Pengertian Penelitian Induktif, Ciri, Metode, dan Contohnya

Diposting pada

Pendekatan Induktif Adalah

Penelitian induktif menjadi salah satu pendekatan dalam arti penelitian yang senantisa dilakukan dengan menerapkan cara berpikir dari sesuatu rumusan masalah yang khusus mengarah ke umum. Atas dasar inilah metode penelitian yang dipergunakan dalam pendekatan induktif dianggap sebagai generalisasi.

Disisi lain, untuk penelitian induktif biasanya dilakukan ketika ada sedikit atau tidak ada literatur tentang suatu topik penelitian sehingga dalam hal ini tidak ditemukan landasan teori untuk diuji. Alasannya karena keterbatasan dalam penerapan pendekatan induktif yaitu kesimpulan yang diambil atas dasar metode induktif tidak pernah dapat dibuktikan, tetapi dapat dibatalkan.

Penelitian Induktif

Istilah yang menggambarakan dalam penelitian induktif senantisanya berhubungan dengan penelitian deduktif. Tetapi untuk perbedaan utama antara penalaran induktif dan deduktif adalah bahwa penalaran induktif bertujuan untuk mengembangkan teori, sedangkan untuk penalaran deduktif sendiri bertujuan menguji teori yang ada.

Kedua metode dalam pendekatan tersebut digunakan dalam berbagai jenis penelitian skripsi, tesis, atapun desertasi dan tidak jarang menggabungkan keduanya dalam satu studi besar.

Pengertian Penelitian Induktif

Penelitian induktif adalah metodologi penelitian yang dilakukan dengan menerapkan pendekatan atau penalaran dengan langkah berpikir yang bergerak dari pengamatan spesifik ke generalisasi dan teori yang lebih luas, sehingga secara informal pendekatan dalam riset ini disebut sebagai pendekatan bottom up, yakni dari bawah ke atas.

Pengertian Penelitian Induktif Menurut Para Ahli

Adapun definisi penelitian induktif menurut para ahli, antara lain;

  1. Erliana Hasan, Penelitian induktif adalah riset yang mengedepankan fakta atas permasalahan sosial yang kemudian dilakukan analisis secara mendalam melalui pertanyaan. Hingga akhirnya mampu melahirkan teori yang dianggap sesuai dengan pernyataan hingga kesimpulan.
  2. Surajiyo (2006), Pengertian penelitian induktif adalah jenis metode penelitian dalam bentuk penalaran yang mampu mengambil proposisi ke permasalahan khusus menjadi pembahasan umum
  3. Santrock (2010), Definisi penelitian induktif adalah metode penalaran yang berangkat dari masalah khusus ke umum

Ciri Penelitian Induktif

Berikut ini beberapa hal yang menjadi karakteristik dalam pendekatan induktif, diantaranya;

  1. Pendekatan induktif atau penalaran induktif, dimulai dengan observasi dan teori yang diajukan menjelang akhir proses penelitian sebagai hasil observasi.
  2. Penelitian induktif melibatkan pencarian pola dari observasi dan pengembangan penjelasan (explanation) atau teori melalui serangkaian hipotesis penelitian.
  3. Tidak ada teori atau hipotesis yang akan diterapkan dalam studi induktif di awal penelitian dan peneliti bebas untuk mengubah arah penelitian setelah proses penelitian dimulai.
  4. Penting untuk ditekankan bahwa pendekatan induktif tidak berarti mengabaikan teori ketika merumuskan pertanyaan dan tujuan penelitian. Pendekatan ini bertujuan untuk menghasilkan makna dari kumpulan data yang dikumpulkan untuk mengidentifikasi pola dan hubungan untuk membangun teori. Namun pendekatan induktif tidak menghalangi peneliti untuk menggunakan teori yang ada untuk merumuskan pertanyaan penelitian yang akan dieksplorasi.
  5. Penalaran induktif didasarkan pada belajar dari pengalaman. Pola, kemiripan dan keteraturan dalam pengalaman (premis) diamati untuk mencapai kesimpulan (atau untuk menghasilkan teori).

Metode Penelitian Induktif

Dalam menerapkan pendekatan atau penalaran induktif dalam penelitian, metode atau tahapan yang dilakukan terdiri atas:

  1. Observasi

Misalnya saja untuk kasus;

  1. Penerbangan maskapai bertarif rendah ditunda
  2. Anjing A dan B memiliki kutu
  3. Keberadaan gajah bergantung pada air
  1. Mengamati polanya

Contohnya saja seperti;

  1. 20 penerbangan lainnya dari maskapai bertarif rendah ditunda
  2. Semua anjing yang diamati memiliki kutu
  3. Keberadaan semua hewan yang diamati bergantung pada air
  1. Mengembangkan teori

Misalnya saja;

  1. Maskapai berbiaya rendah selalu mengalami penundaan
  2. Semua anjing memiliki kutu
  3. Semua kehidupan biologis bergantung pada air

Contoh Penelitian Induktif

Ada untuk contoh metode dalam penelitian induktif, misalnya saja;

  1. Studi Kasus

Studi Katherine Allen, Christine Kaestle, dan Abbie Goldberg (2011) tentang bagaimana anak laki-laki (boys) dan pria muda (young men) belajar tentang menstruasi.

Untuk memahami proses belajar itu, Allen dan rekan-rekannya menganalisis narasi tertulis dari 23 pria muda di mana para pria tersebut menggambarkan bagaimana mereka belajar tentang menstruasi, apa yang mereka pikirkan saat pertama kali mempelajarinya, dan apa yang mereka pikirkan tentang hal tersebut sekarang.

Dengan mencari pola di 23 narasi laki-laki, para peneliti dapat mengembangkan teori umum tentang bagaimana anak laki-laki dan laki-laki muda belajar tentang aspek biologi anak perempuan (girls) dan wanita (women).

Peneliti menyimpulkan bahwa saudara perempuan memainkan peran penting dalam pemahaman awal anak laki-laki tentang menstruasi, bahwa menstruasi membuat anak laki-laki merasa agak terpisah dari anak perempuan, dan ketika mereka memasuki masa dewasa muda dan membentuk hubungan romantis, pria muda mengembangkan sikap yang lebih dewasa tentang menstruasi.

Perhatikan bagaimana studi yang dilakukan oleh Allen dan rekan-rekannya tersebut dimulai dengan data, yaitu berupa narasi pria tentang pembelajaran menstruasi, kemudian Allen dkk mencoba untuk mencoba mengembangkan teori.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa penalaran induktif merupakan salah satu riset yang dimulai dengan pengamatan dan pengukuran khusus, mulai mendeteksi pola dan keteraturan, merumuskan beberapa hipotesis tentatif yang dapat kita eksplorasi, dan akhirnya mengembangkan beberapa kesimpulan atau teori umum.

Sehingga metode ini sendiri bisa diterapkan dalam penelitian kualitatif yang memang kerapkali melakukan pendekatan terkait masalah-masalah sosial tertentu.

Itulah tadi artikel yang bisa dijelaskan pada semua pembaca berkenaan dengan pengertian penelitian induktif menurut para ahli, ciri, metode, dan contohnya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *