Perbedaan Kata pengantar dan Pendahuluan Beserta Contohnya

Diposting pada
Rate this post

Perbedaan Kata Pengantar dan Pendahuluan

Kata pengantar dan pendahuluan dalam setiap penulisan karya ilmiah pada dasarnya menjadi salah satu komponen penting. Alasannya melalui pembuatan kata pengantar dan pendahuluan itulah seseorang telah menuntaskan penjelasan terkait dengan latar belakang proposal penelitiannya dibuat.

Meski demikian, ada sisi lain terkait perbedaan yang signifikan antara pengantar dan pendahuluan. Dimana untuk pendahuluan salah satunya dibuat dalam bagian Bab 1 sedangkan untuk kata pengantar hanya sebagai pelengkap saja.

Kata Pengantar dan Pendahuluan

Kata pengantar yang juga dikenal dengan istilah preface atau proem ialah pengantar buku atau karya tulis ilmiah yang ditulis oleh penulis karya itu sendiri. Meski demikian, ada pula kata pengantar yang ditulis oleh orang yang berbeda, ini dinamakan foreword yang biasanya mendahului kata pengantar penulis.

Sedangkan pendahuluan adalah dasar untuk arti penelitian di hampir setiap bidang akademik, pendahuluan ini dalam ruang lingkup sempit dapat dimasukkan sebagai bagian dari artikel jurnal yang menyajikan penelitian baru sehingga berfungsi untuk menempatkan studi saat ini dalam tubuh literatur yang relevan dan untuk menyediakan konteks bagi pembaca.

Perbedaan Kata Pengantar dan Pendahuluan

Sedangkan untuk perbedaan antara pendahuluan dan kata pengantar. Antara lain;

Kata Pengantar Pendahuluan
Dijadikan sebagai pengantar di awal buku, makalah, esai, dan karya tulis ilmiah Pendahuluan yaitu peninjauan kembali pustaka-pustaka yang terkait (review of related literature).
Berisi tentang tujuannya secara umum, ucapan terima kasih kepada orang-orang yang membantu penulis, dan lain-lain. Pendahuluan mencakup pengetahuan terkini termasuk temuan substantif, serta kontribusi teoritis dan metodologis untuk topik penelitian tertentu.
Diluar BAB 1 Berada dalam BAB 1 yang juga berisi tentang tujuan penelitian dan manfaat penelitian sesuai dengan topik penelitian

Contoh Perbedaan Kata Pengantar dan Pendahuluan

Adapun untuk memberikan kelengkapan yang mendalam. Berikut ini adalah contoh penulisan kata pengantar dan pendahuluan;

Kata Pengantar

Puji syukur kepada Allah S.W.T yang memberikan kesehatan dan kekuatan sehingga penulis dapat menyelsaikan karya tulis ilmiah ini yang bertema dengan gulma.

Pendahuluan

Gulma merupakan suatu tumbuhan lain yang tumbuh pada lahan tanaman budidaya, tumbuhan yang tumbuh disekitar tanaman pokok (tanaman yang sengaja ditanam) atau semua tumbuhan yang tumbuh pada tempat (area) yang tidak diinginkan oleh manusia, kehadirannya juga dapat merugikan tanaman lain yang ada di dekat atau disekitar tanaman pokok tersebut.

Dalam contoh yang dibagikan tersebut sangatlah jelas pada subjek kata pengangat di luar pembahasan dalam inti pembuatan karya ilmiah. Sedangkan pendahuluan sudah memberikan keterangan secara lengkap terkait dengan riset atau topik yang diangkat.

Itulah saja artikel yang bisa diberikan pada semua kalangan berkenaan dengan adanya perbedaan yang ada di dalam kata pengantar dan pendahuluan beserta dengan contoh kepenulisannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *