Contoh Instrumen Penelitian Kuesioner

Diposting pada

instrumen kuesioner

Instrumen kuesioner bisanya lebih sering dipergunakan untuk metode penelitian kuantitatif yang serat akan angka daripada penelitian kualitatif yang lebih dekat dengan kata. Penggunaan arti penelitian untuk kuesioner ini bisanya lebih susah pada tahapan penyusunan proposal penelitian lantaran haruslah disesuaikan dengan subjek penelitian dan objek penelitian.

Tetapi yang pasti, untuk jenis instrumen penelitian berupa kuesioner memberikan sistem penilaian secara sistematis yang meliputi pengumpulan informasi yang bisa berupa angka atau deskripsi verbal, analisis, dan interpretasi untuk kemudian membuat kesimpulan atau mengambil keputusan informasi yang diperoleh.

Instrumen Kuesioner

Instrumen penelitian kuesioner adalah dokumen yang dikembangkan untuk mendukung metode asesmen atau penilaian dan digunakan untuk mengumpulkan bukti kompetensi dari produk, hasil tes dengan wawancara, dan lain sebagainya. Sehingga secara spesifik metode penelitian dengan mempergunakan kuesioner memberikan pengukuran atas;

  1. Kompetensi, dalam hal ini skala pengukran dipergunakan untuk tingkatan pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi.
  2. Afektif, yang bisanya dipergunakan untuk mengukur sikap, minat, konsep diri, dan nilai.
  3. Psikomotor, yang lebih pada penilaian pada ranah ketrampilan siswa atau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu.

Contoh Instrumen Kuesioner dalam Penelitian

Sebagai pembahasan yang lengkap. Berikut ini contoh instrumen penelitian dengan memiliki kuesioner sebagai alat pengumpulan datanya. Yakni;

  1. Penelitian Kuantitatif

Banyak jenis metode penelitian kuantitatif yang mempergunakan kuesioner atau angket dalam penelitiannya. Prihal ini bisanya mengangkat terkait dengan kesiapan lulusan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) untuk benar-benar siap kerja. Proses pembuatan kuesioner bisa dilakukan sebagai berikut;

Contoh Instrumen Kuesioner Penelitian Kualitatif

INSTRUMEN KUESIONER PENELITIAN KUALITATIF

Identitas Responden Penelitian

Nama Siswa ………………………………………………..
Nomor Absensi ………………………………………………..

Assallamullaikum Wr Wb

Selamat pagi/siang untuk rekan-rekan semuanya. Khususnya para pelajar SMK Dwi Dharma Surabaya, disini saya meminta bantuannya untuk mengisi kuesioner penelitian yang saya buat. Adapun penelitian ini sendiri nantinya guna mengukur seberapa siapkan lulusan SMK dalam memasuki dunia kerja. Trimakasih atas bantuannya.

  1. Petunjung Pengisian Kuesioner

Adapun untuk petunjun dalam pengisian kuesioner yang saya buat. Yaitu;

  1. Tulis data diri pada pada bagian atas secara lengkap berupa nama dan nomor absensi siswa
  2. Harap memberri tanda checklist (√) pada salah satu kolom pilihan jawaban yang tersedia di bawah ini sesuai dengan kenyataan. Dengan item jawaban sebagai berikut:
SS: Sangat Siap KS: Kurang Siap
S: Siap TS: Tidak Siap
  1. Pertanyaan dan Jawaban dalam Kuesioner Penelitian
No Pertanyaan SS KS S TS
1 Apakah anda sudah mempunyai kesiapan fisik dalam memasuki dunia kerja?
2 Setelah lulus dari SMK pada Tahun 2021 ini apakah anda bekerja di industri
bidang perkeantoran sesuai dengan jurusan anda?
3 Apakah anda sudah mempunyai pengalaman untuk memasuki dunia kerja?
4 Apakah anda benar-benar yakin setelah lulusan sekolah akan bekerja?

Dari daftar pertanyaan dalam kuesioner tersebut tentusaja dalam hal ini dalam penyusunan instrumen penilaian harus memenui beberapa persyaratan diantaranya yaitu:

  1. Subtansi yang merepresentasikan kompetensi yang dinilai
  2. Konstruksi yang memenuhi persyaratan teknis sesuai dengan bentuk instrumen yang digunakan,
  3. Penggunaan bahasa yang baik dan benar, serta komunikastif sesuai dengan tingkat perkembangan siswa, khususnya lulusan SMK yang bersangkutan.

Itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan contoh instrumen penelitian kuantitatif dengan mempergunakan kuesioner sebagai alat ukurnya. Semoga bisa memberikan wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *