Kelebihan dan Kekurangan Snowball Sampling dalam Penelitian

Diposting pada

Kelebihan dan Kekurangan Snowball Sampling

Snowball sampling bisa dikatakan sebagai teknik pengambilan sampel non probabilitas di mana subjek penelitian yang menjadi objek penelitian diharuslah untuk merekomendasikan subjek lain yang mereka ketahui berdasarkan pada kriteria topik penelitian yang telah ditentukan.

Sehingga kelompok sampel dalam teknik sampling yang satu ini dikatakan tumbuh seperti bola salju yang bergulir dengan semakin lama semakin membersar dan berhenti dikala sudah merasa cukup memeroleh jenis data penelitian yang dibutuhkan. Oleh karena itulah, banyak yang berpendapat bahwa penggunaan sampel dengan bola salju memiliki kelebihan dan kelamahan didalamnya.

Snowball Sampling

Snowball sampling adalah teknik pengumpulan data dengan pengambilan sampel yang dilakukan melalui subjek penelitian yang sudah diketahui dalam pra penelitian, kemudian memberikan rujukan untuk merekrut subjek lain yang diperlukan untuk penelitian.

Kelebihan dan Kekurangan Snowball Sampling

Adapun untuk proses menggunaaan snowball sampling sendiri memiliki banyak keunggulan dan kekurangan. Antara lain;

Kelebihan Snowball Sampling

Yakni;

  1. Penentuan Sampel Tidak Terlalu Sulit

Pada proses penggunaan snowball sampling dalam arti penelitian tidak terlalu silit untuk memperoleh informan penelitian. Pasanya hal ini dapat dilakukan dengan terlebih dahulu menggumpulkan informasi yang terbatas dari responden awal, hingga namun khirnya informasi berkembang luas dan mendalam.

  1. Mampu Memperoleh Sampel dari Jaringan Sosial yang Tercipta

Dalam kelebihan ini setidaknya terdapat gagasan berdasarkan sumber-sumber dari jaringan yang terbentuk. Hingga akhirnya informan saling terkait satu sama lain, sehingga tidak memakan waktu lama pada pelaksanaan wawancara dalam pengambilan data penelitian.

  1. Dapat Menambah Sampel dengan Mudah

Penggunaan snowball sampling dalam penelitian sejatinya dapat menambah sampel dengan sanat mudah, sehingga atas dasar inilah hasil penelitian dianggap lengkap karena mewakili semua kriteria yang telah ditentukan dalam pelaksanaan pedoman penelitian.

Kelemahan Snowball Sampling

Yaitu;

  1. Penelitian di Lapangan diperlukan Etika

Menjadi kekurangan dalam pengguaan snowball sampling dalam penelitian ialah diperlukan etika, alasannya karena berhubungan erat dengan data penelitian yang di dapatkan mewakili berbagai element masyarakat. Oleh karena itulah bisanya dalam penulisan hasil penelitiannya nama informan disamarkan atau berupa inisial.

  1. Waktu Terjadinya Penelitian Bisa Lebih Lama

Kelemahan ini didapatkan karena waktu pelaksanaan penelitian di lapangan, bisa menjadi lebih lama apabila peneliti sulit membangun jaringan antara informan yang ada. Sehingga, skill terhadap pola komunikasi serta bergaul diperlukan dalam hal ini.

  1. Biaya Penelitian dan Tenaga Bisa Bertambah

Kelemahan selanjutnya, terkait dengan biaya penelitian dan tenaga yang dikeluarkan dalam pengambilan data dapat bertambah dari perkiraan yang direncanakan, alasan ini didapatkan karena jika data yang diperlukan masih kurang tentusaja haruslah menambah informan penelitian laigi.

Contoh Snowball Sampling

Sedangkan untuk contoh snowball sampling dalam penelitian. Misalnya saja;

  1. Kepemimpinan

Misalnya saja adanya seorang peneliti ingin mempelajari pola kepemimpinan informal dalam komunitas lokal tertentu, dalam hal ini seperti topik penelitian tentang pondok pesantren sebagai sarana memberikan pendidikan agama.

Maka, si peneliti dalam hal ini haruslah meminta individu untuk menyebutkan orang lain yang berpengaruh dalam komunitas pesantren tersebut. Mulai siapa kepada atau lurahnya, setelah melakukan mawancara kemudian menarik pada sejarahnya, sehingga ia pun harus menghubungi tokoh pendiri pesantren tersebut, sedangkan terkait kurikulum haruslah menghubungi bagian pendidikan yang bertugas membuat kurikulu pesantren. Begitulah selanjutnya.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa diberikan pada semua kalangan berkenaan dengan kelebihan dan kelemahan penggunaan snowball sampling dalam penelitian beserta contohnya. Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *