Pengertian Manfaat Teoritis dan Contohnya

Diposting pada

Contoh Manfaat Teoritis

Jikalau makna tujuan penelitian adalah untuk menginformasikan tindakan yang dilakukan oleh seorang peneliti maka manfaat penelitian adalah hasil akhir yang didapatkan. Oleh karena demikianlah biar bagimanapun si peneliti harus berupaya untuk melakukan kontekstualisasi temuan dalam bidang penelitian yang lebih besar.

Penelitian harus selalu berkualitas tinggi untuk menghasilkan pengetahuan yang dapat memberikan manfaat teoritis maupun dapat diaplikasikan atau diterapkan untuk memberikan manfaat praktis.

Manfaat Teoritis dan Praktis

Pengetahuan yang memiliki keberfungsian secara praktis dan teoritis hakekatnya seperti dua sisi mata uang, keduanya sama pentingnya. Penting untuk memahami kedua ujung bagian ini. Bahkan perlu waktu berjam-jam untuk mempelajari seni teknik praktis dengan meluangkan waktu untuk memahami bagaimana teknik ini cocok dengan konteks yang lebih luas dan cara kerjanya.

Yang pasti definisi pengetahuan yang bersifat teoritis berarti mempelajari segala sesuatu tanpa mengadopsi pendekatan praktis. Manfaat teoritis dari penelitian digunakan untuk berbagai keperluan yang akan senantiasa membantu kita memahami mengapa satu teknik berhasil sementara yang lain gagal.

Landasan teori mengajarkan kita pengalaman orang lain. Pengetahuan teoritis dapat memberi kita pemahaman yang lebih dalam tentang suatu konsep dengan melihatnya dalam konteks memahami apa yang ada di baliknya.

Pengertian Manfaat Teoritis

Manfaat teoritis adalah keberfugsian penelitian bagi pengembangan ilmu pengetahuan. Manfat teoritis tersebut berlatar dari tujuan penelitian varifikatif, yaitu untuk mengecek teori yang sudah ada. Apakah penelitian yang akan dilakukan dapat memperkuat atau menggugurkan teori tersebut.

Oleh karena itulah manfaat teoritis biasanya muncul karena adanya ketidak puasaan atau keraguan terhadap berbagai jenis landasan teori yang sudah ada sehingga dilakukan penyelidikan kembali secara empiris.

Contoh Manfaat Teoritis

Adapun sebagai contoh kepenulisn dalam manfaat teoritis yang juga dikenal engan akademis. Antara lain sebagai berikut;

Penelitian

Penelitian adalah proses penyelidikan sistematis yang memerlukan pengumpulan data, dokumentasi informasi penting, serta analisis dan interpretasi data  informasi tersebut, sesuai dengan metodologi yang sesuai yang ditetapkan oleh bidang profesional dan disiplin akademis tertentu. Menulis manfaat teoritis dalam penelitian ini misalnya saja topik penelitian tentang;

Hubungan Antara Pemanfaatan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Geografi pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur Tahun 2010

Maka kepenulisan;

Manfaat Teoritis Penelitian
  1. Hasil penelitian tersebut diharapkan bisa memberikan masukan dalam pengembangan ilmu pengetahuan khususnya yang berkaitan langsung dengan peningkatan hasil belajar geografi di SMA.
  2. Hasil penelitian tersebut diharapkan bisa menjadi motivasi untuk meningkatkan proses belajar mengajar, sehingga bagi para pendidik bisa meningkatkan peran serta dalam proses pembelajaran untuk lebih memacu siswa untuk aktif dan berpartisipasi lebih baik.
  3. Penelitian ini bisa menjadi bahan kajian bagi peneliti lainnya termasuk perguruan tinggi, lembaga pendidikan lainnya, dan lembaga swadaya masyarakat untuk memahami dan peduli terhadap masalah pendidikan.

Contoh lainnya, misalnya saja dengan topik penelitian sebagai berikut;

Kajian Spasial-Temporal Perkembangan Mangrove Center Tuban Dalam Memproduksi Ruang Untuk Ekowisata Berbasis Masyarakat Di Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban Tahun 2010-2017 (Untuk Mendukung Substansi Pembelajaran Geografi SMA Kelas XI Pada Materi Pengelolaan Sumberdaya Alam Indonesia)

Manfaat Teoritis Penelitian
  • Penelitian ini diharapkan bisa digunakan untuk pengembangan ilmu geografi khususnya geografi lingkungan dan sumberdaya lahan dalam hal:
  1. Menganalisis daya dukung lahan berdasar pendekatan kemampuan lahan
  2. Menganalisis daya dukung lahan berdasarkan produktivitas lahan
  3. Menyusun zonasi produktivitas lahan pertanian
  4. Menyusun arahan  pemanfaatan lahan berdasar kemampuan dan produktivitas lahan
  • Penelitian ini diharapkan bisa dijadikan sebagai pedoman untuk perencanaan tata ruang wilayah yang sesuai berdasarkan kemampuan lahan.
  • Penelitian ini diharapkan bisa dijadikan sebagai pedoman untuk mengetahui zonasi produktivitas lahan suatu wilayah berdasarkan tingkat produktivitas dan kemampuan lahan.

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa setiap penelitian dilakukan untuk mengevaluasi validitas hipotesis yang terangkum dalam kerangka interpretif. Hal ini dijalankan untuk mengumpulkan pengetahuan dan temuan substantif untuk dibagikan dengan cara yang tepat dan untuk menghasilkan pertanyaan untuk pertanyaan lebih lanjut.

Tujuan utama penelitian adalah menginformasikan tindakan, membuktikan teori, dan berkontribusi untuk mengembangkan pengetahuan dalam suatu bidang atau studi. Kita tidak perlu mencari-cari alasan mengapa penelitian menjadi hal yang penting, tapi banyak orang yang menghindar untuk terlibat dalam penelitian, sebab ada rasa malas atau memang tidak tertarik untuk melakukan penelitian.

Namun bagi mereka yang senang belajar, baik sebagai anggota lembaga pembelajaran maupun bukan, melakukan penelitian bukan hanya suatu keharusan, melainkan suatu kebutuhan, yaitu agar dapat memberikan manfaat praktis maupun teoritis untuk pengembangan pengetahuan.

Nah, demikianlah artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian manfaat teoritis dan contohnya dalam penelitian. Semoga bisa memberikan edukasi serta referensi bagi kalian yang memang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *