6 Jenis Data Statistik dan Contohnya

Diposting pada

Macam Data Statistik

Data sering diasumsikan sebagai konsep paling abstrak lantaran mengandung informasi paling sedikit sekaligus pengetahuan paling abstrak dalam pengelolaan statistik dan statistika.

Meski demikian, dalam pandangan inilah data statistik menjadi informasi melalui interpretasi yang diperoleh terhadap arti penelitian. Implementasinya misalnya saja untuk hasil penghitungan ketinggian Gunung Everest umumnya dianggap sebagai data statistik lantaran didalamnya terdapat angka numerik.

Data Statistik

Data statistik adalah data yang berupa numerik atau non-numerik yang diolah dengan menggunakan teknik analisis data statistik tertentu, pengelolaan ini dihasilkan dari dari angka mentah yang kemudian menjadi bagian informasi aktual yang dikumpulkan oleh peneliti selama studi berlangsung.

Jenis Data Statistik

Adapun untuk macam-macam data penelitian dalam statistik, antara lain;

  1. Berdasarkan sifatnya

Dilihat dari sifatnya, data dalam statistik terbagi atas;

  1. Data kualitatif

Dalam kualitatif yakni data statistik mengacu pada jenis data yang tidak dinyatakan dalam bentuk angka, atau bisa dikatakan data non-numerik yang dalam hal ini bisa berupa data nominal atau data ordinal. Penggunaan dalam contoh analisis data kualitatif ini bisanya dilakukan dalam kasus-kasus terkait dengan masalah sosial tertentu.

Contoh data statistik kualitatif

Misalnya;

  1. Warna rambut pemain tim sepak bola
  2. Warna mobil di tempat parkir
  3. Nilai huruf siswa di kelas
  4. Dan lain-lain
  1. Data kuantitatif

Data kuantitatif dalam statistik akan senantisa mengacu pada data yang berbentuk angka atau data numerik yang dilakukan penghitungan secara manual atau bisajuga dengan aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solutions).

Contoh data statistik kuantitatif

Misalnya saja;

  1. Jumlah uang yang kita miliki
  2. Jumlah orang yang tinggal di kota A
  3. Jumlah siswa yang mengambil statistik
  4. Angka kemenangan yang diperolej Jokowidodo berdasarkan Quick Count pada tahun 2019
  1. Berdasarkan Skala Pengukuran

Bentuk data statistik jikalau dilihat berdasarkan pada hasil pengukurannya terbagi atas;

  1. Data Nominal

Data nominal seringkali disebut sebagai data diskrit atau data kategorik, alasannya karena skala data ini memiliki karakteristik yang terpisah antara satu sama lainnya, baik pemisahan tersebut terdapat hubungan yang melatarbelakanginya ataupun tidak.

Contoh data statistik nominal

Misalnya saja;

  1. Kategori jenis kelamin yang terdiri dari wanita dan laki-laki
  2. Kategori status pernikahan, terdiri dari menikah, lajang, dan juga janda/duda
  1. Data Ordinal

Data oridinal bisa dikatakan sebagai serangkaian data yang senantisa menunjuk pada tingkatan tertinggi dan tertas pada kuesioner ata pertanyaan yang diberikan kepada responden. Dalam data ini setidaknya menunjukan status yang lebih tinggi dan rendah.

Contoh data statistik ordinal

Misalnya saja;

Dalam penelitian memberikan pertanyaan. Apakah anda puas dengan kinerja Presiden Jokowidodo?

Jika jawabannya paus maka nilainya 3, jawaban netral nilainya 2, dan tidak puas mendapatkan nilai 1

  1. Data Interval

Data interval bisa dikatakan sebagai data kontinum, alasannya hampir sama dengan data nominal adapun untuk perbedannya yang paling emncolok ialah terdapat tingkatan yang lebih tinggi lagi dengan menunjukan jarak antara data yang satu dengan data yang lainnya.

Contoh data statistik interval

Misalnya saja;

  1. Hasil ujian sekolah di SMA 1 Surakarta
  2. Hasil pengukuran tinggi badan yang terdapat pada mahasiswa kesehatan
  1. Data Rasio

Data rasio menjadi salah satu bentuk data yang termasuk dalam data kontinum, alasannya karena data ini memiliki karakteristik dan sifat yang menujukan jarak sama dengan data sebelumnya yaitu interval dan ordinal. Hanya saja untuk skala pengukuran dalam data rasio ini senantisa menjukan nilai mutlak dan tidak memberikan nilai.

Contoh data statistik rasio

Misalnya saja;

Berat badan rosyid adalah 30 Kg dan berat badan Wibi 60 Kg dalam data ini sudah mutlak menujukan bahwa berat badan Rosyid dua kali dari berat badan Wibi.

Contoh Data Statistik

Adapun untuk contoh umum yang ada dalam data statitik. Misalnya saja

  1. Penelitian

Jika peneliti bertanya kepada lima teman temannya terkait berapa banyak hewan peliharaan yang mereka miliki, mereka mungkin memberi peneliti data berikut: 0, 2, 1, 4, 18. (Teman kelima mungkin menghitung setiap ikan akuariumnya sebagai hewan peliharaan terpisah).

Sehingga dalam contoh ini tidak semua data adalah angka. Alasannya karena peneliti juga mencatat jenis kelamin setiap teman yang ia tanyai, maka peneliti mendapatkan data berikut jenis kelamin pria dan wanita.

Dari penjelasan yang dikemukakan. Setidaknya perlu diketahui bahwa uji hipotesis penelitian sangat penting dalam menilai statistik sampel yang kita miliki dan faktor-faktor dalam perkiraan kesalahan sampel untuk menentukan hipotesis mana yang didukung data.

Artinya keterkaitan ini didapatkan jika kita dapat menolak hipotesis statistik nol, hasilnya signifikan secara statistik, dan data kita mendukung teori bahwa ada efek pada tingkat populasi.

Itulah tadi artikel yang bisa diberikan pada semua kalangan berkenaan dengan jenis data statistik dan contohnya yang ada dalam penelitian.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *