Manfaat Laporan Praktikum dan Contoh Penulisannya

Diposting pada
Rate this post

Manfaat Laporan Praktikum

Praktikum adalah serangkaian pengalaman yang membutuhkan penerapan praktis dari landasan teori atas pengetahuan konseptual. Sehingga sebagian besar jenis pendidikan professional, baik dalam kedokteran, keperawatan, hukum, farmasi, terapi wicara, penerapan disiplin ilmu pengetahuan alam (IPA), atau pekerjaan sosial sangatlah membutuhkannya.

Oleh karena itulah manfaat dilakukannya praktikum dapat berbeda satu sama lain tergantung jenis praktikum yang dilakukan. Tetapi yang pasti sebagai salah satu bentuk karya tulis ilmiah untuk pembuatannya dibutuhkan format yang tersusun secara sistematis.

Laporan Praktikum

Laporan praktikum adalah proses pembelajaran yang dilakukan dengan interaksi melalui kegiatan mengamati dan memahami dunia alam yang diakukan oleh peserta didik (siswa/mahasiswa), sehingga hal ini menjadi bagian dari pengajaran yang bertujuan agar siswa mendapat kesempatan untuk menguji dan melaksanakan.

Manfaat Praktikum

Secara umum pelaksanaan praktikum dapat memberikan manfaat. diantaranya:

  1. Mendapatkan pengalaman nyata sesuai bidang ilmu yang dipelajari

Keterampilan dan pengetahuan yang diperoleh dari kampus memang penting, namun seringkali tidak cukup untuk mendapatkan pekerjaan dalam bidang yang sesuai. Untuk mendapatkan pengalaman lebih banyak terkait bidang kerja yang bersangkutan, banyak sekolah atau kampus memasukkan metode praktikum.

Melalui laporan praktikum mahasiswa, maka dapat memperoleh pengalaman nyata dalam bidang ilmu yang nantinya, setiap mahasiswa dapat memanfaatkan pengalaman tersebut untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih sesuai dengan kualifikasi pendidikan.

  1. Memperluas jaringan profesional

Selama praktikum, mahasiswa akan bekerjasama dengan berbagai kalangan profesional, ahli dan sesama mahasiswa. Masing-masing hubungan ini penting untuk masa depan mereka. Oleh sebab itu, dengan melakukan praktikum, mahasiswa mampu meningkatkan jaringan profesionalnya.

Nantinya, jaringan tersebut dapat membantu mereka mencari pekerjaan baru, mendapatkan referensi baru atau memecahkan masalah dalam pekerjaan mereka. Banyak posisi pekerjaan diisi sebelum dipublikasikan secara online, jadi penting untuk mengembangkan jaringan profesional yang kuat untuk mengetahui tentang posisi pekerjaan yang tidak terdaftar.

  1. Mendapatkan pengetahuan baru

Inti dari pergi ke kampus adalah mempelajari keterampilan dan pengetahuan baru. Praktikum dirancang untuk membuat mahasiswa terlibat aktif di lapangan. Alih-alih hanya mempelajari konsep dan teori dari jurusan yang diambil, mahasiswa akan benar-benar dapat menerapkan pengetahuannya ketika melakukan praktikum.

Menggunakan keterampilan tersebut di dunia nyata akan membantu mereka memperkuat pembelajaran, dan dapat memberi mereka motivasi baru di kelas mereka.

  1. Mengembangkan keterampilan baru

Begitu banyak keterampilan yang dapat diajarkan di kelas. Bagi banyak mahasiswa, keterampilan dan kemampuan yang sebenarnya dipelajari di lapangan.

Dalam tujuan praktikum, mahasiswa mampu menuangkan ilmunya dan belajar bagaimana mengatasi masalah dalam bidang ilmu yang dipelajari. Alih-alih mengetahui teori di balik solusi yang berbeda, mereka sebenarnya akan belajar bagaimana memecahkan masalah.

  1. Penguat resume yang ideal 

Ada ribuan mahasiswa yang lulus setiap tahun dengan bermacam-macam gelar. Meskipun ada banyak pekerjaan yang tersedia sesuai dengan jurusan yang diambil, tapi untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dan posisi yang baik bisa sangat kompetitif.

Untuk memastikan bahwa mahasiswa memiliki kesempatan terbaik untuk menemukan pekerjaan impian mereka, mereka membutuhkan resume yang membuat mereka menonjol dari yang lain. Praktikum atau magang adalah cara terbaik untuk menunjukkan kepada atasan bahwa mahasiswa siap untuk posisi tersebut.

Contoh Penulisan Manfaat Laporan Praktikum

Pada format laporan praktikum, contoh penulisan tujuan dan manfaat laporan praktikum ini termasuk dalam kategori BAB 1 yang berisi pendahuluan. Adapun skema penulisannya;

Contoh Manfaat Laporan Praktikum

Manfaat

Manfaat dilakukan praktikum ini yaitu:

  1. Setiap mahasiswa dapat mengetahui hubungan antara curah hujan dengan erosi
  2. Setiap mahasiswa mampu memahami perkiraan tingkat intensitas hujan berdasarkan hasil praktikum
  3. Diharapkan mampu untuk mengetahui jenis-jenis erosi yang dapat disebabkan oleh curah hujan

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan tentang adanya manfaat pembuatan laporan praktikum dan contoh sistematika penulisannya. Semoga bisa memberi wawasan bagi semua kalangan yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *