Pengertian Cohort, Kelebihan, Kekuarangan, dan Contohnya

Diposting pada
Rate this post

Pengertian Cohort

Cohort pada dasarnya akan senantiasa mewakili salah satu contoh desain penelitian bersifat dasar dalam kajian epidemiologi.

Oleh karena itulah kajian mengenai cohort digunakan dalam penelitian di bidang kedokteran, keperawatan, psikologi, ilmu sosial, dan di bidang apa pun yang bergantung pada jawaban ‘sulit dijangkau‘ yang didasarkan pada bukti (statistik dan statistika).

Cohort

Cohort seringkali dipergunakan dalam literatur arti penelitian dan pelaporan teknis. Adapun istilah istilah cohort mengacu pada sekelompok individu yang memiliki kesamaan. Dalam pendidikan, kelompok biasanya diterapkan pada siswa yang dididik pada periode waktu yang sama.

Kelompok juga dapat dibagi ke dalam kategori demografis atau statistik, atau subkelompok, berdasarkan usia, ras, jenis kelamin, status sosial ekonomi, atau kemahiran bahasa Inggris, di antara kategori lainnya.

Pengertian Cohort

Cohort adalah bentuk studi longitudinal tertentu yang mengambil sampel dari sekelompok orang yang memiliki karakteristik yang menentukan, biasanya mereka yang mengalami peristiwa umum dalam periode tertentu, seperti kelahiran atau kelulusan.

Pengertian Cohort Menurut Para Ahli

Adapun definisi cohort menurut para ahli, antara lain:

  1. Himmelfarb Health Sciences Library , Cohort adalah sebuah desain penelitian di mana satu atau lebih sampel (disebut kohort) diikuti secara prospektif dan evaluasi status selanjutnya sehubungan dengan suatu penyakit atau hasil dilakukan untuk menentukan karakteristik paparan peserta awal (faktor risiko) yang terkait dengannya. Saat studi dilakukan, hasil dari partisipan di setiap kelompok diukur dan dikaji hubungannya dengan karakteristik tertentu yang sudah ditentukan.

Jenis Cohort

Studi cohort dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:

  1. Studi kohort prospektif, yaitu studi yang direncanakan sebelumnya dan dilakukan untuk jangka waktu yang akan datang.
  2. Studi kohort retrospektif, yaitu studi yang melihat data yang sudah ada dan mencoba mengidentifikasi faktor risiko untuk kondisi tertentu. Interpretasi terbatas karena peneliti tidak bisa kembali dan mengumpulkan data yang hilang.

Kelebihan dan Kekurangan Cohort

Penjelasan terkait dengan kelebihan dan kekurangan cohort, yaitu:

Kelebihan

Diantaranya;

  1. Subjek dalam kelompok dapat dicocokkan, yang membatasi pengaruh variabel perancu
  2. Standarisasi kriteria/hasil dimungkinkan
  3. Lebih mudah dan lebih murah daripada uji coba terkontrol secara acak (RCT)
Kekurangan

Yaitu;

  1. Kelompok bisa sulit diidentifikasi karena variabel penelitian perancu
  2. Tidak ada pengacakan, yang berarti dapat terjadi ketidakseimbangan dalam karakteristik pasien
  3. Hasil yang menarik membutuhkan waktu untuk muncul

Contoh Cohort

Beberapa studi kohort telah menjadi sangat besar dan berlanjut untuk waktu yang lama, menghasilkan banyak data yang melayani peneliti di berbagai bidang. Salah satu contoh studi kohort yang terkenal adalah;

  1. Nurses Health Study

Dimana Nurses Health Study adalah sebuah analisis korelasi terkait dengan kesehatan wanita dalam lingkup yang besar dan berjangka panjang, yang pada mulanya dilakukan pada tahun 1976 untuk menyelidiki potensi konsekuensi jangka panjang dari penggunaan kontrasepsi oral.

Studi ini merekrut kohort perawat generasi kedua untuk Nurses ‘Health Study II pada tahun 1989, dan kohort perawat generasi ketiga dari seluruh Amerika Serikat dan Kanada pada tahun 2010. Para perawat di NHS pertama adalah wanita yang sudah menikah berusia 30 sampai 55 tahun. NHS II dan III bertujuan untuk melihat kelompok yang lebih beragam termasuk wanita berusia antara 20 dan 46 tahun.

Banyak wawasan penting tentang kesehatan dan kesejahteraan telah diperoleh oleh para peneliti menggunakan data dari Nurses ’Health Study, yang dijalankan oleh Harvard School of Public Health, dan Brigham and Women’s Hospital, keduanya berbasis di Boston, MA.

Nah, itulah tadi penjelasan yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian cohort menurut para ahli, macam, kelebihan, kekuarangan, dan contohnya yang ada di dalam penelitian. Semoga memberikan wawasan bagi kalian.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

2 thoughts on “Pengertian Cohort, Kelebihan, Kekuarangan, dan Contohnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *