Contoh Penulisan Tujuan Laporan Praktikum

Diposting pada

Contoh Tujuan Laporan Praktikum

Penerapan metode penelitian praktikum yang bisanya di laboratorium sampai saat ini menjadi bagian dalam kegiatan pembelajaran di kelas, baik itu anak sekolah ataupun mahasiswa. Tetapi yang pasti, metodologi dalam jenis praktikum merujuk pada bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) seperti fisika, biologi, kimia, pertanian, dan lain sebagainya.

Disisi lain, untuk membuat laporan praktikum diperlukan sistematis. Hal ini bertujuan agar hasil penelitian yang telah selesai dapat didapahami oleh khalayak pada umumnya.

Tujuan Laporan Praktikum

Peletakan penulisan dalam tujuan laporan praktikum menjadi bagian daripada BAB 1 Pendahuluan dalam setiap percobaan yang dilakukan. Meski demikian, maksud penulisan ini ialah mampu memecahkan masalah berdasarkan
eksperimen yang dilakukannya.

Adapun pengertian laporan praktikum sendiri adalah cara penyajian pelajaran kepada siswa untuk melakukan percobaan dengan mengalami dan membuktikan sesuatu yang dipelajari.

Contoh Penulisan Tujuan Laporan Praktikum

Sebagai penjelasan lebih, dalam kaitannya penulisan untuk tujuan dalam laporan praktikum berikut ini adalah contoh yang bisa dilakukan. Yakni;

  1. Biologi

Untuk mata pelajaran biologi dalam contoh penulisan tujuan laporan percobaan dengan topiknya “Pengendalian penyakit tanaman menggunakan pestisida sintetik Pengujian secara in vitro” bisa dilakukan sebagai berikut;

Penulisan Tujuan Laporan Praktikum Biologi

Tujuan

Adapun yang menjadi tujuan praktikum ini sebagai berikut :

  1. Mengetahui kemampuan pestisida sintetik untuk menghambat perkembangan patogen tumbuhan secara in vitro
  2. Mengetahui konsentrasi maksimum pestisida sintetik dalam menghambat perkembangan patogen tumbuhan secara in vitro
  3. Mengetahui nama bahan aktif yang dapat mengendalikan menghambat perkembangan patogen tumbuhan (Colletotrichum capsici)
  1. Pertanian

Sedangkan untuk penulisan tujuan penelitian dalam praktikum ataupun teks laporan percobaan yang bisa dilakukan dalam pelajaran pertanian yang memang lebih dalam membahas tanaman. Misalnya saja sebagai berikut;

Penulisan Tujuan Laporan Praktikum Pertanian

Tujuan

Adapun tujuan praktikum ini sebagai berikut :

  1. Mengetahui kemampuan pestisida nabati untuk menghambat perkembangan patogen tumbuhan secara in vitro
  2. Mengetahui kandungan kimia pada Chromolaena odorata yang mampu menghambat perkembangan patogen tumbuhan (Colletotrichum gloeosporides)
  3. Mengetahui faktor kontaminan pengujian in vitro
  1. Kimia

Pembuatan laporan, khususnya dalam tujuan praktikum untuk pelajaran kimia. Bisanya dilakukan seperti dalam bentuk makalah. Adapun proses penulisannya sebagai berikut;

Penulisan Tujuan Laporan Praktikum Kimia

Tujuan

Tujuan praktikum ini sebagai berikut :

  1. Mengetahui jenis penyakit penting tanaman utama di Lampung
  2. Mengetahui gejala penyebab dan cara pengendalian
  3. Mengetahui secara makroskopis dan mikroskopis setiap jenis penyakit

Dari beberapa contoh yang telah disebutkan. Maka, dapatlah dikatakan bahwa laporan praktikum adalah tulisan mengungkapkan hasil penelitian atau pengkajian yang dilakukan oleh seseorang atau tim sesuai dengan kaidah serta etika keilmuan yang ditaati oleh masyarakat keilmuan dengan lebih spesifik berada dalam laboratorium.

Itulah tadi artikel yang bisa dikemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan adanya contoh dalam kepenulisan tujuan untuk laporan praktikum dalam berbagai bidang.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *