3 Perbedaan Definisi Konseptual dan Operasional Beserta Contohnya

Diposting pada

Perbedaan Definisi Konseptual dan Operasional

Menjelaskan terkait perbedaan definisi konseptual dan definisi operasional yang dipergunakan untuk pengukuran variabel penelitian diakui ataupun tidak menjadi bagian penting. Alasannya karena keduanya ini memiliki konsep tidak sama meskipun dilain sisinya saling melengkapi satu sama lain.

Yang pastinya, ada beragam arti penelitian tidak memerlukan definisi operasional variabel. Misalnya saja penelitian kualitatif yang bertujuan ingin mengetahui strategi pemberdayaan masyarakat dengan memberikan uraian atau deskripsi atau gambaran lengkap dari suatu proses kegiatan. Namun, yang diperlukan oleh penelitian jenis ini adalah definisi konseptual.

Perbedaan Definisi Konseptual dan Operasional

Agar lebih mudah untuk memahaminya. Daftar tabel yang memberikan uraian atas adanya perbedaan antara definisi operasional dan konseptual. Yaitu;

No Definisi Konseptual Definisi Operasional
1 Menjadi bagian abstraksi yang diungkapkan dalam kata-kata sehingga membantu pemahaman pada topik penelitian yang diambil. Menjadi instruksi mengenai cara mengukur variabel dengan instrumen penelitian yang telah didefinisikan konseptual.
2 Tindak memperlukan teori namun lebih pada uraian terkait dengan subjek penelitian Menyandarkan dengan landasan teori yang ada
3 Sumber pengambilan disandarkan pada judul penelitian Memberikan sandaran pada konsep yang diambil

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa definisi konseptual memberi tahu kita apa saja dari suatu konsep yang sedang menjadi fokus penelitian, sedangkan definisi operasional hanya memberi tahu kita bagaimana mengukurnya.

Oleh karena itulah, jika kita hanya memiliki definisi operasional, kita mungkin tahu bagaimana mengukurnya, tapi tidak akan tahu apa yang kita ukur.

Contoh Definisi Konseptual dan Operasional

Adapun untuk contoh sistematika dalam pembuatan definisi konseptual dan definisi operasional. Misalnya saja;

Variabel Penelitian Definisi Operasional Definisi Konseptual
Kepuasan Pekerja Perusahaan Provider Internet
  1. Gaji yang diperoleh
  2. Rekan kerja
  3. Aprisiasi perusahaan
  4. Atasan
  5. Promosi jawabatan
Sikap pekerja provider internet terhadap dimensi-dimensi pekerjaan yang telah menjadi tanggung jawab.

Dari contoh yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa untuk variabel penelitiannya adalah “kepuasan pekerja”. Sehingga untuk bagian definisi konseptual bersandar pada konsep JDI (Job Descriptive Index) adalah “sikap pekerja terhadap dimensi-dimensi pekerjaan (gaji, rekan kerja, aprisiasi, atasan, dan promosi)”

Oleh karena itu penyusunan definisi konseptual tersebut diuat definisi operasional, yang sasaran utamanya adalah agar definisi konseptual bisa diukur sehingga dapat ditetapkan nilai atau skornya.

Itulah saja artikel yang bisa dibagikan terkait dengan adanya perbedaan definisi konseptual dan definisi operasional beserta contohnya dalam penelitian. Semoga saja bisa memberikan wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.