Jenis Kesimpulan dan Contohnya

Diposting pada

Kesimpulan Induktif dan Deduktif

Membuat kesimpulan merupakan salah satu tahap terpenting dalam pembuatan karya tulis ilmiah. Baik dalam Bab skripsi, makalah, essay, ataupun beragam bentuk laporan atas hasil penelitian yang telah didapatkan. Hal terpenting lainnya dalam proses pembuatan kesimpulan ini memerlukan tahapan panjang, yakni dengan memahami sekaligus menelaah isi dan pembahasan yang ada dalam karya tulis, yang mana ini semua sangat berpengaruh pada penggunaan macam-macam kesimpulan dalam deduktif ataupun induktif.

Kesimpulan

Kesimpulan adalah pernyataan singkat, jelas, dan tersusun sistematis dari keseluruhan analisis penelitian terkait dengan pembahasan, dan pengujian hipotesis dalam sebuah penelitian. Pada bagian kesimpulan ini, si peneliti berusaha memperlihatkan benang merah antara keseluruhan bagian dalam penelitian terutama antara masalah penelitian, hipotesis, dan teknik analisis data.

Oleh karena itulah dalam kesimpulan penelitian merupakan jawaban dari rumusan masalah penelitian bukan rangkuman penelitian apalagi rangkuman penulisan. Sehingga kesimpulan dalam penelitian pasti satu karena masalah dalam penelitian juga satu. Kesimpulan harus dipahami sebagai konklusi dari masalah yang dimunculkan.

Jenis Kesimpulan

Berdasarkan logika yang digunakan, dalam membuat kesimpulan dibagi menjadi dua, yaitu;

Deduktif

Logika deduktif merupakan proses berpikir yang dimulai dari suatu hal yang bersifat umum ke hal yang bersifat khusus. Proses pengambilan keputusan ini dilakukan untuk penelitian kualitatif. Membuat kesimpulan dengan logika deduktif dimulai dengan teori yang digunakan kemudian teori tersebut dikaitkan dengan data yang diperoleh sehingga peneliti memperoleh kesimpulan.

Contoh Kesimpulan Deduktif
  • Premis 1 : Jika langit mendung maka akan hujan
  • Premis 2 : Hari ini langit mendung

Kesimpulan: Hari ini akan hujan

Induktif

Logika induktif merupakan logika yang dimulai dari suatu hal yang bersifat khusus/spesifik ke hal yang bersifat umum. Logika induktif merupakan kebalikan dari logika deduktif. Dari melihat sesuatu yang spesifik ini sehingga dapat dilihat pola yang akan terjadi dan pola ini akan menjadi kesimpulan bagi sebuah penelitian. Proses logika berpikir ini dapat digunakan untuk penelitian kuantitatif.

Contoh Kesimpulan Induktif
  • Premis 1: Senin hujan
  • Premis 2: Selasa hujan
  • Premis 3: Rabu hujan
  • Premis 4: Kamis hujan

Kesimpulan: Maka kemungkinan hari jumat akan hujan.

Metode Membuat Kesimpulan

Adapun menurut metode yang digunakan untuk membuat kesimpulan penelitian dibagi menjadi tiga, yaitu;

Metode Generalisasi

Langkah pembuatan kesimpulan yang paling sering digunakan adalah dengan menggunakan metode generalisasi. Membuat kesimpulan dengan menggunakan metode ini dilakukan dengan mengulas terlebih dahulu masalah-masalah umum yang menjadi fokus penelitian.

Contohnya dalam hal ini adalah permasalahan korupsi, kekurangan gizi dan lain-lain.

Metode Analogi

Menggunakan metode analogi dalam membuat kalimat kesimpulan dalam penelitian ilmiah yang baik dengan dilakukan dengan menyusun kalimat yang dianalogikan antar materi pembahasan dan pembukaan dalam karya ilmiah.

Metode Korelasi

Adapun menggunakan metode korelasi dalam membuat kesimpulan dalam karya ilmiah dilakukan dengan mencari titik fokus antara hasil penelitian dan pembukaan. Gambaran singkat mengenai sebab akibat untuk mencari hubungan bisa dilakukan.

Contohnya dalam kasus sosial pembahasan mengenai kemiskinan akan berdampak pada tingginya angka kriminalitas, tingkat kesehatan dan sebagainya.

Manfaat Kesimpulan

Setiap kesimpulan dapat salah tetapi ini menjadi hal penting dalam memperoleh manfaatnya. Antara lain;

  1. Kesimpulan tersebut dapat menjadi premis untuk penyelidikan lebih lanjut
  2. Dari kesimpulan ini kemudian akan terumuskan rekomendasi ilmiah yang menyarankan kepada peneliti berikutnya tentang objek yang mungkin selesai dipecahkan melalui penelitian yang akan dilakukan di masa yang akan datang, baik oleh dirinya maupun oleh orang lain.
  3. Kesimpulan dibuat untuk mencoba menelaah dampak bagi kehidupan manusia.

Itulah tadi artikel yang bisa dituliskan kepada segenap pembaca terkait dengan beragam jenis-jenis kesimpulan dalam penelitian induktif dan deduktif, metode membuat, manfaat, dan contohnya. Semoga memberikan ulasan yang berkenan. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *