Pengertian Manfaat Praktis dan Contohnya

Diposting pada

Contoh Manfaat Praktis

Penelitian adalah studi yang cermat dan terperinci ke dalam rumusan masalah tertentu menggunakan metode ilmiah. Sehingga dalam hal ini si peneliti yang akan melangsungkan riset untuk senantiasa mencoba dan mempelajari sesuatu dengan melakukan percobaan. Dari percobaan itulah kemudian mendapatkan kebermanfaatan secara praktis.

Dalam penerapan praktis tujuannya dilakukan ialah mendapatkan fakta dengan cara yang menarik yang merupakan bagian terbaik dari pembelajaran.

Manfaat Praktis

Kebermanfaatan yang bersifat praktis/aplikatif dilakukan untuk memberikan kecukupan dan mampu untuk mengetahui bagaimana sesuatu terjadi di dunia nyata. Bagian terbaik dari penerapan praktis adalah ini pada intinya apa pun yang didapatkan melalui cara praktis sehingga pengetahuan akan tetap bersama kita untuk waktu yang lebih lama.

Pengertian Manfaat Praktis

Manfaat praktis adalah keberfungsian secara langsung dari hasil penelitian yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk memecahkan berbagai jenis rumusan masalah praktis. Atau bisa juga dikatakan bahwa manfaat praktis merupakan bagian manfaat penelitian bagi suatu program yang telah dijalankan.

Sederhananya, manfaat praktis ini misalnya saja;

Terdapat permasalahan yaitu njilai siswa yang rendah, maka manfaat praktis yang dapat diperoleh dengan melakukan peelitian terhadap masalah tersebut yaitu meningkatkan nilai siswa

Contoh Manfaat Praktis

Adapun untuk contoh penulisan dalam manfaat praktis yang ada dalam setiap kepenulisan karya tulis ilmiah. Antara lain sebagai berikut;

  1. Penelitian

Setiap susunan dalam metode penelitian yang dipilih seseorang dalam pembuatan skripsi, karya ilmiah, ataupun yang lainnya bisa mempersiapkan kebermanfaatan secara praksis. Contohnya saja;

Manfaat Praktis Penelitian
  1. Manfaat praktis bagi peneliti, yaitu untuk menambah pengetahuan dan pengalaman bagi peneliti dalam menerapan pengetahuan terhadap masalah yang dihadapi secara nyata.
  2. Manfaat praktis bagi guru, yaitu diharapkan adanya hasil penelitian bisa menjadi masukan yang berharga bagi guru dan upaya sosialisasi perlunya membentuk motivasi siswa dalam rangka meningkatkan hasil belajar geografi di SMA.
  3. Manfaat praktis bagi siswa, yaitu sebagai pedoman untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemanfaatan sumber belajar secara maksimal sehingga mampu mendapatkan hasil belajar yang lebih tinggi.
  1. Masyarakat

Kepenulisan dalam manfaat praksis dalam masyarakat yang bisa dilakukan dalam studi penelitian. Misalnya saja sebagai berikut;

Manfaat Praktis Bagi Masyarakat
  1. Penelitian tersebut diharapkan bisa digunakan sebagai sumber informasi dan masukan bagi pemerintah daerah Kabupaten Tuban dalam pengambilan keputusan terkait rencana pengembangan Mangrove Center Tuban dan ekowisata di Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban.
  2. Penelitian tersebut diharapkan bisa memberikan informasi tentang Mangrove Center Tuban dan ekowisata di Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban kepada masyarakat maupun wistawan.
  1. Topik Riset

Dalam setiap kepenulisan riset senantiasa memberikan penjelasan tentang manfaat teoritis dan praksis. Dalam hal ini misalnya saja dengan topik penelitian yang berjudul;

Daya Dukung Lahan DAS Jlantah Hulu Kabupaten Karanganyar Tahun 2013 (Implementasi Pengayaan Materi Pembelajaran Geografi Pada Kelas Xi Semester II Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Standar Kompetensi Menganalisis Pemanfaatan dan Pelestarian Lingkungan Hidup

Maka susunan manfaat penelitian secara teoritis dan praksis. Antara lain;

Manfaat Teoritis
  1. Hasil penelitian tersebut diharapkan bisa digunakan sebagai bahan kajian ilmu geografi khusunya geografi pariwisata/ekowisata.
  2. Hasil penelitian tersebut diharapkan bisa digunakan sebagai referensi bagi penelitian-penelitian yang akan datang dalam konteks permasalahan yang berkaitan dengan aplikasi teori produksi ruang.
  3. Hasil penelitian tersebut diharapkan bisa digunakan sebagai sumber pembelajaran pada materi Pengelolaan Sumberdaya Alam Indonesia.
Manfaat Praktis
  1. Penelitian ini bisa digunakan oleh Pemerintah Kabupaten Karanganyar sebagai bahan pertimbangan ketika melakukan perencanaan penataan kawasan yang sesuai dengan tingkat produktivitas dengan kemampuan lahan di DAS Jlantah Hulu.
  2. Penelitian ini bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi Pemerintah Kabupaten Karanganyar dalam upaya atau kegiatan penanganan risiko bencana longsor dengan melakukan pemanfaatan lahan yang sesuai.
  3. Penelitian ini bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan masyarakat sekitar DAS Jlantah Hulu untuk turut serta dalam menjaga kelestarian sumberdaya lahan agar pemanfaatannya sesuai dengan kemampuan lahan tersebut agar tidak terjadi penurunan kualitas lahan/degradasi lahan secara berkelanjutan.
  4. Penelitian bisa bisa digunakan sebagai tambahan materi pembelajaran geografi SMA Kelas XI Semester II sehingga siswa mampu untuk menganalisis permasalahan lahan yang ada di lapangan dan upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya bencana alam.

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa manfaat secara teortitis dan praksis atau aplikatif adalah sesuatu yang menghasilkan hasil atau efek yang baik atau bermanfaat atau yang meningkatkan kesejahteraan. Sehingga dalam hal ini manfaat dari sesuatu adalah bantuan yang kita peroleh darinya atau keuntungan yang dihasilkan darinya.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian manfaat praktis dan contohnya yang ada di berbagai bidang. Semoga memberikan edukasi serta referensi bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

 

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *