Contoh Esai Tajuk

Diposting pada

Contoh Esai Tajuk

Salah satu bentuk karya tulis ilmiah adalah esai. Dimana ciri essay ini merupakan serangkaian bentuk tulisan yang memuat argumentasi penalaran keilmuan serta dikomunikasikan melalui bahasa yang baku dengan sistematis, metodis, dan sintesis analitis. Bentuk esai pun beragam, salah satu diantaranya esai tajuk.

Esai tajuk menjadi bahasan yang cukup menarik lantaran berbentuk rencana kemudian dibuat dengan mempergunakan tanggapan kritis. Biasanya pembuatan essay ini dapat dengan mudah ditemukan dalam majalah, koran, ataupun surat kabar.

Esai Tajuk

Pengertian esai tajuk adalah karya ilmiah yang ditulis dengan memberikan penggambaran terkait dengan paradigma dan sikap seorang penulis dengan ditampilkan pada media massa online mapupun offline terhadap topik dan isu yang telah berkembang di tengah-tengah kehidupan masyarakat.

Dalam hal ini misalnya saja adanya keginan seorang penulis untuk menganalis kajian tentang Indonesia Emas 2045. Yang memang akhir-akhir ini merabak dalam tingkatan pendidikan. Apakah topik Indonesia emas benar-benar memberikan optimisme ataupun sebaliknya.

 Contoh Esai Tajuk

Sebagai penjelasan yang lebih mendalam. Untuk konteks dalam penulisan esai tajuk yang bisa dibuat, khususnya melalui tanggapan kritis. Misalnya saja;

Penulisan Esai Tajuk

Kontribusi Pemuda Untuk Mencapai Indonesia Emas 2045 dalam Peningkatan Produk Lokal Berdaya Saing Global

Pemuda, sebuah kata yang sudah tidak asing lagi bagi kita selaku masyarakat bangsa Indonesia. Karena pemudalah yang bisa mengubah suatu negeri Indonesia ini dari negeri jajahan menjadi sebuah negeri yang merdeka dan makmur, dan karena pemudalah yang bisa mengubah dunia.

Bung Karno pun pernah berkata bahwasannya seribu orang tua hanya dapat bermimpi, sedangkan satu orang pemuda dapat mengubah dunia. Keadaan dan aktivitas pemuda sangatlah memiliki peran yang banyak berpengaruh terhadap keadaan lingkungan, alam, ekonomi, sosial dan sistem kemasyarakatan tentunya. Dengan kata lain, keadaan lingkungan, alam, ekonomi, sosial dan sistem kemasyarakatan bisa tergantung pada keadaan dan aktivitas para pemudanya.

Oleh karena itu, pemuda memegang peran dan tanggungjawab yang sangat besar dalam kehidupan ini terutama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pemuda merupakan bagian terpenting dari masyarakat yang produktif, oleh sebab itu para pemuda dijadikan pemeran penting dalam mengurus dan menjalankan sebuah kelangsungan kehidupan di dalam masyarakat disaat mereka yang sudah tua dan yang masih anak-anak memiliki kemampuan yang terbatas dalam mengurus komponen kelangsungan kehidupan masyarakat.

Dalam hal ini berarti pemuda dituntut untuk memiliki kemampuan dan keterampilan. Selain itu, pemuda juga harus memiliki moral dan kelakuan yang baik serta memiliki kesadaran dan rasa tanggungjawab yang tinggi untuk mengelola komponen-komponen kelangsungan kehidupan dalam masyarakat, terutama dalam bidang ekonomi dan sosial.

Sehingga pemuda pun dapat berkontribusi dan memajukan negara ini agar bisa bersaing dengan negara lainnya, terutama di bidang sosial, dan perekonomian agar bisa besaing di dunia global yang semakin ketat.
Akhir-akhir ini sering sekali banyak pembicaraan mengenai ide pembangunan Indonesia generasi emas, yaitu membangun generasi emas yang dimana adalah sebuah konsep penerapan untuk menyiapkan suatu generasi penerus bangsa Indonesia pada 100 tahun emas Indonesia merdeka antrara tahun 1945 sampai tahun 2045.

Namun masih sangatlah di sayangkan karena ini masih berbentuk opini yang dimana belum terdapat kerja atau karya nyata untuk membuktikan akan adanya Indonesia emas pada tahun 2045 nanti. Sudah banyak seminar maupun workshop yang membahas tentang Indonesia emas ini, namun hanya saja masih kurang di implementasikan dalam kehidupan nyata ini.

Namun perlu diketahui lagi bahwasannya ini semua berasal dari pemuda, yang dimana pemudalah yang memegang peran penting dalam menuju Indonesia emas itu sendiri. Kalau kita sedikit melihat kebelakang lagi sejarah yang pernah ada pada tahun 1998 yang dimana kekuasaan Soeharto dapat digulingkan dari jabatanya, dan lagi-lagi itu karena adanya semangat pemudanya yang ingin negara Indonesia ini bisa bebas dari kedzhaliman yang ada pada tahun itu.

Dari sejarah tadi kita dapat melihat betapa semangatnya para pemuda saat itu yang menginginkan agar Indonesia bisa menjadi lebih baik lagi. Tapi kalau kita lihat pemuda pada masa kini yang dimana mereka hanya sibuk dengan urusan smartphonenya masing-masing dan terjebak dalam sifat individualisnya yang telah tertanam kuat pada pikiran mereka.

Adapun salah satu cara yang dapat dilakukan oleh pemuda dalam ketatnya persaingan di dunia global adalah dengan peningkatan produk-produk lokal sehingga bisa bersaing dengan produk-produk yang bukan berasal dari lokal. Tapi masih sangat disayangkan pemuda sekarang masihlah bersifat malas dan enggan utuk membeli produk lokalnya sendiri sehingga ini membuat produk lokal tersebut kalah bersaing dengan produk yang berasal dari luar negeri, padahal kalau dilihat lagi bahwasanya produk lokal tidak kalah bagusnya dengan produk luar negeri pada umumnya.

Sehingga ini yang menjadi tugas bagi pemerintah agar bagaimana pun caranya supaya produk lokal di Indonesia ini sendiri bisa bersaing dengan produk-produk impor yang telah menjamur di negeri ini. Padahal peningkatan kualitas produk bagi setiap negara memiliki dampak yang baik dan positif bagi negara itu sendiri, dan hal utama yang berdampak bagi negara yang bisa meningkatkan produk lokalnya adalah mampu untuk mendapatkan sejumlah keuntungan yang bahkan lebih dari kata cukup dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Oleh karena itu kontribusi pemuda dan peran pemerintah dalam menggapai sebuah impian agar tercapainya Indonesia emas pada tahun 2045 ini haruslah bisa berjalan dengan selaras agar tidak terjadinya ketimpangan sosial yang terjadi antara para pemuda dengan pemerintah yang mampu menghambat proses tercapainya Indonesia emas 2045, terutama dalam upaya peningkatan produksi lokal agar mampu bersaing dengan produk luar negeri dalam ketatnya daya saing di dunia global saat ini, sehingga negara Indonesia mampu untuk menunjukkan bahwa produk Indonesia tidaklah kalah bagusnya dibanding produk non lokal lainnya yang telah banyak beredar di negeri ini baik itu dari segi kualitas maupun segi kuantitasnya.

Maka dari itu kita sebagai pemuda haruslah bisa berkontribusi dan bangkit dari sifat kemalas-malasan dan sifat individualisme yang telah menjamur dipikiran pemuda-pemudi bangsa ini agar kita bisa mewujudkan suatu impian besar bangsa Indonesia ini yaitu Indonesia emas 2045 yang dimana impian ini tidak hanya menjadi sebuah khayalan atau impian belaka yanga tak memiliki arti karena kurangnya implementasi dan kepekaan dalam kehidupan sehari-hari pemuda.

Kita pun sebagai pemuda haruslah bisa membuat impian Indonesia emas ini menjadi sebuah karya nyata yang benar-benar bisa terwujud dan terlaksanakan, sehingga kita bisa membuktikan bahwasannya pemuda mampu untuk mengubah negeri ini bisa lebih baik lagi dari sebelumnya dan mampu membuat negeri ini dari keterpurukan yang kian hari semakin parah terutama di bidang perekonomiannya.

Sebagaimana semangat perjuangan para pemuda zaman dahulu yang menginginkan sebuah kemerdekaan, mereka melakukannya dengan suatu kerja ataupun karya nyata melalui perjuangannya sehingga Indonesia pun pada saat itu mampu mencapai atau meraih kemerdekaannya. Dan perlu diingat lagi bahwasannya itu merupakan gerakan-gerakan para pemudanya yang memiliki jiwa semangat yang luar biasa.

Oleh karena itu kita sebagai pemuda yang sudah bisa menikmati kemerdekaan tanpa harus seperti pemuda zaman dahulu yang rela berkorban nyawanya hanya demi kerdekaan harusnya bisa membuat Indonesia ini bisa lebih bersinar lagi di mata dunia, terutama dibidang peningkatan produk lokalnya agar mampu bersaing dengan produk non lokal yang bisa dibilang produknya lebih baik dibanding produk lokal sehingga produk lokal pun memiliki daya tarik yang sedikit.

Namun perlu diingat bahwasanya peran pemerintah pun disini juga sangat menentukan nasib akan tercapai atau tidaknya impian Indonesia emas 2045 ini, dan kita sebagai pemuda sangatlah dipacu agar bisa berpikir kreatif dan mampu berkontribusi agar mampu membuat produk lokal negeri ini bisa bersaing di saat semakin ketatnya daya saing global pada saat ini sehingga negara Indonesia mampu meningkatkan kualitas produknya sehingga memiliki dampak yang baik dan positif demi kesejahteraan masyarakatnya.

Dari penjelasan terkait esai tajuk berdasarkan contohnya yang telah disebutkan. Setidaknya perlu dipahami bahwa teks dalam penyelesaian struktur essay ini memiliki bagian-bagian penting. Antara lain;

  1. Pendahuluan essai, bagian dalam yang berisi latar belakang informasi tentang Indonesia Emas beserta tanggapan dari para tokoh
  2. Isi essay, bagian isi bisa dikatakan sebagai tubuh esai yang menyajikan seluruh informasi Indonesia Emas 2045 beserta dengan kajiannya
  3. Penutup esai, pada bagian ini adalah akhir yang berisi kesimpulan dan harapan atas tulisan yang dibuat.

Itulah saja artikel yang bisa kami kemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh esai tajuk dan kajian lengkapnya. Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *