Macam Teknik Analisis Data dalam Bidang Penelitian

Diposting pada

Jenis Teknik Analisis Data Penelitian

Pada saat seorang peneliti melakukan riset yang berdasarkan dengan permasalahan yang sedang terjadi di kehidupan sekitar, hal pertama yang ditentukan adalah membuat topik penelitian sebelum menentukan judul pada sebuah proposal penelitian. Judul penelitian harus berkesinambungan antara subjek, objek, variabel, serta lokasi penelitian.

Setelah menentukan judul hal pertama yang dilakukan oleh seorang peneliti adalah membuat bab 1 yang berisi latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, dan lain-lain. Terus dilanjutkan untuk penulisan bab 2 yang berisi kajian teori dan kerangka berpikir. Setelah itu masuk ke bab 3 yang berisi metodologi penelitian. Salah satu sub bab unsur metodologi penelitian adalah teknik analisis data yang diperoleh dari metode pengumpulan data.

Pada artikel kali ini akan membahas secara mendalam mengenai macam-macam teknik analisis data pada metodologi penelitian yang digunakan sorang peneliti untuk menyempurnakan penelitian yang telah dia buat.

Teknik Analisis Data

Teknik analisis data adalah metodologi pada penelitian yang dipergunakan untuk mengolah data yang diperoleh seorang peneliti di lapangan menjadi sebuah informasi yang dapat dijelaskan kepada para pembaca. Sehingga dalam konteksi ini hasil penelitian menjadi mudah dipahami.

Pada pengertian lain, diartikan bahwa suatu analisis data adalah kegiatan perubahan data hasil penelitian di lapangan dari suatu penelitian menjadi karakteristik data penelitian yang valid. Teknik pada metode pengumpulan data diperlukan untuk penarikan kesimpulan pada bab selanjutnya.

Macam Teknik Analisis Data

Adapun dalam proses pengumpulan data penelitian, dapat dianalisis menjadi berbagai jenis. Antara lain adalah sebagai berikut;

Analisis Data Kualitatif

Teknik analisis data kualitatif adalah teknik analisis data yang digunakan pada penelitian yang bersifat kualitatif. Arti dari penelitian kualitatif itu sendiri mengandung makna bahwa penelitian yang dilakukan kualitas deskripsinya harus jelas sesuai dengan hasil yang didapatkan di lapangan.

Analisis Data Kuantitatif

Teknik analisis data kuantitatif adalah teknik analisis data yang digunakan pada penelitian yang bersifat kuantitatif. Arti dari penelitian kuantitatif itu sendiri mengandung makna bahwa penelitian yang dilakukan harus berdasarkan rumus perhitungan yang berlaku pada jenis penelitian tersebut.

Teknik analisis data kuantitatif harus memperhatikan permasalahan pada setiap penelitian seperti indikator, variabel penelitian, komponen, dan lain-lain.

Analisis Data Taksonomik

Teknik analisis data taksonomik adalah teknik analisis data yang bertujuan memberikan domain pada setiap permasalahan suatu penelitian yang dijadikan sasaran (sampel) pada penelitian tersebut. Domain dalam teknik analisis data taksonomik disebut sebagai variabel.

Pada masing-masing variabel dibagi menjadi beberapa sub bab variabel agar pembahasan permasalahan semakin mendalam. Apabila pembagian beberapa sub bab variabel tersebut dirasa kurang rinci maka dapat membagi lagi sub bab tersebut menjadi sebuah deskripsi sub bab variabel hingga tidak mampu lagi untuk membaginya.

Seorang peneliti yang hendak membagi variabel tersebut menjadi sub variabel hingga deskripsi variabel memerlukan bahan referensi yang tepat sesuai dengan hipotesis pokok permasalahan yang hendak dikaji.

Teknik analisis data taksonomi tidak dapat digunakan pada semua jenis penelitian. Teknik analisis data ini biasanya digunakan untuk membantu suatu penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif yang menggunakan teknik analisis data taksonomi pun harus yang jenis penemlitian merupakan penggambaran suatu hal yang sedang terjadi dan permasalahannya merupakan sasaran utama dalam variabel penelitian.

Teknik analisis data taksonomi cara pengumpulan datanya adalah yang pertama peneliti harus melakukan pengamatan, setelah itu dilanjutkan dengan wawancara beberapa jumlah sampel, selanjutnya dilanjutkan dengan dokumentasi agar data yang sudah terkumpul tersebut dapat dioleh dengan mudah.

Adapun untuk serangkaian hasil penelitian yang sudah diolah menggunakan analisi data taksonomi bentuk penyajiannya melalui diagram garis, simpul, dan kotak.

Analisis Data Interaktif Miles & Hubermen

Teknik analisis data interaktif miles dan hubermen adalah teknik analisis data yang digunakan pada penelitian kualitatif. Teknik analisis data ini memiliki 3 alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.

Analisis Data Isi

Teknik analisis data isi digunakan sebagai teknik analisis data yang pada penelitian yang sumber datanya didapatkan dari media massa. Penemu teknik analisis data isi adalah Harold D. Lasswell. Unsur yang terdapat dalam teknik analisis data isi adalah teknik symbol coding, yaitu mendeskripsikan sebuah kode yang terdapat isi penjelasan di dalamnya.

Teknik analisis data isi dapat digunakan pada penelitian yang datanya diambil dari seluruh media massa seperti radio, televisi, koran, iklan, dan lain sebagainya. Selain hal tersebut, teknik analisis data isi juga cocok digunakan pada sebuah penelitian disiplin ilmu sosial.

Analisis Data Domain

Teknik analisis data domain adalah suatu teknik analisis data pada penelitian yang menggunakan gambaran dalam pengambilan sumber datanya. Penelitian yang menggunakan teknik analisis data domain memiliki objek penelitian yang relatif lebih dinamis.

Teknik analisis data domain cocok untuk seorang peneliti yang suka dalam hal eksplorasi secara mendalam. Dengan kegoatan eksplorasi tersebut maka hasil penelitian pada penarikan kesimpulan tidak memerlukan deskripsi yang panjang hanya sebuah gambaran-gambarannya saja.

Analisis Data Komparatif Konstan

Teknik analisis data komparatif konstan merupakan teknik analisis data yang biasanya seorang peneliti menggunakannya dalam perbandingan suatu permasalahan dalam penelitian sebelum dilakukan penelitian sampai dengan waktu setelah dilakukan penelitian.

Penemu dari teknik analisis data komparatif konstan ini adalah Berney G Galaser dan L Strouss. Kedua ahli penelitian tersebut memberikan penemuan mereka yang disebut teknik analisis data komparatif konstan karena mereka menjumpai permasalahan yang rumit di lapangan saat melakukan penelitian, yaitu kategori pada setiap permasalahan harus memadukan pada setiap kajian teori.

Analisis Data Deskriptif

Teknik analisis data deskriptif adalah teknik analisis data yang digunakan untuk kegiatan pengolahan data dengan cara memberikan deskripsi dan memberikan gambaran pada setiap sumber data penelitian yang telah dikumpulkan oleh seorang peneliti di lapangan. Teknik analisis data deskriptif biasanya digunakan dalam penelitian yang bersifat kualitatif.

Teknik analisis data penelitian deskriptif biasanya dianggap beberapa peneliti sebagai bentuk sebuah generalisasi atau sebuah penalaran. Dekripsi tidak bermaksud untuk memberikan generalisasi tetapi untuk penarik kesimpulan secara lebih mendalam.

Penyajian data teknik analisis data deskriptif biasanya disajikan dalam bentuk tabel, grafik, frekuensi, persentase, diagram, dan lain sebagainya.

Analisis Data Statistika

Teknik analisis data statistika adalah teknik analisis data yang igunakan dalam penelitian kuantitatif. Teknik analisis data statistika merupakan teknik analisis data yang mengolah data yang sudah dikumpulkan oleh seorang peneliti dengan cara memberikan deskripsi dalam bentuk analisa bilangan atau analisa angka.

Penarikan kesimpulan pada teknik analisis data statistic berdasarkan data yang valid karena data tersebut berbentuk angka.

Analisis Data Inferensial

Teknik analisis data inferensial adalah teknik analisis data yang digunakan untuk melakukan analisis data dengan tujuan penarikan kesimpulan dan berlaku untuk semua jenis penelitian. Teknik analisis data ini mempunyai karakteristik dengan rumus perhitungan tertentu yang tidak dimiliki oleh teknik analisis data yang lain. Teknik analisis data inferensial biasanya digunakan pada penelitian kuantitatif.

Sumber data yang sudah didapatkan oleh seorang peneliti selanjutnya dimasukan ke dalam teknik analisis data inferensial yang nantinya ditambahkan generalisasi deskripsi agar penarikan kesimpulan dari sebuah penelitian terlihat lebih menarik.

Teknik analisis data inferensial tidak dapat digunakan pada penelitia kualitatif. Hal ini dikarenakan dalam penelitian kualitatif deskripsinya sesuai dengan data di lapangan tanpa membutuhkan efek generalisasi di dalamnya.

Tujuan Teknik Analisis Data

Teknik analisis data memiliki tujuan yang baik. Antara lain maksud tujuan tersebut adalah sebagai berikut;

  1. Sebagai pengolahan data agar hasil penelitian mudah dipahami.
  2. Sebuah penelitian memerlukan teknik analisis data karena tanpa analisis data hasil penelitian tidak akan bisa dibaca secara jelas.
  3. Teknik analisis data memiliki dasar dari hipotesis penelitian dalam sebuah permasalahan.

Atas dasar penjelasan diataslah macam dan manfaat dari teknik analisis data sejatinya senantiasanya dapat memberikan kemudahan untuk para peneliti agar data yang hendak diolah menjadi terpadu dan mudah dipahami.

Demikianlah artikel yang dapat kami bagikan secara lengkap terkait dengan macam-macam teknik analisis data penelitian dan tujuannya secara umum. Semoga melalui tulisan ini memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *