2 Contoh Definisi Konseptual dan Cara Membuatnya

Diposting pada

Contoh Definisi Konseptual

Haruslah menjadi pengakuan bahwasanya definisi konseptual dalam proposal penelitian dan karya tulis ilmiah sangatlah mudah ditemukan. Bebarengan dengan adanya definisi operasional. Namun yang pastinya, adanya konsep yang dimaksud dalam hal ini mengacu pada landasan teori yang telah disitasi atau dikutip sebelumnya dan dijadikan satu definisi khusus.

Oleh sebab itu, ada pula yang mengatakan bahwa definisi konseptual merupakan definisi yang tersimpul dari kajian teori terhadap variabel penelitian yang kita teliti.

Definisi Konseptual

Definsi konseptual ialah bagian abstraksi yang diungkapkan dalam bentuk kata-kata, sehingga dapat membantu pemahaman sekaligus memberikan penjelasan terkait konsep-konsep yang ada menggunakan pemahaman sendiri secara singkat, jelas, dan tegas.

Contoh Definisi Konseptual

Adapun untuk adanya contoh yang termasuk menjadi bagian dari definisi konseptual misalnya saja;

  1. Penelitian

Penggunaan definisi konseptual dalam penelitian lumrahnya bisa melihat dari adanya bagian penjelas atas subjek penelitian dan objek penelitian yang ada. Bagian kepenulisan dalam memperolehnya sendiri tentusaja bersadar pada teori.

Misalnya saja topik penelitian;

Kepuasan Konsumen Terhadap Mutu Pelayanan

Berdasarkan judul tersebut setidaknya mengacu pada pendapat Kottler (1997) adalah perasaan suka atau kecewa konsumen terhadap dimensi-dimensi pelayanan dengan penilaian atas reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible yang dihasilkan dari proses perbandingan kinerja mutu pelayanan dengan harapan.”

  1. Karya Ilmiah

Penulisan karya ilmiah seperti halnya dengan skripsi, tesis, ataupun desertasi bagian yang menujukan adanya definisi konseptual misalnya saja topik terkait dengan pendidikan. Maka secara konsepnya hal yang harus dilakukan bagi si peneliti ialah mengurutan pendidikan formal yang pernah ditempuh seseorang mulai dari pendidikan dasar sampai dengan pendidikan tinggi. Nantinya adanya bagian tersebut mampu dijadikan ukuran bagi adanya definisi operasional.

Cara Membuat Definisi Konseptual

Definisi konseptual senantisa diformulasikan berdasarkan kata-kata kunci mencipta, berkreasi, memodifikasi, dan mengkombinasi. Oleh karena itulah, sesuatu sudah ada atau telah dikenal sebelumnya menjadi sesuatu yang baru, berasal dari pengetahuan dan pengalaman dari lingkungan sekitar, menjadi konsep, cara bertindak dan cara berinteraksi dengan lingkungannya.

Berikut penjelasan dari masing-masing kata kunci tersebut:

  1. Menciptakan, Kata menciptakan dapat diartikan sebagai menjadikan sesuatu yang baru, yaitu usaha  untuk mengadakan, menyusun, melahirkan sesuatu. Dalam kaitannya dengan penyusunan definisi konseptual, kata menciptakan mengacu pada usaha  mengadakan, menyusun, melahirkan sesuatu yang baru dari yang sebelumnya berupa apa saja.
  2. Berkreasi, Kata berkreasi dapat diartikan sebagai usaha  menghasilkan sesuatu sebagai hasil buah pikiran.
  3. Memodifikasi, Kata memodifikasi dapat diartikan sebagai usaha pengubahan dari suatu yang sudah ada menjadi suatu yang baru.
  4. Mengombinasi, Kata mengombinasidapat diartikan sebagai usaha menggabungkan beberapa hal, baik pengertian, perkara, warna, pasukan, dan sebagainya menjadi suatu hal yang baru.

Selain penting untuk mengetahui kata-kata kunci dalam memformulasikan definisi konseptual, perlu juga kita ketahui efektivitas dalam menyusun definisi konseptual terletak pada kemampuan untuk:

  1. Memahami variabel-variabel yang akan kita bahas, misalnya penjelasan terkait pengertian, teori-teori, dan variabel yang kita teliti.
  2. Memperhatikan kata-kata kunci atau kata-kata penting yang ditekankan dalam setiap definisi tentang variabel yang diteliti beserta teori yang mengikutinya.
  3. Menyimpulkan berbagai pengertian yang telah kita peroleh dari para ahli yang tercantum pada buku yang kita baca dan sudah dituangkan dalam karya ilmiah.
  4. Membuatnya berulang-ulang hingga kita yakin bahwa definisi yang kita buat sudah benar.
  5. Memastikan bahwa definisi yang kita buat adalah definisi yang tersimpul dari pembahasan tentang variabel.
  6. Mengemukakan dimensi atau aspek-aspek dari variabel yang kita teliti pada akhir definisi disertai dengan indikatornya. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan kita Menyusun instrumen penelitian.

Itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan adanya contoh definisi konseptual dalam penelitian dan cara membuatnya. Semoga bisa memberikan wawasan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.