Contoh Esai Paparan

Diposting pada

Contoh Esai Paparan

Esai pada dasarnya merupakan serangkaian karya tulis ilmiah yang dibuat dari kajian atas hasil penelitian berupa literatur atau pemikiran yang telah dikemukakan oleh para ahli. Prihal inilah kemudian tulisan dibuat untuk memberikan pemaparan kepada khalayak umum terkait topik tertentu.

Disisi lain, dari berbagai jenis esai setidaknya yang lazim dikenal para akdemisi adalah esai paparan. Esai ini bisanya ditulis secara singkat dan jelas untuk memberikan informasi tertentu kepada para pembacanya.

Esai Paparan

Pengertian esai paparan yang dikenal dalam Bahasa Inggris exposisive essay adalah karya ilmiah yang dibuat untuk menjelaskan secara rinci kepada khalayak umum sebagai bahan informasi tanpa memberikan opini yang dinilai berdampak pada argumentatif.

Contoh Esai Paparan

Sebagai penjelasan yang lebih mendalam. Selanjutnya kami akan memberikan uraian tentang adanya contoh kepenulisan untuk essai paparan. Misalnya saja;

Esai Paparan

 Memahami Fungsi Sistem Pencernaan pada Ikan

Ikan merupakan hewan yang hidup di ekosistem perairan. Ikan adalah kelompok hewan vertebrata dengan sistem pencernaan berupa saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. Untuk mengetahui fungsi dari sistem pencernaan pada ikan, penjelasan berikut akan merangkum saluran dan kelenjar pencernaan yang ada pada ikan.

  1. Saluran Pencernaan

Saluran pencernaan pada ikan terdiri dari mulut sebagai bagian pertama. Makanan akan masuk ke bagian mulut dan diolah dengan bantuan gigi dan lidah yang ada di dalamnya. Rongga mulut pada ikan berhubungan langsung dengan faring (lubang pencernaan).

Saluran yang kedua adalah faring. Faring berfungsi menyaring makananan dengan cara memilah melalui indera pengecap makanan. Selanjutnya esofagus, terdapat banyak lendir yang membantu proses pencernaan makanan pada esofagus.

Saluran pencernaan yang ada setelah esofagus yaitu lambung. Lambung berukuran lebih besar dari pada organ lainnya. Seperti pada kebanyakan hewan, lambung berfungsi untuk menampung makanan, oleh karena itu ukurannya cukup besar.

Sebagai penyimpan makanan, lambung dilengkapi oleh pelindung dinding yang terdiri dari sel-sel mukus. Pencernaan yang terjadi pada lambung ikan adalah pencernaan kimiawi. Terdapat anatomi lambung khusus pada ikan pemakan tumbuhan, yaitu gizard yang berfungsi untuk menggerus makanan.

Di bawah lambung terdapat saluran penghubung antara lambung dengan usus pada ikan yang dinamakan pilorus. Pilorus berbentuk segmen yang ukurannya kecil dan bentuknya sangat mencolok.

Setelah melewati pilorus, makanan diteruskan ke usus (intestinum). Usus adalah organ terpanjang pada ikan, penyerapan makanan terjadi pada bagian ini. Setelah makanan diserap di usus, selanjutnya makanan akan bermuara ke anus dan dikeluarkan dari dalam tubuh.

  1. Kelenjar Pencernaan

Kelenjar pencernaan pada ikan terdiri dari hati dan pankreas. Kelenjar pencernaan berfungsi menghasilkan enzim yang akan digunakan pada proses pencernaan. Enzim pencernaan yang dihasilkan kelenjar akan membantu menghancurkan makanan.

Enzim yang dihasilkan pada setiap jenis ikan berbeda-beda. Enzim-enzim akan memecah molekul protein pada ikan buas dan memecah karbohidrat pada ikan vegetarian yang berasal dari makanan yang dimakan oleh ikan. Hati memiliki fungsi sekresi zat-zat yang dibutuhkan dalam proses pencernaan. Hati menghasilkan cairan empedu. Selain itu fungsi lain dari hati adalah sebagai tempat metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak.

Kelenjar kedua adalah pankreas. Pankreas juga berfungsi dalam sekresi enzim untuk membantu proses pencernaan. Pankreas berlokasi di dekat usus ikan, oleh karena itu pankreas juga memiliki peran membantu proses pencernaan pada usus sebelum makanan diteruskan ke bagian anus dan dikeluarkan dari dalam tubuh.

Dari penjelasan yang dikemukakan, setidaknya perlu diketahui bahwa oembuatan dalam penulisan untuk esai paparan ini sejatinya memiliki beberapa manfaat. Yaitu;

  1. Memberikan pengalaman serta berbagi kepada orang lain mengenai informasi tertentu, dalam hal ini informasi terkait dengan manfaat sistem pencernaan pada ikan.
  2. Mengembangkan gagasan-gagasan baru dari berbagai sudut pandang yang berbeda
  3. Bisa menjadi sebuah penengah mengenai perbedaan pendapat yang ada di masyarakat
  4. Sebagai bahan pertimbangan dalam diskusi dan berpendapat
  5. Sebagai alat ukur diri dalam bidang kepenulisan, khususnya menjelaskan indentitas diri dalam kepakaran

Nah, itulah tadi tulisan yang bisa kami selesaikan pada semua pembaca berkenaan dengan contoh pembuatan esai paparan. Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *