Contoh Skala Guttman dalam Penelitian

Diposting pada

Skala Guttman

Skala guttman dan skala likert merupakan salah satu bentuk skala data yang kerpakali dipergunakan dalam setiap arti penelitian ilmiah, khususnya yang mempergunakan metode penelitian kuantitatif. Seperti halnya dengan skripsi, tesis, desertasi, dan lainnya.

Tetapi yang pasti, dalam penggunaan skala guttman untuk jumlah katagori setiap pengukuran tidak mengikat sehingga dibuat 5, 7 atau bahkan 3 kategori dengan ukuran pemusatan data memiliki skor tertinggi 1 dan skor terendah 0.

Skala Guttman

Skala guttman adalah metode analisis data menginginkan tipe jawaban benar-benar tegas. Seperti halnya dengan jawaban benar atau salah, ya atau tidak, pernah atu tidak pernah, positif atau negatif, tinggi atau rendah, baik atau buruk, dan seterusnya. Sehingga pada skala guttman ini hanya ada dua interval, yaitu setuju dan tidak setuju.

Contoh Skala Guttman

Dalam upaya memberikan penjelasan sekaligus penggambaran lebih. Berikut ini merupakan contoh daripada penggunaan skala guttman. Misalnya saja;

  1. Penelitian

Prihal ini jika si peneliti ingin mengumpulkan jenis data penelitian tentang kebutuhan mahasiswa, maka terlebih dahulu ditentukan 4 macam kebutuhan yaitu seperti halnya berteman, belajar, rekreasi dan istirahat, dimana salah satu dimensi dari keempat dimensi tadi akan dibagi menjadi 5 pernyataan dalam kuesioner.

Maka Skala Guttman akan menggunakan kelima pernyataan tersebut sebagai item:

1 Apakah dengan belajar akan terpenuhi kebutuhan anda dalam mencari ilmu? (Ya/Tidak)
2 Apakah dengan belajar akan terpenuhi kebutuhan anda dalam melanjutkan pendidikan? (Ya/Tidak)
3 Apakah dengan belajar akan terpenuhi kebutuhan anda dalam mendapatkan gelar? (Ya/Tidak)
4 Apakah dengan belajar akan terpenuhi kebutuhan anda dalam mendapatkan ijazah? (Ya/Tidak)
5 Apakah dengan belajar akan terpenuhi kebutuhan anda dalam memenuhi syarat mencari kerja ? (Ya/Tidak)
6 Apakah dengan belajar ada akan cepat menikah? (Ya/Tidak)
7 Apakah dengan belajar anda akan bahagia? (Ya/Tidak)

Dari penjelasan terkait dengan contoh yang disebutkan. Maka dapatlah dikatakan bahwa teknik pembuatan atau penyusunan skala guttman adalah cara untuk mengubah fakta-fakta dalam penelitian kualitatif yang berupa atribut menjadi suatu urutan kuantitatif yang dilihat daripada variable. Sehingga dalam hal ini skala guttman dibuat guna memepermudah pengumpulan data dari data kualitatif yang cenderung sulit untuk diurutkan diubah menjadi bentuk data kuantitatif yang dapat dengan mudah diurutkan secara matematis.

Tetapi yang pasti, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mebuat atau menyusun skala, anatara lain:

  1. Dalam membuat skala, peneliti perlu mengasumsikan terdapatnya suatu kontinum yang nyata dari sifat-sifat tertentu
  2. Dalam membuat skala, item yang diukur biasanya berasal dari sampel
  3. Skala harus mempunya validitas
  4. Skala harus mempunyai reliabilitas

Nah, itulah saja artikel yang bisa dikemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan contoh penggunan skala guttman dalam penelitian ilmiah.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *