4 Contoh Pemasaran Strategi 4P (Price, Product, Place, Promotion)

Diposting pada

Pemasaran Strategi 4P

Strategi 4p yang juga dikenal kepanjangan dari price, product, place, promotion dalam pemasaran dan perniagaan diakui ataupun tidak sangatlah dibutuhkan untuk semua jenis analisis usaha, khususnya dalam proposal kegiatan bisnis. Hal ini wajar, sebab setiap sistematikanya mencerminaan penggambaran atas luaran produk, harga, tempat, dan wilayah promosi yang dilakukan.

Disisi lainnya, penulisan bagian price, product, place, promotion terdapat dalam BAB 2 bersamaan dengan analisis biaya, analisis SWOT, deskripsi produk, dan lainnya. Oleh karena itulah pada arti artikel ini secara lengkap menuliskannyanya.

Strategi 4P (Price, Product, Place, Promotion)

Strategi 4P (price, product, place, promotion) adalah bauran proses penjalanan pemasaran produk yang berhubungan dengan konsep penjalanan setiap unit usaha untuk memilah sekaligus memilih target pasar secara tepat agar hasilnya sesuai dengan harapan yang diinginkan.

Contoh Strategi 4P

Adapun untuk contoh penerapan strategi 4P (price, product, place, promotion) dalam pemasaran yang baik dan benar. Antara lain;

  1. Usaha Makanan

Penulisan proposal usaha makanan yang berhubungan dengan kasus price, product, place, promotion misalnya saja keinginan seseorang yang akan berjualan nugget. Maka kepenulisannya;

Strategi 4P dalam Usaha Makanan

Strategi Pemasaran

Prize

Delnut merupakan produk yang dibilang relative murah dan bisa dikonsumsi oleh kalangan usia. untuk produk ini sendiri dijul di pasaran dan media sosial dengan harga Rp.20.000 perbungkus dengan kemasan yang cantik dan mudah dibawa kemana-mana.

Product

Produk yang ditawarkan adalah nugget yang berbahan dasar tepung kedelai pilihan dan sayur bayam segar yang dipasarkan dengan nama Delnut.

Delnut merupakan salah satu inovasi tepung nugget pilihan yang dipadukan dengan sayur bayam yang diolah menjadi nugget bayam yang mempunyai rasa, variasi bentuk yang unik, serta kemasan yang menarik, dalam varian bentuk Delnut ini ada bentuk Lingkaran, Kotak, dan Bintang.

Dengan adanya Delnut diharapkan menambah jumlah variasi nugget atau makanan yang memiliki gizi dan manfaat yang tinggi di kalangan masyarakat dengan harga yang terjangkau bagi semua kalangan. Delnut ini merupakan produk nugget sayur siap berbahan alami dari tepung kedelai bercampur sayur bayam. Berikut adalah profil produk lengkap dari kami:

  1. Nama produk : Delnut
  2. Jenis Produk : Nugget
  3. Bahan dasar : Tepung Kedelai dan Sayur Bayam
  4. Varian Bentuk : Lingkaran, Kotak dan Bintang
  5. Kemasan : Box Thenwill

Place

Place menjadi lokasi penjualan yang dilakukan dalam produk nugget ini, dimana untuk saat ini lokasinya berada di sekitaran kampus karena memberikan peluang baru untuk mendukung proses pemasaran.

Promotion

Dalam hal startegi pemasaran produk kami, kami melaksanakan promosi dan publikasi produk dengan 2 media yang bersifat online daan offline :

  1. Strategi Pemasaran Offline

Berkonsep “Door To Door” kami melakukan penjualan secara langsung ke customer di area kampus, kosan atau kontrakan, area perkantoran serta membagikan brosur dan pamflet sehinggga masyarakat akan lebih percaya dan tertarik.

Kami juga bekerja sama dengan kantin sekitar kampus. Agar menarik lebih banyak customer kami akan memberikan banyak promo menarik, diantaranya harga spesial ajak teman, promo spesial di hari tertentu, promo potongan harga untuk customer tersetia, dan promo menarik lainnya.

  1. Strategi Pemasaran Online

Dalam melakukan promosi secara online, kami menggunakan media promosi yaitu sosial media yaitu seperti facebook, instagram, tik tok, dan whatsapp. Selain itu, kami juga bekerja sama dengan media partner untuk pemasangan iklan secara online.

  1. Usaha Minuman

Kepenulisan bagian strategi pemasaran 4P dalam usaha minuman juga bisa dibuat dengan sangatlah mudah sesuai dengan kebutuhan. Prihal ini misalnya saja;

Strategi 4P dalam Usaha Minuman

Produk

Babo (Bandeng Boba merupakan minuman sehat kekinian yang terbuat dari ikan bandeng lokal. Minuman yang menyehatkan menyegarkan sekaligus sebagai upaya konkrit generasi muda dalam mendukung pemerintah untuk meningkatkan konsumsi ikan nasional.

Selain itu Babo juga memiliki banyak manfaat salah satunya mampu meningkatkan daya tahan tubuh yang sangat bermanfaat bagi masyarakat diera new normal ini. Babo juga memiliki banyak varian rasa seperti coklat, stowberi dan varian rasa lainnya yang sesuai dengan selera masyarakat.

Babo juga tersedia dalam bentuk kemasan praktis ukuran 250 gram dan 500 gram sangat cocok untuk dijadikan toping berbagai minuman.

Price

Babo dapat dinikmati semua kalangan, karena harganya yang terjangkau berkisar Rp. 10.000 saja perbotolnya dan untuk Babo kemasan terdapat 2 ukuran yaitu ukuran 250 gram dengan harga jual Rp. 15.000 dan ukuran 500 gram seharga Rp. 25.000 sehingga masyarakat, mulai dari pelajar, mahasiswa, masyarakat umum, dan wisatawan bisa menikmati produk kami.

Promotion

  1. Promosi secara langsung

Menitipkan produk Babo dipusat oleh-oleh dan swalayan disekitar Banten.

  1. Promosi secara tidak langsung

Memaksimalkan media sosial sebagai sarana pemasaran produk ini melalui Instagram, Facebook, Tiktok dan media sosial lainnya. Bekerjasama dengan market place lokal Plaza Banten, Shopee, Toko Pedia dengan pengiriman (Same Day), GrabFood dan GoFood dalam memasarkan produk. Selain itu kami menjalin kerjasama dengan Endorsement dalam memasarkan produk

Place

Rumah produksi kami yaitu di Serang, Banten. Untuk bahan baku dipasok dari Kec. Pontang, Kec. Tirtayasa, Kec. Tanara, dan Kec. Kramatwatu. Disana merupakan Kawasan budidaya ikan bandeng.

  1. Usaha Jasa

Untuk penulisan bagian strategi 4p dalam usaha jasa juga bisa dibuat dengan sistematika yang sama dengan produk usaha makanan dan minuman. Misalnya saja;

Strategi 4P dalam Usaha Jasa
PRODUCT
PLACE
PRICE
PROMOTION
Mesin Penyedot dan Pembersih Organ Dalam Ikan (Figantioner Machine)
  1. Pabrik Ikan
  2. Pasar Ikan
  3. Perusahaan ekspor Ikan
  4. Restaurant Seafood
Rp.3.499.000
  1. Social media (intagram,facebook, tiktok)
  2. Marketplace (shopee,tokope dia)
  3. Discount 10%
  4. Buy 2 get 1 gift
  5. Garansi 3 bulan
  1. Industri Kreatif

Penulisan bagian 4P dalam usaha kreatif berbasis digital juga bisanya dibuat untuk pelengkap adanya analisa yang ada dalam proposal. Untuk sistematika seperti ini;

Strategi 4P dalam Usaha Industri Kreatif

Analisis Kebijakan 4P

Adapun metode pemasaran yang kami gunakan yaitu Informative Advertising dan Persuasive Advertising. Metode ini dirasa tepat guna memperkenalkan dan menarik konsumen agar menggunakan produk kami. Dalam menentukan sasaran konsumen, Adapun metode yang kami gunakan adalah metode 4P (Product, Price, Place, Promotion).

Product Produk kami berbasis Web-App sehingga rentang usia yang menjadi target pasar kami yaitu Gen-X hingga Gen-Z, baik wanita maupun pria. Hal ini didasari atas data yang menyatakan pengguna social media aktif berada di rentang umur 13-54 tahun dengan tingkat pemakaian tertinggi berada pada rentang 18 sampai 34 tahun.
Price Fitur utama yang terdapat pada aplikasi tidak berbayar/gratis. Proses transaksi dan pembagian keuntungan bisnis ini hanya dilakukan melalui midtrans.
Place Dalam tahap pengembangan awal, Kawasan produsen handycraft yang kami fokuskan adalah produsen di Kawasan industri Kota Makassar. Oleh karena itu, target pasar dalam tahap pengenalan produk adalah masyarakat yang tinggal di Pulau Sulawesi. Meskipun target pasar kami adalah masyarakat yang tinggal di Pulau Sulawesi, Cadou tetap dapat digunakan di seluruh Indonesia. Masyarakat hanya perlu mengakses melalui website.
Promotion Media sosial akan menjadi fokus utama dalam memasarkan produk. Kami akan memanfaatkan momentum ini untuk memasuki pasar sasaran kami lebih cepat dan tepat sasaran. Hal ini didukung oleh data Indonesia yang menduduki peringkat ke 9 dengan rata-rata 3 jam 19 menit dalam daftar negara yang memiliki rata-rata masyarakat mengahiskan waktu di sosial media setiap harinya.

Itulah saja artikel yang bisa kami bagikan pada kalian tentang adanya contoh pemasaran Strategi 4P (Price, Product, Place, Promotion) dalam proposal usaha makanan, minuman, jasa, dan industri kreatif. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi semuanya yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.