Contoh Penelitian Komparatif

Diposting pada

Penelitian Komparatif

Penelitian komparatif atau dikenal dengan riset komparasi sejatinya merupakan salah satu jenis metode penelitian yang dibuat untuk mengetahui dan atau menguji perbedaan dua kelompok atau lebih. Sehingga amatlah pantas, jika dalam penelitian komparasi ini senantiasa dilakukan untuk membandingkan suatu variabel penelitian (objek penelitian), antara subjek yang berbeda atau waktu yang berbeda dan menemukan hubungan sebab-akibatnya.

Untuk memberikan pemahaman yang lebih jauh. Dalam artikel ini akan membagikan terkait dengan kepenulisan dalam metode komparatif.

Penelitian Komparatif

Penelitian komparatif adalah sejenis penelitian deskriptif yang tujuannya untuk mencari jawaban secara mendasar mengenai hubungan sebab-akibat, dengan menganalisis faktor-faktor penyebab terjadinya ataupun munculnya fenomena tertentu.

Bahkan, menurut Sugiyono (2012), ciri penelitian komparatif dibuat untuk mampu membandingkan keberadaan satu variabel atau lebih pada dua atau sampel yang berbeda, atau pada waktu yang berbeda.

Contoh Penelitian Komparatif

Sebagai upaya dalam memberikan keterangan yang lebih lengkap maka berikut ini adalah contoh kepenulisan dalam metode penelitian komparasi yang bisa diergunakan dalam berbagai jenis karya ilmiah. Baik skripsi, makalah, atauun tugas dalam membuat laporan penelitian.

  1. Skripsi

Pertama yang bisa diberikan dalam kepenulisan skripsi dengan metode komparasi ini misalnya saja mengangkat topik penelitian.

Perbadingan Metode Pengajaran dan Pendidikan untuk Berkebutuhan Khusus Berbasis FunAct di SMA 1 Purwokerto

Pendahuluan Penelitian Komparatif Skripsi
  • Latar Belakang

Program ini memungkinkan membandingkan anak-anak berkebutuhan khusus untuk memperoleh ilmu pengetahuan di sekolah umum, khususnya yang ada di SMA 1 Purwokerto sebagaimana yang diperoleh anak-anak normal yaitu di sekolah inklusif Pendidikan inklusif adalah sistem layanan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus di sekolah reguler.

Dasar penyusunan IEP (IndividualizedEducational Program) dengan penyimpangan/ kelainan baik fisik, intelektual, sosial, emosional, atau kondisi lain. Seperti tunanetra,tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, tunalaras,berbakat, berkesulitan belajar spesifik, autisdan penyimpangan/kelainan perilaku lainnya.Hasil penelitian Mulyono(Abdurrahman, 2009: 119) menunjukkanbahwa banyak anak luar biasa termasuk diantaranya yang berkesulitan belajar, belajarbersama anak normal di Sekolah Dasar tetapi mereka tidak memperoleh pelayanan pendidikan luar biasa.

Hal tersebut menunjukkanpentingnya penerapan IEP (Individualized Educational Program) yang didefinisikan Mulyono sebagai bentuk pendidikan yang memberikan pelayanan pendidikan luar biasadengan pelayanan pendidikan pada umumnya..Permasalahan tersebut diperkuatdengan Freiberg (1999:194) yang mengungkapkan“sixty one percent of public schoolteacher and 54% of private school teacher atthe elementary level reported that they hadnever had any training in teaching gifted students” bahwa enam puluh satu persen dariguru sekolah umum dan 54% dari guru sekolah swasta di tingkat SD melaporkan mereka tidak pernah mendapat pelatihan dalam mengajar siswa berbakat.

Perumusan Masalah Penulisan Skripsi

Berdasarkan latar belakang permasalahan yang telah disebutkan di atas, penulis dalam metode penggunaan metode penelitian komparatif merumuskan permasalahan sebagai berikut.

  1. Bagaimana perbandingan metode pengajaran dan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus di Indonesia?
  2. Bagaimana konsep perbandingan metode dan pengajaran dalam implementasi pembelajaran bagi siswa berkebutuhan khusus berbasis FunAct dalam meningkatkan daya saing di kancah internasional?

Tujuan Penulisan Skripsi

  1. Menjelaskan kondisi perbandingan metode pengajaran dan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus dalam meningkatkan daya saing di kancah internasional.
  2. Menjelaskan konsep perbandingan metode dan pengajaran dalam implementasi dalam pengembangan IEP bagi siswa berkebutuhan khusus berbasis FunAct penting sebagai upaya peningkatan daya saing di kancah internasional.
  1. Judul Penelitian Komparatif

Sebagai upaya dalam memberikan pemahaman untuk penelitian komparatif, penting bagi tulisan ini memberikan beberapa judul-judul riset yang mempergunakan metodenya. Antara lain sebagai berikut;

No Judul Penelitian Komparatif Mata Pelajaran
1 Perbandingan Pendidikan Matematika BAB Al-Jabar terhadap Minat dan Kecerdasan Anak dalam Mengimlementasikan di Kehidupan sehari-hari. Matematika
2 Metode Bimbingan Membaca Alquran: Eja dan Tarawas dan Pengaruhnya Terhadap Kecepatan Kelas X MTs Al-Iman dalam Menyerap Pembelajaran BBQ (Bimbingan Baca Qur’an) Agama Islam
3 Perbandingan Metode Pendidikan Fisika Berbasis Online dan Offline di Kelas XI MAN 1 Lampung Timur Fisika
4 Perbandingan Pemahaman tentang Isi Alkitab antara Katolik dengan Protestan di SMA 1 Kristen Surakarta Agama Kristen

Cara Membuat Penelitian Komparatif

Dari uraian yang telah disampaikan dapatlah dikatakan bahwasanya dalam proses penyususnan untuk riset ini dapat dibuat. Dengan langkah-langkah sebagai berikut;

  1. Merumuskan dan definisikan rumusan masalah.
  2. Menjejaki dan meneliti literatur yang ada.
  3. Merumuskan kerangka teoritis dan hipotesa-hipotesa serta asumsi-asumsi yang digunakan.
  4. Membuat rancangan penelitian, yang meliputi:
  5. Memilih subjek yang digunakan dengan teknik pengumpulan data yang diinginkan.
  6. Mengkategorikan sifat-sifat atau atribut-atribut atau hal-hal lain yang sesuai dengan masalah yang ingin dipecahkan, untuk memudahkan analisa sebab akibat.
  7. Menguji hipotesis penelitian, buat interpretasi terhadap hubugan dengan teknik statistik yang tepat.
  8. Membuat generalisasi, kesimpulan serta implikasi kebijakan.
  9. Menyusun laporan dengan cara penulisan ilmiah.

Nah, demikianlah yang dapat kami sampaikan pada segenap pembaca berkenaan dengan contoh penelitian kepenulisan dalam metode komparatif dan cara membuatnya. Semoga melalui postingan ini bisa memberikan pembahan dan edukasi bagi pembaca sekalian. Trimakasih,

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *