3 Contoh BAB 5 Kesimpulan dan Saran dalam Skripsi, Laporan Penelitian, dan Karya Ilmiah

Diposting pada

Contoh BAB 5

Sebagain sistematika kepenulisan karya tulis ilmiah seperti halnya dengan skripsi, desertasi, tesis, laporan penelitian, laporan kerja praktek, dan lainnya biasanya membuat bagian akhir dalam penyusunan BAB 5 Penutup yang berisi kesimpulan dan saran.

Meskipun haruslah diakui bahwa untuk sistematika pembuatan jenis makalah bagian BAB penelitian untuk kesimpulan berada di BAB 3. Namun pastinya, model sistematika yang dapat dipakai untuk menyusun laporan tugas akhir dengan pendekatan penelitian kualitatif ataupun penelitian kuantitatif penulisan kesimpulan dan saran ada di BAB 5.

BAB 5 Penutup

BAB 5 yang juga biasanya ditulis dengan hurus romawi BAB V berisi tentang kesimpulan yang ada sebagian tata kepenulisannya menambahkan implikasi, saran, dan rekomendasi diperlukan guna memberikan penegasan atas hasil penelitian yang telah didapatkan.

Disisi lainnya, juga adanya saran tersebut berguna bagi peneliti setelahnya ialah mampu memberikan telaah atas kekurangan riset dilakukan oleh seseorang.

Contoh BAB V Penutup (Kesimpulan dan Saran)

Agar mampu memberikan penjelasan lebih lengkap berikut ini adalah rekomendasi contoh kepenulisan untuk BAB 5 yang berisi kesimpulan dan saran.

  1. Skripsi

Skripsi bisa dikatakan jenis karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa tingkat akhir untuk strata pendidikan S1 di Indonesia. Penulisan bagian BAB 5 ini misalnya saja;

BAB 5 Kesimpulan dan Saran Skripsi

BAB V
PENUTUP

Kesimpulan

Dari pembahasan skripsi yang telah dikemukakan diatas di peroleh kesimpulan bahwa:

  1. Tahapan dalam proses pembuatan briket biomassa kelapa sawit dan sabut kelapa adalah pemotongan pelepah dan sabut, pengeringan pelepah dan sabut kelapa, karbonasi, penghalusan, pencampuran serbuk dan tepung tapioka, pencetakan briket dan pengeringan kembali.
  2. Cara pengaplikasian yaitu briket kelapa sawit dibakar dengan menggunakan bensin untuk mempermudah menghidupkan briket. Jika api sudah menyala terang berarti briket sudah siap digunakan.

Saran

  1. Hendaknya briket kelapa sawit dan sabut kelapa dapat dikembangkan dan dan dijual di pasar dengan harga yang terjangkau.
  2. Hendaknya para peneliti dapat mengembangkan briket ini.
  1. Laporan Penelitian

Khusus pembuatan bagian BAB 5 penutup dalam kepenulisan laporan penelitian biasanya tergantung daripada pendekatan penelitian yang dipergunakan. Pastinya, untuk pembuatannya sebagai berikut;

BAB 5 Kesimpulan dan Saran Laporan Penelitan

BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian mengenai pemanfaatan limbah cangkang telur sebagai media penjernihan dan meningkatkan pH air gambut di Riau dapat disimpulkan sebagai berikut:

  1. Limbah cangkang telur (gallus-gallus) dapat menjadi media filtrasi alternatif untuk proses penjernihan air air gambut di Riau yaitu semua sampel yang sebelumnya berwarna kuning keruh menjadi jernih
  2. Limbah cangkang telur dapat menjadi media filtrasi alternatif untuk meningkatkan pH pada setiap sampel yaitu pada sampel 1 yang semula pH 5 menjadi pH 7, sampel 2 yang semula pH 6 menjadi pH 7, dan sampel 3 yang semula pH 5 menjadi pH 7

Saran

Berdasarkan kesimpulan penelitian, maka penulis merekomendasikan berupa saran-saran sebagai berikut :

  1. Bagi peneliti selanjutnya agar dilakukan penelitian tentang pemanfaatan cangkang kerang untuk sebagai media filtrasi.
  2. Bagi masyarakat diharapkan mengaplikasikan cangkang telur sebagai media filtrasi air gambut untuk mengatasi permasalahan yang diakibatkan air gambut.
  3. Bagi kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat untuk mengembangkan teknologi sederhana untuk pengelolaan air bersih di kawasan air gambut melalui pemanfaatan cangkang telur sebagai media filtrasi air.
  1. Karya Tulis Ilmiah

Penulisan karya ilmiah bagian kesimpulan dan saran dalam BAB penutup. Bisa dibuat dengan sistematika sebagai berikut;

BAB 5 Kesimpulan dan Saran Karya Ilmiah

BAB V
KESIMPULAN

Kemajuan perkembangan teknologi adalah suatu realisasi dari majunya pemikiran sumber daya manusia. Jika terdapat negara yang tidak memiliki sumber daya manusia yang tidak mau bersaing atau masih memiliki pemikiran yang kaku, maka tertinggal oleh zaman adalah konsekuensi yang harus diterima. Terlepas dari perkembangan teknologi saat ini, maka Pemerintah Indonesia harus responsif dalam melindungi rakyatnya.

Selaras dengan pesatnya perkembangan teknologi, maka secara bersamaan juga terdapat hal yang akan diterima, baik itu hal positif maupun negatif, diantaranya:

Dampak Positif

  1. Mempermudah dalam melakukan komunikasi.
  2. Mempermudah menyelesaikan pekerjaan.
  3. Mempermudah dalam melakukan transaksi untuk menenuhi kebutuhan hidup sehati-hari.

Dampak negatif

  1. Mudahnya dalam mengakses situs-situs yang berdampak negatif bagi generasi penerus bangsa.
  2. Terdegradasinya warisan budaya tradisional Indonesia.
  3. Berkembangnya sifat konsumtif masyarakat.

Selain itu, peraturan perundangundangan dan proses penegakan hukum di Indonesia harus terus bertransformasi untuk tetap mengikuti perkembangan zaman. Agar hukum tetap berprinsip pada asas kepastian, keadilan dan kebermanfaatan hukum.  

Berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan, maka penulis mendorong penuh pemerintah untuk melakukan kajian secara mendalam Rancangan Undang-Undang tentang Perlindungan Data Pribadi dan segera melakukan legalisasi Rancangan UndangUndang tersebut agar sah menjadi Undang-Undang.

Demikianlah artikel yang bisa dibagikan ada semua kalangan berkenaan dengan contoh kepenulisan BAB 5 penutup yang berisi kesimpulan dan saran dalam skripsi, laporan penelitian, dan karya tulis ilmiah. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.