Contoh Penulisan Tabel Penelitian Terdahulu

Diposting pada

Contoh Penelitian Terdahulu

Penelitian terdahulu kadangkala menjadi pedoman dalam setiap penulisan proposal, baik untuk karya tulis ilmiah, skripsi, thesis, dan tugas akhir.

Pencantuman atas penelitian terdahulu ini menjadi krusial dilakukan, pasalnya dengan adanya penelitian yang lebih dulu bukun hanya sebagai landasan teori tetapi bisa menjadi hipotesis penelitian yang membuat sebuah riset menjadi penting untuk dilakukan.

Penelitian Terdahulu

Penelitian terdahulu adalah hasil kajian yang dilakukan oleh para ahli dengan disiplin ilmu yang telah dikuasai, baik sosiologi, biologi, komputer, dan lain sebaginya. Pada tahapan pencantuman untuk riset terdahulu biasanya seseorang yang akan menuliskan pada kurun waktu 5 tahun.

Artinya, batasan 5 tahun ini berlaku sebagai pembaharuan atas penelitian yang akan kita lakukan. Oleh karena itulah setiap karya ilmiah biasanya dibuatlah saran, pasalnya saran penelitian mencerminkan bahwa penelitian yang dilakukan oleh seseorang tidak akan pernah sempurana, atu usai.

Contoh Penelitian Terdahulu

Sebagai uraian yang lebih lengkap dalam memberikan beberapa contoh penulisan untuk penelitian terdahulu ini ada yang mempergunakan tabel akan tetapi adapula yang tidak menggunakan struktur tabel. Semua itu tergantung daripada peminatan seseorang/pembimbing.

  1. Penulisan Penelitian Terdahulu yang Relevan

Contoh pelitian terdahulu yan relevan ini misalnya saja saat kita ingin mengangkat riset terkait dengan Topik Pembangunan Desa. Maka penulisan penelitian terdahulu bisa dilakukan sebagai berikut;

Jurnal Terdahulu yang Relevan
  1. Hasil penelitian Rakib (2013) tentang Kepuasan Pemustaka Terhadap Layanan Perpustakaan Keliling Terapung (Studi Kasus Di Kota Ternate), menunjukkan bahwa masyarakat cukup merasa puas dengan layanan perpustakaan keliling yang dilaksanakan oleh pemerintah Kota Ternate meskipun tetap disadari bahwa masih terdapat kekurangan baik menyangkut ketersediaan koleksi yang dirasakan masih kurang, serta ketepatan waktu pelayanan yang sering meleset dari jadwal yang ditetapkan.
  2. Hasil penelitian Hapsari (2009) tentang Analisis Sistemik Penyelenggaraan Taman Bacaan Masyarakat di Kabupaten Semarang, menunjukkan bahwa dalam pelaksanaannya TBM yang ada mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Kekurangan dan terutama kritik yang banyak dilontarkan lebih berkaitan dengan keseriusan penyelenggara dalam menyelenggarakan dan mengelola TBM agar lebih profesional. Kelebihan TBM yang ada terutama bagi TBM yang berlokasi jauh dari perkotaan memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat dalam memenuhi kebutuhan akan bahan bacaan.
  3. Hasil penelitian Wahyudiati (2014) tentang Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat Desa Sukadamai Kecamatan Jerowaru Lombok Timur Melalui Pengentasan Buta Aksara, menunjukkan bahwa salah satu aspek yang menjadi fokus permasalahan pendidikan adalah masih tingginya tingkat buta aksara/buta huruf yang ada di Indonesia. Dengan program dan gerakan yang terencana dan terpadu. Buta huruf dalam arti buta bahasa Indonesia, buta pengetahuan dasar yang dapat menunjang kehidupan sehari-hari, buta aksara dan angka, buta akan informasi kemajuan teknologi.
  1. Penelitian Terdahulu dalam Proposal Skripsi

Skripsi yang menjadi salah satu prasyarat kelulusan bagi setiap mahasiswa/i tentusaja dalam membuat proposalnya harus mencatumkan penelitian terdahulu yang relevan. Langkah ini dilakukan sebagai upaya dalam memperjelas kemana arah penelitian yang akan kita lakukan. Adapun contoh kepenulisan dalam peneltian terdahulu dalam skripsi bisa melalui narasi sebagai berikut.

Penelitian Terdahulu Skripsi

Penelitian sebelumnya mengenai upaya pengentasan pengangguran termuat dalam Artikel Peran Kewirausahaan dalam Mengatasi Pengangguran di Indonesia karya Sukidjo yang dimuat pada Jurnal Economia Volume 1 Nomor 1. Dalam artikel tersebut, berbagai jenis pengangguran termasuk pengangguran friksional diupayakan untuk diatasi melalui pola pengembangan kewirausahaan. Sukidjo mengusulkan dua pola pengembangan sebagai hasil dari penelitian mengenai cara pengentasan pengangguran, yaitu pola pengembangan tradisional dan pola pengembangan modern.

Akan tetapi, upaya pengentasan pengangguran melalui cara tersebut belum mampu mengatasi latar belakang permasalahan pengangguran selain kurangnya lapagan pekerjaan, seperti tidak adanya modal, mismatch dan mislink antara pencari dan pemberi kerja, kebutuhan fleksibilitas dari tenaga kerja, pemasaran jasa, dan permasalahan lainnya. Oleh karena itu, perlu adanya solusi lain yang mampu mengakomodasi permasalahan-permasalahan tersebut. Dalam hal ini, Ladang-Jasa mampu memberikan solusi tidak hanya untuk latar belakang masalah kurangnya lapangan pekerjaan tetapi juga latar belakang permasalahan pengangguran yang lainnya. Dengan konsep digital, platform Ladang-Jasa memberikan aksesibilitas dan fleksibilitas yang tinggi. Selain itu, permasalahan tidak adanya modal dapat diatasi dengan penerapan jenis e-commerce C2C dalam Ladang-Jasa sehingga modal bisa didapatkan melalui perjanjian antar individu yang bertransaksi melalui platform ini.

  1. Penelitian Terdahulu dalam Karya Tulis Ilmiah

Pembuatan karya tulis ilmiah (KTI) kadangkala juga perlu mencantumkan penelitian terdahulu yang relevan. Penulisan dalam KTI untuk penelitian yang terdahulu ini lebih mudah dipergunakan dengan bentuk narasi tanpa tabel, tetapi harus mencantumkan sumber kepenulisannya.

Penelitian Terdahulu Penulisan KTI

Terdapat penelitian terdahulu yang telah dilakukan serta memiliki persamamaan dan perbedaan terhadap penelitian yang peneliti tulis dalam karya tulis ini. Penelitian dengan judul “Kreasi Tas Belanja Batik Celaket sebagai Upaya Pengurangan Sampah Plastik dan Pengenalan Unsur Budaya Lokal Malang” oleh Herdika Tri Anjasmara dengan penelitian yang peneliti tulis memiliki persamaan yaitu sama-sama memanfaatkan limbah plastik disertai inovasi unsur kebudayaan dalam produknya.

Penelitian terdahulu tersebut menggunkan motif batik celaket, maka peneliti membuat dengan motif Topeng Malangan, meskipun jenis objek kebudayaan itu brbeda namum memiliki persamaan sama-sama unsur budaya kota Malang. Secara garis besar penelitian tersebut cenderung sama dalam hal inovasi produk.

Terdapat berbagai perbedaan antara penelitian tersebut dengan penelitian yang peneliti tulis yaitu bahwa produk dalam karya tulis ini berupa casing handphone sedangkan dalam penelitian terdahulu dalam bentuk tas belanja. Selain itu penelitian terdahulu menekankan pada produk yang ramah lingkungan sedangkan peneliti merancang sebuah produk yang sedang digemari masyarakat luas dan dalam rangka inovasi produk modern. Selanjutnya penelitian terdahulu menargetkan untuk pencapaian perekonomian nasional dengan adanya produk tersebut, sedangkan peneliti dalam hal ini mentargetkan produk lokal berkualitas dengan ciri khas budaya lokal yang dapat mencapai kancah internasional terlebih dahulu, sehingga perekonomian masyarakat dapat mengikuti dengan sendirinya secara tidak langsung.

  1. Tabel Penulisan Penelitian Terdahulu

Meski penulisan dalam riset terdahulu kerapakli mempergunakan bentu narasi atau pon by point akan tetapi kadangkalapula ada yang menuliskannya dengan bentuk tabel. Susunan tabel dalam pencatuman penelitian terdahulu misalnya saja sebagai berikut;

Mapping Penelitian Terdahulu
Judul, Peneliti, Tahun Terbit Variabel/Indikator Metode Penelitian Hasil
Kemiskinan di Masyarakat Kota Jakarta, Ririn Dwi Hayati, 2019 Kemiskinan Kualitatif Kemiskinan masyarakat di Kota Jakarta relatif tinggi pada masyarakat pendatang/perattaun dari luar daerah Jakarta
Pengaruh Beasiswa Bidikmisi dengan Kecerdasaran Mahasiswa Univeritas Indonesia, Rara Tata Sudibyo, 2020 Beasiswa Bidikmisi Kuantitatif Mahasiswa yang mendapat beasiswa bidikmisi di Univeritas Indonesia sebanyak 70% lebih berprestasi daripada mahasiswa yang bukan bidikmisi

Itulah tadi uraian lengkap yang bisa kami bagikan pada segenap pembaca, berkenaan dengan contoh penelitian terdahulu yang bisa dipergunakan dalam menyusun proposal skripsi, karya tulis. Semoga bisa memberikan edukasi bagi kalian ya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *