Pengertian Validasi Data Penelitian, Metode, dan Contohnya

Diposting pada

Validasi Data Penelitian

Validasi data menjadi bagian penting dalam sejumlah jenis metode penelitian, baik bersifat kualitatif atau kuantitatif. Hal ini lantaran validasi berhubungan erat dengan penanganan teknik pengumpulan data saat kita berada di lapangan guna mengumpulkan informasi, menganalisis data, atau mempersiapkan diri untuk menyajikan data kita.

Validasi Data

Validasi data merupakan suatu kegiatan dalam penelitian yang dilakukan guna memastikan bahwa pemangku kepentingan atas hasil akhir penelitian benar dan semua harapan dari rumusan masalah terpenuhi. Sehingga dalam hal ini kegunaannya untuk mampu meberikan ciri kelimiahan yang baik dan benar.

Pengertian Validitas data

Validitas data adalah serangkaian bentuk ketepatan atas derajat dalam variabel penelitian yang menghubungkan antara proses penelitian pada obyek penelitian dengan data-data yang dilaporkan oleh seorang peneliti (Sugiyono, 2012)

Macam Metode Validasi Data

Dalam upaya untuk memverifikasi dan memvalidasi data penelitian sebelum dianalisis menjadi hasil. Ada beberapa metode validasi yang dapat digunakan, khususnya guna memeriksa input data, antara lain:

  1. Pemeriksaan format, Memeriksa apakah input data dalam format yang benar. Misalnya, nomor Asuransi Nasional dalam bentuk XX 99 99 99 XX di mana X adalah huruf apa saja dan 9 adalah nomor apa pun.
  2. Pemeriksaan kehadiran, Pemeriksaan semacam ini memastikan bahwa bagian yang penting atau wajib tidak boleh dikosongkan: harus diisi. Jika seseorang mencoba mengosongkan bagian tersebut, maka pesan kesalahan akan ditampilkan, dan mereka tidak akan dapat untuk melanjutkan ke langkah berikutnya, mereka juga tidak dapat menyimpan data lain yang telah mereka masukkan.
  3. Pemeriksaan tipe, cara untuk mengkonfirmasi bahwa tipe data yang benar dimasukkan. Misalnya, dalam formulir aplikasi usia dapat berkisar dari 0 hingga 100. Tipe data angka akan menjadi pilihan yang tepat untuk data ini.
  4. Dengan mendefinisikan tipe data sebagai angka, hanya angka yang diizinkan di lapangan (Misalnya dalam hal ini adalah 18, 20, 25) dan itu akan mencegah orang memasukkan data verbal, seperti ‘delapan belas’.
  5. Periksa Digit – Ini digunakan untuk mengetahui apakah serangkaian angka telah dimasukkan dengan benar. Ada banyak cara untuk menghasilkan angka cek. Misalnya, sistem penomoran ISBN-10 untuk buku menggunakan divisi ‘Modulo-11’, di mana ia mengeluarkan sisa dari divisi tersebut sebagai hasil dari operasi.
  6. Pemeriksaan Panjang – Ini digunakan untuk memastikan bahwa jumlah karakter yang benar dimasukkan ke dalam bidang. Ini mengkonfirmasi bahwa string karakter yang dimasukkan tidak terlalu pendek atau terlalu panjang. Misalnya, pertimbangkan kata sandi yang panjangnya 8 karakter. Pemeriksaan panjang akan memastikan bahwa 8 karakter dimasukkan ke dalam bidang.
  7. Pencarian (Lookup) – Ini membantu mengurangi kesalahan dalam bidang dengan daftar nilai yang terbatas. Sebagai contoh, fakta bahwa hanya ada 12 bulan dalam satu tahun yang memastikan bahwa daftar nilai yang mungkin terbatas.

Manfaat Validasi Data

Keuntungan yang menjadi manfaat dalam validasi data penelitian. Antara lain;

  1. Entri data-data penelitian lebih cepat karena biasanya validasi data ini berhubungan erat dengan sampel yang diberikan pada responden yang menjadi objek dalam penelitian.
  2. Peningkatan akurasi karena mengurangi risiko kesalahan atau kekeliruan dari eror dalam data penelitian.
  3. Memberikan kemudahan penggunaan yang lebih besar karena membatasi pilihan untuk dipilih dengan hanya menampilkan pilihan-pilihan penting atas data penelitian yang mampu dihadirkan.

Contoh Validasi Data

Sebagai bentuk penggambaran yang lebih jelas, dalam hal ini akan diuraikan bagimana bentuk validasi data dan langkah-langkah pembuatannya.

Uji Validitas Data Penelitian

Misalnya saja, untuk hal ini adalah melakukan penelitian tugas akhir berupa skripsi atau thesis.  Dengan Topik PenelitianPerkembangan dan Pemanfaatan Dana Desa di Kampung Indonesia dengan Studi Kasus Kampung Sukamaju”. Maka, untuk  pengujian atas validitas data dalam jenis penelitian studi kasus ini bisa di tuliskan sebagai berikut;

Penulisan Uji Validitas Skripsi

Untuk menguji keabsahan data terkait pemanfaatan Dana Desa di Kampung Sukamaju yang telah terkumpul maka peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber dengan langkah yang dipergunakan adalah mengecek, membandingkan informasi yang diperoleh, serta melakukan analysis melalui sumber yang berbeda.

  1. Pengecekan derajat kepercayaan penemuan akan pemanfaatan Dana Desa di Kampung Sukamaju menemukan hasil penelitian dengan beberapa teknik pengumpulan data yaitu mayoritas di pergunakan untuk membangun infrastruktur berupa Jalan Desa.
  2. Pengecekan derajat kepercayaan atas responden dan beberapa sumber data dengan metode yang sama dilakukan validtas dengan mewawancarai kembali Kepala Kampung setelah penelitian selesai dilakukan.

Langkah penyusunan validitas data diperlukan dalam penelitian dengan maksud sebagai pembuktian dan penguatan, bahwa serangkaian data yang diperoleh peneliti sesuai dengan yang terjadi dilapangan.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang telah diparakan, dapatlah dikatakan bahwa validasi data juga dapat memberikan manfaat untuk memastikan data bersih, benar dan bermanfaat. Sehingga hubungannya dengan validasi data sangat penting untuk setiap tahapan penelitian, tidak hanya ketika melakukan kontak dengan responden akan tetapi juga menjaga hubungan sosial yang baik saat terjadinya penelitian.

Sehingga dalam hal inilah manfaat validasi data adalah kemampuan untuk menginterogasi secara matematis kebenaran sumber-sumber data yang mengalir dan menerapkan model penilaian selama konsolidasi data sehingga hasil dari dataset yang diperoleh adalah kualitas tertinggi yang dapat diperoleh.

Itulah tadi uraian yang bisa kami sampaikan pada segenap pembaca. Berkenaan dengan pengertian validasi data dalam penelitian, metode, manfaat, dan contoh kepenulisannya. Semoga bisa memberikan literasi bagi semua kalangan.

Daftar Pustaka

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *