Contoh Esai Bagian Pendahuluan dan Cara Menulisnya

Diposting pada

Pendahuluan Esai

Pada hekekatnya dalam setiap kepenulisan esai sebagai kupasan suatu ciptaan karya tulis ilmiah memuat rumusan masalah pendapat, dan ideologi. Kupasan essay tersebut didasari oleh pandangan penulis dan diutarakan secara terstruktur.

Dari awal sampai akhir, struktur kepenulisan essay yang baik setidanya ada tiga bagian, yaitu pendahuluan, isi, dan penutup.

Esai

Esai adalah jenis tulisan akademik yang diajarkan pada setiap siswa untuk menulis sedini mungkin di sekolah. Tulisan ini kerapkali menjadi tulisan opini (tidak dalam semua kasus), esai biasanya terdiri dari tiga bagian, yaitu;

  1. Pendahuluan
  2. Badan Isi
  3. Kesimpulan

Pendahuluan Esai

Pendahuluan kepenulisan essay akan senantiasa membahas topik dan tema dalam keseluruhan esai. Unsur yang terdapat dalam pendahuluan adalah latar belakang tulisan tersebut dibuat dan pendapat pribadi penulis secara singkat. Oleh karena itulah pendahuluan menjadi pengantar untuk setiap pembaca mudah memahami topik dalam tulisan esai.

Contoh Pendahuluan Esai

Agar lebih mudah memberikan pemahaman tentang kepenulisan dalam pendahuluan esai ini setidaknya ada beberapa contoh yang bisa dibuat oleh segenap pembaca. Antara lain;

  1. Essay Pendidikan

Mengangkat essay dalam rumusan masalah untuk pendidikan di Indonesia menjadi sangat lazim untuk dipahami setiap pembaca. Apalagi terkait pemerataan pendidikan bagi setiap daerah berbeda. Oleh karena itulah bagian pendahuluan essay yang bisa dicontohkan.

Pendahuluan Esai Pendidikan

Didalam mencapai dan memantapkan karakter bangsa menuju Indonesia emas 2045, seorang pemuda harus mempunyai strategi yang jitu dalam pembelajaran kearifan lokal untuk membentuk generasi yang unggul dan mandiri.

Lantas nilai-nilai apa sajakah yang harus dimiliki oleh generasi 2045? dapat diwujudkan melalui sikap antara lain: cinta kepada Allah Swt. dan alam semesta beserta isinya; tanggung jawab; disiplin; mandiri; jujur; hormat; santun; kasih sayang; peduli; kerja sama; percaya diri; kreatif; kerja keras; pantang menyerah; keadilan;baik dan rendah hati; toleran; cinta damai; dan persatuan.timbul sebuah pertanyaan kembali,apakah generasi sekarang sudah berada pada nilai-nilai tersebut.? Jawabannya muncul apabila bangsa ini sudah mulai ada perubahan yang signifikan, pemuda yang unggul dan mandiri harus keluar dari zona nyaman mereka, karena dengan itu bangsa ini akan bisa mencapai Indonesia emas tahun 2045.

Karena Generasi 2045 merupakan generasi yang jauh dari perilaku amoral, destruktif, anarkis, dan korup, serta sangat dekat dengan perilaku cerdas spiritual, emosional, intelektual, dan sosial sehingga dalam hal ini diperlukan keterbukaan pemanfaatan kemajuan TIK.

Tidaknya bukan hanya melalui TIK, namun kondisi ini diharapkan mampu bersaing dengan MEA kita perlu siap siaga tanggap dalam berkontribusi membentuk generasi yang unggul dan  mandiri,dan Arus globalisasi yang tidak dapat dibendung, senantiasa menuntut ruang gerak yang dinamis dalam segala aspek kehidupan.

Identifikasi Topik Bahasan

  1. Kiat-kiat apa saja yang perlu dilakukan oleh pemuda untuk mencapai Indonesia emas 2045 melalui pembelajaran berbasis kearifan lokal untuk membentuk generasi yang unggul dan mandiri.
  2. Yang harus dipersiapkan kemendikbud untuk mencapai generasi yang tanggap terhadap berbagai hal yang mempunyai tujuan dan bereksperimen dalam mencapai Indonesia emas 2045 .
  3. Strategi pembelajaran berbasis kearifan lokal untuk membentuk generasi yang unggul dan mandiri seperti apa yang harus dimiliki oleh pemuda Indonesia pada masa emas 2045.
  4. Apakah generasi bangsa ini sudah menunjukkan karakter pemuda yang unggul dan mandiri dalam mencapai Indonesia emas 2045.
  1. Essay Argumentatif Kepemudaan

Adapun untuk contoh kepenulisan essay selanjutnya berkaitan dengan dengan sikap argmentatif yang membahas tentang sisis kepemudaan terhadap kaitannya dengan penuntas rumusan masalah sosial di masyarakat. Baik dalam sis ekonomi, politik, dan lain sebagainya.

Pendahuluan Esai Argumentatif Kepemudaan

Dalam berbagai literatur sejarah dikisahkan bagaimana peran sentral pemuda dalam perjuangan membela bangsa, baik perjuangan fisik, gagasan (intelektual), diplomasi, organisasi sosial hingga politik. Peran melawan penjajah untuk mencapai kemerdekaan indonesia, misalnya adalah ladang bagi tumbuh suburnya heorisme pemuda bangsa indonesia.

Pemuda harus menyadari bahwa perubahan dan kebangkitan negeri ini menuju istana kejayaan hanya akan terjadi jika kekuatan pemuda dan rakyatnya bersatu padu, karena tanpa keterpaduan pemuda dan rakyatnya, maka pemuda sulit memberikan perubahan dan kebangkitan negeri untuk menuju istana kejayaan.

Kekuatan dan semangat rakyatlah yang dapat memberikan dukungan yang sangat penting bagi pemuda dan bangsa. Keterpaduan tersebut akan memberikan efek positif manakala pemuda dan rakyatnya tidak tergoda dengan agenda pragmatis dan kepentingan sesaat.

Nilai-nilai luhur dan moralitas pemuda dan rakyatlah yang membuat perubahan bahkan kebangkitan negeri ini menjadi kenyataan. Namun bersatu padunya pemuda termasuk rakyat bukanlah suatu kenyataan yang mudah terjadi.

Menurut Taufiq Amrullah (2008) bersatu padunya elemen bangsa menyaratkan banyak hal, di antaranya, pertama, syarat dasar modal perjuangan harus terpenuhi, yakni terbebas dari kepentingan pribadi dan perilaku penyimpangan.

Kedua, adanya kesamaan agenda perjuangan secara umum dan derivasi agenda, misalnya: isu kemandirian bangsa, menolak dominasi asing, kepemimpinan bermoral serta berintegritas, reformasi hukum dan stabilitas pertahanan-ketahanan negara. Ketiga, terlepasnya unsur-unsur primordialisme sempit dalam perjuangan bersama.

Negara indonesia memiiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi negara digarda terdepan, karena jika dilihat dari Sumber Daya Alam (SDA) yang begitu melimpah dan beragam misalnya seperti emas, perak, dan lain-lainnya. Ini  sungguh karunia Allah yang luar biasa.

Sayangnya pendapatan per kapita Negara indonesia kira-kira Rp. 50.000.000, berbeda dengan beberapa negara lain yang tidak memiliki apapun, misalnya negara singapura pendapatan per kapitanya 1,2 miliar, dan juga masih banyak negara lain yang pendapatan negaranya jauh diatas negara indonesia.

Oleh sebab itu, bangsa Indonesia harus dapat memanfaatkan dan mengolah energi SDA-nya sendiri. Di sini yang menjadi titik kunci keberhasilan bangsa adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yaitu pemuda masa depan bangsa. Itulah sebabnya Kejayaan Indonesia yang emas, berada pada tangan-tangan pemuda bangsa Indonesia.

Pemuda adalah harapan bangsa Indonesia, pemuda memiliki peran bagi kebangkitan bangsa. Bangsa akan bangkit dan jaya ketika pemuda dalam suatu bangsa itu bangkit juga.

Menurut Imam Syahid Hasan Al-Banna, ada dua tipe pemuda jika dilihat dari keadaan atau kondisi negaranya yaitu: pertama, pemuda yang lahir disuatu Negara yang mana negaranya itu dalam keadaan atau kondisi yang tidak stabil (baik dari segi ekonomi, politik dan lain-lain).

Pemuda yang lahir dalam kondisi negara seperti ini, maka pemuda tersebut tidak akan tinggal diam melihat keadaan atau kondisi negaranya, pemuda tersebut akan bersikap sangat kritis dan berkontribusi keras dalam menanggapi persoalan-persoalan negaranya.

Kedua, pemuda yang lahir ketika negaranya dalam keadaan atau kondisi yang aman dan stabil. Berbeda dengan pemuda yang lahir dalam kondisi pertama tadi, pemuda ini tidak kritis dalam melihat kondisi bangsanya, pemuda ini hanya santai.

Mengapa? Karena kondisi negaranya sudah stabil, pemuda tersebut berpikir “buat apa berperan jika keadaan bangsa ini sudah stabil”. Maka dari ungkapan Hasan Al-banna dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwasanya keadaanlah yang melahirkan suatu kesadaran, bukan kesadaran yang melahirkan keadaan.

Jika kedua pernyataan ini kita bawa ke dalam realitas negara Indonesia saat ini, maka timbul pertanyaan berada pada kondisi manakah bangsa kita ini? Maka pasti kita semua setuju memilih jawaban pertama, kenapa? Karena jika dilihat dari segi ekonomi Negara belum stabil.

Hampir 100% Aset perusahaan tambang yang ada di negara ini dikuasai oleh negara asing, begitupun hutang negara Indonesia yang ada di Negara asing mencapai triliunan. Dan jika dilihat dari segi politik pula juga belum stabil, penyelewengan kekuasaan oleh resim-resim yang tidak bertanggung jawab,  korupsi merajalelah dan masih banyak tanda-tanda atau penyebab negara ini dikatakan belum stabil.

Jika pemuda ingin memberikan sumbangsi kepada bangsa Indonesia, maka jangan tunggu esok hari, dan mulailah berbenah detik ini juga, walaupun itu hanya hal kecil yang kita lakukan. Salah satunya bagaimana cara pemuda untuk mengambil peran dalam mewujudkan pemanfaatan energy terbarukan khususnya di pulau 3T (terdepan, terluar, tertinggal). Dari sub tema atau topik persoalan yang akan dibahas, ada beberapa rumusan masalah yang akan diuraikan, diantaranya:

  1. Bagaimana seharusnya pemuda berperan dalam mewujudkan kejayaan dan keemasan bangsa Indonesia tahun 2045?
  2. Apa peran pemuda untuk mewujudkan pemanfaatan energi terbarukan di pulau 3T?

Cara Membuat Bagian Pendahuluan Esai

Sebagai bahasan lebih lanjut untuk tips dalam menyelesaikan sekaligus membuat pendahuluan essay yang baik, antara lain;

  1. Menentukan Topik

Penenutuan topik dalam kepenulisan essay menjadi bagian yang tidak boleh terlewatkan. Topik ini berkaitan dengan minat yang telah seseorang geleuti dalam bidang studinya, baik untuk mahasiswa ataupun pelajar. Setelah penentuan topik ini diharapkan mampu menganalisis temuan terkait apa yang akan di bicarakan.

  1. Membuat Outline

Langkah setelanjutnya adalah membuat outline atau garis besar yang akan sampaikan dalam tulisan essay. Outline ini bisa dilakukan penyususunan atas rumusan masalah, topik yang diminati, data-data ditemukan, serta cara penyelesaiannya.

  1. Menulis Bagian Awal dengan Menarik

Pada tahapan ini dalam membuat pandahuluan essay yang menarik ialah membuat bagian awal dengan kalimat ergumentatif, bisa diawali dengan bercerita terkait masalah yang ditemukan sampai dengan menyampaikan landasan teori yang mendukung.

  1. Menyamapikan Data

Pada tahapan terakhir dalam membuat pendahuluan essay yang baik ialah dengan lebih banyak menyampaikan data data berbentuk numerik yang diperoleh dari berbagai temuan yang saat ini akases mendapatkannya sangat mudah, misalnya saja dengan langsung merujuk pada BPS atau portal berita yang relewan dengan tulisan yang akan diselesaikan.

Itulah tadi postingan yang memberikan penjelasan dan pembahasan secara lengkap kepada segenap pembaca. Berkenaan dengan contoh bagian pendahuluan esai dan cara menulisnya. Semoga bisa memberikan referensi bagi kalian yang membutuhkan.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *