10 Ciri Penelitian Komparatif dan Penjelasannya

Diposting pada

Ciri Penelitian Komparatif dan Penjelasannya

Penelitian komparatif pada dasarnya membandingkan dua kelompok dalam upaya untuk menarik kesimpulan tentang mereka. Para peneliti berusaha untuk mengidentifikasi dan menganalisis persamaan dan perbedaan antara kelompok, dan studi ini paling sering lintas nasional, membandingkan dua kelompok orang yang berbeda. Itulah yang menjadi salah satu pencici dari ciri peneltian komparatif.

Selain itu, dalam hasil penelitian komparatif dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman antara budaya dan masyarakat dan menciptakan landasan untuk kompromi dan kolaborasi, karena memang dalam definisi yang luas, penelitian komparasi digunakan ketika membandingkan dua kelompok orang, sering lintas nasional. Penelitian komparatif bisa berupa penelitian komparatif yang sifatnya kuantitatif dan kualitatif, yang tentunya memiliki metode atau langkah-langkah yang berbeda dalam pelaksanaannya.

Penelitian Komparatif

Secara sempit, penelitian komparatif adalah metode penelitian dalam ilmu sosial yang bertujuan untuk membuat perbandingan di berbagai negara atau budaya. Masalah utama dalam contoh penelitian komparatif adalah bahwa kumpulan data di berbagai negara dapat mendefinisikan kategori secara berbeda (misalnya dengan menggunakan definisi kemiskinan yang berbeda) atau mungkin tidak menggunakan kategori yang sama.

Penelitian komparatif dapat dilakukan dalam berbagai bentuk. Dua faktor utama adalah ruang dan waktu. Secara spasial, perbandingan lintas-nasional sejauh ini merupakan yang paling umum, meskipun perbandingan di dalam negara-negara, yang membedakan wilayah, budaya atau pemerintah yang berbeda, juga bertahan dan sangat konstruktif.

Penelitian komparatif historis melibatkan membandingkan kerangka waktu yang berbeda. Dua pilihan utama dalam model ini adalah membandingkan dua tahap dalam waktu (baik snapshot atau time-series), atau hanya membandingkan hal yang sama dari waktu ke waktu, untuk melihat apakah efek kebijakan berbeda selama rentang waktu.

Ciri Penelitian Komparatif

Berikut ini ciri-ciri penelitian komparatif, antara lain:

  1. Memiliki tradisi panjang sejak zaman Yunani Kuno

Pendekatan komparatif untuk studi masyarakat memiliki tradisi panjang sejak Yunani Kuno. Sejak abad kesembilan belas, filsuf, antropolog, ilmuwan politik dan sosiolog telah menggunakan perbandingan lintas budaya untuk mencapai berbagai tujuan.

  1. Digunakan ketika membandingkan dua kelompok orang, seringkali lintas nasional

Penelitian komparatif harus digunakan ketika membandingkan dua kelompok orang, sering lintas nasional. Studi-studi ini menganalisis persamaan dan perbedaan antara kedua kelompok ini dalam upaya untuk lebih memahami kedua kelompok.

Perbandingan menghasilkan wawasan baru dan pemahaman yang lebih baik dari semua peserta yang terlibat. Studi-studi ini juga membutuhkan kolaborasi, tim yang kuat, teknologi canggih dan akses ke database internasional, membuatnya lebih mahal. Gunakan desain penelitian komparatif ketika dana dan sumber daya yang diperlukan tersedia.

  1. Tidak dianjurkan untuk melakukannya ketika sedikit dana, akses terbatas ke teknologi yang diperlukan dan beberapa anggota tim

Jangan menggunakan desain penelitian komparatif dengan sedikit dana, akses terbatas ke teknologi yang diperlukan dan beberapa anggota tim. Karena skala yang lebih besar dari studi ini, mereka harus dilakukan hanya jika sampel populasi yang memadai tersedia.

Selain itu, teknik analisis data dalam studi ini memerlukan analisis pengukuran yang luas; jika sumber daya organisasi dan teknologi yang diperlukan tidak tersedia, studi banding tidak boleh digunakan. Jangan menggunakan desain komparatif jika data tidak dapat diukur secara akurat dan dianalisis dengan kesetiaan dan validitas.

  1. Memiliki fungsi yang berbeda tergantung bidang ilmu yang menggunakannya

Bagi para peneliti yang mengadopsi perspektif normatif, komparasi berfungsi untuk menetapkan apakah fenomena bersama dapat dijelaskan oleh sebab yang sama. Bagi banyak sosiolog, komparasi telah memberikan kerangka kerja analitis untuk memeriksa (dan menjelaskan) perbedaan dan spesifisitas sosial dan budaya.

Baru-baru ini, karena penekanan yang lebih besar telah ditempatkan pada kontekstualisasi, komparasi lintas-nasional semakin menjadi sarana untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang masyarakat yang berbeda, struktur dan institusi mereka.

  1. Berbeda dengan studi non-komparatif untuk mencapai kesimpulan di luar kasus tunggal

Penelitian komparatif berbeda dari penelitian non-komparatif karena berupaya mencapai kesimpulan di luar kasus tunggal dan menjelaskan perbedaan dan persamaan antara objek analisis dan hubungan antara objek dengan latar belakang kondisi kontekstual mereka.

  1. Berbeda dengan penelitian lintas bats sederhana dalam hal sifatnya yang lebih hati-hati dalam mendefinisikan kasus yang diteliti

Yang membedakan penelitian komparatif dari jenis penelitian (internasional/transnasional) lintas batas yang sederhana adalah bahwa komparatif dengan hati-hati mendefinisikan batas-batas kasus mereka. Ini dapat dicapai dengan berbagai cara berdasarkan kualitas struktural, budaya, politik, teritorial, fungsional, atau temporal.

Dengan demikian, bukan hanya wilayah yang bisa dibandingkan. Yang mengatakan, jika wilayah dibandingkan, perbandingan dapat terjadi pada banyak tingkatan di atas dan di bawah negara-bangsa dan dapat memasukkan faktor sosial, budaya, dan fungsional yang relevan.

  1. Dalam konteks penelitian komparatif untuk komunikasi seringkali menggunakan faktor-faktor di tingkat makro-sosial sebagai variabel penjelas perbedaan

Penelitian komparatif memandu perhatian kita pada relevansi penjelasan dari lingkungan kontekstual untuk hasil komunikasi dan bertujuan untuk memahami bagaimana konteks sistemik membentuk fenomena komunikasi secara berbeda dalam pengaturan yang berbeda.

Penelitian ini didasarkan pada asumsi bahwa parameter yang berbeda dari sistem politik dan media secara berbeda mempromosikan atau membatasi peran komunikasi dan perilaku organisasi dan aktor dalam sistem tersebut.

Dengan demikian, komparatif sering menggunakan faktor-faktor di tingkat makro-sosial sebagai variabel penelitian penjelas untuk perbedaan yang ditemukan dalam fenomena komunikasi tingkat rendah yang tertanam dalam masyarakat.

  1. Teknik analisis data yang digunakan dapat beragam tergantung bentuk datanya

Terdapat berbagai macam teknik analisis data penelitian komparatif yaitu sebagai berikut:

  1. Jika datanya berbentuk nominal, maka teknik statistik yang digunakan yaitu binomial dan chi kuadrat satu sampel.
  2. Jika datanya berbentuk ordinal, maka teknik statistik yang digunakan yaitu run test.
  3. Jika datanya berbentuk interval atau ratio, maka teknik statistik yang digunakan yaitu tes satu sampel.

Selain beberapa karakteristik tersebut, seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa studi komparatif mengandung metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Berikut penjelasannya:

  1. Penelitian komparatif kuantitatif

Penelitian kuantitatif atau eksperimental, ditandai oleh manipulasi variabel independen untuk mengukur dan menjelaskan pengaruhnya terhadap variabel dependen. Karena studi penelitian komparatif menganalisis dua kelompok yang berbeda – yang mungkin memiliki konteks sosial yang sangat berbeda-sulit untuk menetapkan parameter penelitian.

Studi semacam itu mungkin berupaya membandingkan, misalnya, sejumlah besar data demografi atau pekerjaan dari negara yang berbeda yang mendefinisikan atau mengukur elemen penelitian yang relevan secara berbeda.

Namun, metode untuk analisis statistik data yang melekat dalam penelitian kuantitatif masih membantu dalam membangun korelasi dalam studi perbandingan. Juga, kebutuhan untuk pertanyaan penelitian spesifik dalam jenis penelitian kuantitatif membantu peneliti komparatif mempersempit dan membangun pertanyaan penelitian komparatif yang lebih spesifik.

  1. Penelitian komparatif kualitatif

Penelitian kualitatif atau noneksperimental, dicirikan oleh hasil pengamatan dan perekaman tanpa manipulasi. Dalam penelitian komparatif, data dikumpulkan terutama melalui observasi, dan tujuannya adalah untuk menentukan persamaan dan perbedaan yang terkait dengan situasi atau lingkungan tertentu dari kedua kelompok.

Persamaan dan perbedaan ini diidentifikasi melalui metode observasi kualitatif. Selain itu, beberapa peneliti lebih suka merancang studi perbandingan di sekitar berbagai studi kasus di mana individu diamati dan perilaku dicatat. Hasil dari setiap kasus kemudian dibandingkan di antara kelompok orang.

Itulah tadi uraian lengkap yang bisa kami bagikan pada semua pembaca. Bekenaan dengan ciri metode penelitian komparatif dan penjelasannya. Semoga bisa memberikan referensi, lietrasi, serta meningkatkan pengetahuan bagi semua kalangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *