Pengertian Praktis dan 3 Contohnya

Diposting pada

Praktis Adalah

Diakui atupun tidak, untuk penggunaan kata empiris, teoritis, praktis, dan analitis merupakan kata-kata dalam kelas adjektiva (kata sifat) sehingga segala sifat yang kerap kali kita dengar ini umumnya untuk konteks dalam arti penelitian.

Adapun yang pastinya, masing-masing kata tersebut memiliki pengertian atau makna yang berbeda-beda. Dimana khusus untuk kata praktis memiliki arti yang tidak jauh dari praktik. Atau singkatnya penggunaan kata praktis yaitu mudah dan senang memakainya (menjalankan dan sebagainya).

Pengertian Praktis

Praktis adalah konsep yang masuk akal atau dapat digunakan. Prihal ini misalnya rencana untuk menyisihkan sebagian dari pendapatan yang besar untuk membeli mobil yang terjangkau. Sehingga keterangan tentang manfaat praktis mampu atau cocok untuk digunakan atau diberlakukan sekaligus berguna.

Pengertian Praktis Menurut Para Ahli

Adapun definisi praktis menurut para ahli, antara lain;

  1. Merriam Webster, Praktis adalah kata memiliki beberapa arti yaitu dari, berkaitan dengan, atau diwujudkan dalam praktik atau tindakan, serta secara aktif terlibat dalam beberapa tindakan atau pekerjaan, dan berkaitan dengan tindakan sukarela dan keputusan etis.

Contoh Praktis

Contoh praktis yang mudah ditemukan, misalnya saja;

  1. Ketrampilan Praktis

Keterampilan praktis biasanya merupakan keterampilan yang berguna. Dalam hal ini tentusaja dilakukan guna mengetahui cara memasak, prihal proses mencukur yang benar, membuat kue ulang tahun yang enak, dan kasus-kasus lainnya.

  1. Bidang Medis

Dalam kaitannya dengan bidang medis istilah ketrampilan praktis bisa diartikan sebagai keterampilan dan pelajaran menolong diri sendiri dan menyelamatkan jiwa orang lain yang dapat kita pelajari, kita ajarkan kepada orang lain, dan kita praktikkan setiap hari untuk mempersiapkan dan melindungi kesehatan kita dan orang lain.

Dimana untuk sebagian besar keterampilan praktis tidak memerlukan sertifikasi khusus atau pelatihan formal untuk dilakukan, tetapi kita tetap memang membutuhkan pendidikan.

  1. Kecerdasan Praktis

Pembahasaan dalam kecerdasan praktis ini mengacu pada kemampuan untuk menerapkan kecerdasan seseorang dalam situasi praktis sehari-hari. Dalam landasan teori kecerdasan triarkis, aspek kecerdasan itulah yang membutuhkan adaptasi, pembentukan, dan pemilihan lingkungan baru.

Itulah artikel yang bisa kami berikan terkait dengan pengertian praktis menurut para ahli dan contohnya. Semoga saja mampu untuk memberikan wawasan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkan referensi ataupun literasi terkait dengan hal ini.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.