Unsur dalam Kata Pengantar dan Penjelasannya

Diposting pada

Unsur Kata Pengantar

Kata pengantar pada dasarnya termasuk dalam bagian depan buku atau laporan penelitian yang bersumber dari tulisan yang telah dihasilkan. Oleh karena itulah kerapkali dalam kepenulisan kata pengantar ini menjadi penjang mengapa kita menulis buku, tentang apa, dan mengapa itu penting.

Meskipun demikian banyak buku tidak memerlukannya, terutama karya fiksi. Selain buku, kata pengantar biasanya juga ada pada karya tulis ilmiah. Misalnya dalam makalah ilmiah yang biasanya terdapat ucapan terimakasih terhadap pihak-pihak yang terkait dalam penyelesaian karya tulis tersebut. Meskipun terkesan mudah dalam membuat kata pengantar haruslah terdapat unsur-unsur yang menjadi pedoman agar semua yang dituliskannya menjadi jelas.

Kata Pengantar

Definisi kata pengantar adalah, “pengantar buku, biasanya menyatakan subjek, ruang lingkup, atau tujuannya“. Kata pengantar ini senantiasa ditulis oleh penulis, dan ini tentang buku yang menjelaskan bagaimana hal itu terjadi, apa yang mengilhami itu, seperti apa proses penulisan, dan lain-lain.

Kata pengantar adalah tempat bagi penulis untuk membahas situasi di sekitar buku mereka, pada dasarnya dan lebih sering digunakan dalam buku-buku nonfiksi. Seringkali, penulis akan menyimpulkannya dengan daftar ucapan terima kasih, terima kasih kepada editor, penerbit, atau orang-orang berpengaruh lainnya yang membantu menghidupkan buku tersebut.

Unsur dalam Pembuatan Kata Pengantar

Dalam menyusun kata pengantar, misalnya pada karya tulis ilmiah proposal penganjuan perizianan, dan lain sebaginya terdapat beberapa unsur yang penting untuk kita cantumkan, diantaranya yaitu:

  1. Ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa

Ucapan atas pembuatan karya tulis ilmiah ataupun laporan penelitian yang dihasilkan akan senantiasa berada di depan. Hal ini membuktikan pentingnya karya ilmiah yang telah dibuat untuk mengembalikan kebenaran kepada yang haq.

Adapun penulisan rasa syukur ini bisa dituliskan sebagai berikut;

Puji syukur kehadirat Allah SWT, kami panjatkan atas segala rahmat dan inayah-Nya sehingga dapat menyelesaikan Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an (KTIA) tentang “diisi dengan tema yang telah diangkat
  1. Penjelasan tentang adanya tugas penulisan karya ilmiah

Proses penyelesaikan dalam pembuatan kata pengantar tentusaja berhubungan erat dengan kepentingan yang dilakukan. Contoh penyusunannya;

Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an ini disusun guna memberikan sebuah penyeselaian atas permasalahan yang ada, dalam pemberian ASI dan gizi buruk pada seoarang anak.
  1. Penjelasan tentang pelaksanaan penulisan karya ilmiah

Pelaksanaan dalam pembuatan hasil penelitian biasanya dicantumkan dalam kata pengantar. Adapun untuk contohnya;

Pelaksanaan pembuatan Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an ini telah dibuat dan dilakukan pada kurun waktu 2 bulan, yaitu pada tanggal 02 Oktober 2020 sampai dengan 13 Desember 2020
  1. Penjelasan tentang bantuan, bimbingan dan arahan yang diperoleh penulis dari pihak-pihak yang dianggap membantu. Misalnya kepada seseorang, sekelompok orang atau organisasi/lembaga
Pembuatan dalam Pelaksanaan pembuatan Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an dibantu oleh beberapa pihak yang berkopenten dalam melakukan penelitian yang ditinjau dari segi agama
  1. Ucapan terima kasih kepada seseorang atau lembaga yang membantu

Untuk itu, rasa terima kasih yang dalam-dalamnya kami sampaikan kepada:

  1. Bagian Kemahasiswaan
  2. Dr…. sebagai dosen pembimbing yang merelakan waktu dalam kesibukannya untuk membimbing penyelesaikan Karya Tulis Al-Qur’an ini.
  3. Teman-teman yang ada didalam organisasi
  4. Orang tua dan keluarga yang selalu memberikan dukungan moril maupun materil kepada kami agar senantiasa menjadi generasi penerus bangsa yang membanggakan.
  1. Nama kota, tanggal, bulan, tahun dan nama lengkap penulis tanpa disertai tanda tangan

Bandarlampung, 03 Januari2021

Tim Penyusun

  1. Harapan penulis atas karangan atau tulisan yang telah dibuat
Akhir kata, semoga karya kami ini bermafaat bagi kami pada khususnya dan pembaca pada umumnya.
  1. Manfaat karya tulis bagi pembaca serta kesediaannya dalam menerima kritik dan saran

Selain dalam karya tulis, kata pengantar juga terdapat pada buku. Pada bagian kata pengantar inilah, editor utama atau penulis berbicara langsung, tetapi secara singkat, kepada para pembaca, untuk memberikan gambaran atau menunjukkan niatnya dalam menulis atau mengedit buku.

Kata pengantar tersebut harus menjawab pertanyaan-pertanyaan atau permasalahan berikut:

  1. Tentang apa buku itu? Apa ruang lingkup buku ini?
  2. Mengapa penelitian di lapangan penting untuk dilakukan?
  3. Mengapa ada kebutuhan akan informasi yang terkandung dalam buku?
  4. Mengapa penelitian dalam bidang ini meningkat?
  5. Jika itu adalah Judul Seri Simposium, apa yang memotivasi organisasi simposium?
  6. Apa yang membuat buku ini tidak biasa dan layak dibaca?
  7. Siapa yang akan tertarik membaca buku ini?
  8. Apa manfaatnya bagi pembaca dengan membaca buku ini?

Ucapan terimakasih inilah yang menjadi salah satu unsur dalam kata pengantar. Selain ucapan terimakasih, dalam kata pengantar dalam berbagai penulisan ilmiah seperti arti makalah, makna essay, dan lainnya hanya tertulis dalam satu lembar halaman dengan maksud salah satunya yaitu penjelasan mengapa penulis memilih untuk menulis tentang topik penelitian ini dan ungkapkan motivasi dan inspirasi mereka untuk menulis buku.

Demikinalah saja artikel yang bisa dituliskan pada semua pembaca berkaitan dengan berbagai unsur yang ada didalam penyusunan kata pengantar dan contohnya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *