Tujuan Pembuatan Laporan Praktikum

Diposting pada
Rate this post

Tujuan Pembuatan dan Penulisan Laporan Praktikum

Laporan yang dibuat oleh seseorang berdasarkan kegiatan di lapangan ataupun dalam laboratorium biasanya kita kenal dengan istilah laporan praktikum. Alasannya karena praktikum juga termasuk salah satu metode penelitian untuk proses pembelajaran seperti halnya metode-metode lainnya seperti metode konvensional/ceramah, diskusi, tanya-jawab, demonstrasi, dan lain-lain.

Tetapi diluar daripada itu semua, maksud dan tujuan praktikum akan senantisa memebrikan pemahaman terkait konsep dalam disiplin tertentu. Prihal ini misalnya pada mata pelajaran IPA yang bisa menyakut biologi, kimia, fisika, bahkan pertanian dan juga kesehatan.

Laporan Praktikum

Praktikum serangkaian proses pembelajaran yang diberikan oleh tenaga pendidik baik guru ataupun dosen kepada peserta didik untuk dapat melakukan dan mengalami sendiri tentang materi yang dipelajari. Sehingga kegiatan ini akan sangat memungkinkan seseorang (siswa) untuk menerapkan keterampilan atau mempraktikkan sesuatu.

Tujuan Praktikum

Tujuan pembuatan dan penulisan laporan praktikum yang dilakukan terbagi atas berbagai aspek. Seperti aspek ketrampilan yang dimiliki oleh siswa/mahasiswa ataupun secara umum. Penjelasan;

Berdasakan pada Ketrampilan

Yakni;

  1. Kognitif

Tujuan praktikum dalam kaitannya dengan ketrampilan kognitif yaitu untuk melatih diri siswa/mahasiswa agar mereka dapat lebih memahami landasan teori yang mereka pelajari. Sehingga dalam hal ini dapat mengintegrasikan teori yang berbeda serta dapat menerapkan atau mengaplikasikan teori pada keadaan nyata.

  1. Afektif

Tujuan praktikum dalam kaitannya dengan ketrampilan afektif yaitu agar siswa/mahasiswa bisa belajar dalam merencanakan kegiatan secara mandiri, kerjasama, menghargai, dan mengkomunikasikan informasi mengenai bidangnya.                                                                   

  1. Psikomotorik

Tujuan praktikum dalam kaitannya dengan ketrampilan psikomotorik yaitu untuk melatih siswa ataupun mahasiswa dalam menyiapkan alat-alat, memasang serta memakai instrumen penelitian tertentu yang digunakan dalam kegiatan praktikum.

Secara Umum

Widodo dan Ramdhaningsih yang dikutip Rustaman, mengemukakan bahwa secara garis besar kegiatan pembuatan laporan praktikum mahasiswa seringkali dikaitkan dengan beberapa tujuan, diantaranya yaitu:

  1. Memotivasi siswa

Pembuatan sistematika dalam format laporan praktikum dilakukan dengan tujuan untuk memberikan motivasi kepada siswa karena pada umumnya kegiatan praktikum menarik bagi siswa sehingga mereka akan lebih termotivasi untuk belajar sains.

  1. Mengajarkan keterampilan dasar ilmiah

Praktikum juga dilakukan dengan tujuan untuk mengajarkan ketrampilan dasar ilmiah kepada siswa/mahasiswa. dimana untuk ketrampilan proses dasar dalam kaitannya dengan berpikir ilmiah terdiri atas observasi, inferring, mengukur, komunikasi, klasifikasi, dan prediksi.

  1. Meningkatkan pemahaman konsep

Praktikum dilakukan untuk meningkatkan pemahaman siswa/mahasiswa terkait konsep atau teori yang dipelajari sesuai bidang ilmu masing-masing. Konsep itu sendiri bisa diartikan sebagai gagasan abstrak atau gagasan umum yang muncul dalam pikiran, ucapan, atau pemikiran.

  1. Memahami dan menggunakan metode ilmiah

Contoh tujuan laporan praktikum lainnya, bagi siswa/mahasiswa memahami dan dapat menggunakan metode ilmiah, yaitu cara sistematis yang digunakan oleh para ilmuwan untuk memecahkan atau mencari jawaban atas suatu permasalahan yang dihadapi dalam penelitian.

  1. Mengembangkan sikap-sikap ilmiah

Praktikum juga bertujuan untuk mengembangkan sikap ilmiah dalam diri siswa/mahasiswa. Sikap ilmiah merupakan pola pikir umum seorang ilmuwan yaitu objektif, keingintahuan, selalu bertanya, dan menyimpulkan sesuatu sesuai fakta.

Ciri Laporan Praktikum Yang Baik

Di lain sisi, untuk karakteristik dari laporan praktikum itu sendiri diantaranya;

  1. Laporan disusun berdasarkan pengalaman langsung atau first-hand experiences
  2. Laporan dikerjakan setelah eksperimen atau praktikum dilakukan
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa laporan praktikum disusun sebagai laporan ilmiah atau teknis yang menjelaskan tujuan khusus praktikum dan pelaksanaannya, serta sumber bahan, dokumentasi, laporan lapangan, evaluasi dan pembahasan, sebagaimana berlaku.

Sehingga pada sistematika teks laporan percobaan, tujuan dan manfaat percobaan termasuk dalam kategori BAB 1 yang berisi pada pendahuluan.

Nah, itulah saja artikel yang bisa diberikan pada semua kalangan berkenaan dengan tujuan pembuatan dan penulsian laporan praktikum beserta dengan ciri-cirinya. Semoga saja bisa memberi wawasan bagi semua kalangan yang membutuhkan.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *