Contoh Instrumen Tes dalam Penelitian yang Bisa Dipergunakan

Diposting pada

Contoh Instrumen Penelitian Tes

Setidaknya ada beragam bentuk instrumen penelitian dengan berbagai pendekatan yang ada, yaitu berupa kuantitatif dan kualitatif. Pastinya, untuk metode penelitian kuantitatif penyusunan bagian instrumen penelitian bisa mempergunakan tes sebagai alatanya.

Tentusaja instrumen penelitian menjadi alat bantu yang dipergunakan untuk mendapatkan jenis data penelitian, karena tanpa ada instrumen penelitian seorang peneliti tidak akan bisa mendapatkan data, dan ketika data penelitian tidak ada, maka kita tidak akan bisa menjawab pertanyaan penelitian yang telah kita tetapkan di awal sebelum kita turun ke lapangan.

Instrumen Penelitian Tes

Instrumen penelitian berupa tes dapat dikatakan sebagai alat ukur penelitian yang dipergunakan untuk pengumpulan data secara lengkap mengenai pemahaman konsep dengan memberikan respons atas daftar pertanyaan dalam teknik pengumpulan data penelitian.

Mekansimenya sendiri dilakukan, misalnya saja seorang siswa diminta untuk mampu mengeluarkan segenap kemampuan yang dimilikinya dalam memberikan respon tes pertanyaan dalam tes sehingga nanti indikator pemahaman konsep dapat ditarik kesimpulan.

Contoh Instrumen Tes dalam Penelitian

Adapun untuk adanya contoh instrumen penelitian tes, misalnya saja;

  1. Pendidikan

Telaah kajian tentang penelitian yang berkaitan dengan pendidikan bisa mempergunakan tes sebagai alat pengupulan data. Kasusnya seperti adanya kajian tentang pelajaran  matematika seorang siswa, maka hasil tes tersebut disajikan sebagai berikut:

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Soal Uraian Materi Nomor Soal Bentuk Soal
Memahami bentuk norma sosial dan perubahan sosial di masyarakat Melakukan analisis mendalam terkait dengan norma sosial dan perubahan sosial
  • Menyelesaikan soal perubahan sosial dan norma sosial
  • Mampu untuk secara lengkap mengklasifikasikan sifat-sifat perubahan sosial dan norma sosial
  • Perubahan Sosial
  • Norma Sosial
3 Pilihan Ganda

Soal

Yaitu;

  1. Aturan atau ketentuan yang mengikat warga kelompok sosial dalam masyarakat dipakai sebagai pedoman, tatanan dan pengendali tingkah laku yang sesuai dan diterima, disebut…

a. Hukum
b. Adat istiadat
c. Undang-undang
d. Norma atau akidah

  1. Masyarakat sebagai makhluk sosial artinya….

a. Masyarakat selalu hidup berdampingan
b. Manusia selalu melakukan interaksi sosial dengan manusia lainnya
c. Manusia tidak bisa hidup sendiri
d. Manusia selalu bergerak dinamis

  1. Perubahan sosial di masyarakat akan senantiasa mudah ditemukan, artinya disini manusia selalu bergerak…

a. Dinamis
b. Statis
c. Fisiologis
d. Individualis

Nah, demikianlah artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh instrumen penelitian tes dan pembahasannya. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.