini berarti bahwa data sekunder biasanya bersifat umum dan tidak disesuaikan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan peneliti seperti halnya data primer.

Contoh Data Berdasarkan Cara Memperolehnya

Dalam hal ini, misalnya saja;

  1. Contoh Data Primer

Contoh umum data primer adalah data yang dikumpulkan oleh organisasi selama riset pasar, riset produk, dan analisis persaingan.

Data ini dikumpulkan langsung dari sumber aslinya yang dalam banyak kasus adalah pelanggan yang ada dan pelanggan potensial. Sebagian besar yang mengumpulkan data primer adalah instansi pemerintah yang berwenang, penyidik (investigator), lembaga swasta berbasis penelitian, dan lain-lain.

  1. Contoh Data Sekunder

Contoh data sekunder misalnya data terkait dengan adanya kenaikan atau penurunan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing dari BEJ. Dimana data ini didapatkan dari pemeriksaan dan pendataan ulang barang impor di pelabuhan dari pihak bea cukai.

Itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan jenis data berdasarkan cara memperoleh beserta dengan contohnya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *