3 Perbedaan Kuesioner Terbuka dan Tertutup Beserta Contohnya

Diposting pada

Beda Kuesioner Terbuka dan Tertutup

Kuesioner bisa dikatakan sebagai salah satu teknik pengumpulan data yang populer karena menawarkan cara yang cepat, efisien, dan murah untuk mengumpulkan sejumlah besar informasi dari volume populasi sekaligus sampel yang cukup besar. Oleh karena itulah, wajar jikalau kuesioner dapat dianggap sebagai semacam wawancara tertulis, yang dapat dilakukan secara tatap muka atau disebarkan secara online dengan sifat tertutup, terbuka, ataupun campuran.

Disisi lainnya, prihal penggunaan khusus pada jenis angket terbuka dan tertutup mempunyai sejumlah perbedaan meskipun untuk persamannya paling dekat ialah sebagai teknik pengumpulan jenis data penelitian kepada informan penelitian.

Kuesioner Terbuka dan Tertutup

Kuesioner sejatinya dapat digunakan baik untuk penelitian kuantitatif yang lebih menekankan pada data numerik atau angka, dan juga penelitian kualitatif yang lebih menekankan pada data berupa teks atau deskripsi. Baik dalam penelitian kuantitatif maupun kualitatif, kuesioner dapat dibuat dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan terbuka, tertutup, atau campuran.

  1. Pengertian Kuesioner Tertutup

Kuesioner dengan adanya bagian pertanyaan terbuka memungkinkan responden untuk menjawab dengan kata-kata sendiri sebanyak yang mereka inginkan. Kebasan inilah kerapkali disamakan dengana wawancara tidak terstruktur dalam penyusunan intrumen.

  1. Pengertian Kuesioner Tertutup

Kuesioner tertutup adanya bagian intrumen yang hanya memberikan opsi atas adanya pertanyaan bersifat tertutup, sehingga pada akhirnya memberi responden serangkaian tanggapan yang telah ditentukan sebelumnya yang dapat mereka pilih.

Perbedaan Kuesioner Terbuka dan Tertutup

Adapun sejumlah perbedaan yang ada dalam kuesioner bersifat terbuka dan kuesioner bersifat tertutup. Antara lain;

No Perbedaan Kuesioner Terbuka Kuesioner Tertutup
1 Pertanyaan dan Jawaban Memberikan kebebasan kepada informan untuk menjawab penelitian Jawaban sudah jelas diberikan kepada informan
2 Penggunaan Dipergunakan pada awal penelitian sebagai penguat adanya topik penelitian yang diangkat Dipergunakan pada proses pengumpulan data
3 Metode Lebih mempergunakan metode penelitian kualitatif Lebih dekat dengan penelitian kuantitatif

Contoh Kuesioner Terbuka dan Kuesioner Tertutup

Adapun untuk contohnya bentuk kuesioner terbuka dan tertutup. Misalnya saja;

  1. Contoh Kuesioner Terbuka

Pertanyaan
  1. Kenapa alasan anda memilih Jokowidodo sebagai Presiden Republik Indonesia pada Tahun 2019 lalu?
  2. Apakah anda setuju dengan masa jawaban presiden selama 3 periode?
  1. Contoh Kuesioner Tertutup

Pertanyaan
No Pertanyaan Puas Tidak Puas
1 Apakah anda puas dengan pemerintahan Jokowidodo pada Tahun 2014 sampai 2019
2 Apakah anda cocok dengan pilihan manteri Jokowidodo pada Kabiner Indonesia Bersatu Jilid 2

Nah, demikinalah penjelasan sekaligus pengulasan secara lengkap tentang adanya perbedaan kuesioner terbuka dan kuesioner tertutup beserta contohnya dalam penelitian. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.