Contoh Surat Selesai Penelitian

Diposting pada

Contoh Surat Selesai Penelitian

Secara historis proses surat-menyurat pada dasarnya telah ada sejak zaman India kuno, Mesir kuno, dan Sumeria, hingga Roma, Yunani, dan Cina. Bahkan bertahan hingga saat ini. Tetapi yang pasti, selama abad ketujuh belas dan kedelapan belas surat hanya digunakan untuk mendidik diri sendiri.

Kemudian karena berkembangnya kebutuhan manusia sampai saat ini surat dianggap sebagai hal yang sangat penting dalam menunjukan dokumentasi yang valid. Termasuk untuk arti penelitian sendiri kadangkala setelah selesai melangsungkan pengambilan data dalam tempat tertentu seorang peneliti diharuslah membuat surat yang dikenal dengan dengan surat selesai penelitian.

Surat Selesai Penelitian

Keterangan prihal pembuatan surat untuk selesainya sebuah penelitian menjadi dasar hukum yang sah terkait adanya pengambilan data untuk topik penelitian tertentu. Baik dalam penulisan skripsi, tesis, desertasi, ataupun jenis karya tulis ilmiah lainnya peletakan surat ini berada pada bab lampiran.

Oleh karena penting maka berikut ini ada beberapa contoh untuk penulisan dalam surat resmi terkait dengan selesai penelitian.

Contoh Surat Selesai Penelitian

Terkait dengan surat keterangan selesai penelitian pada dasarnya bisa berasal dari desa, perusahaan, organisasi sosial, ataupun dari lembaga/insitusi pemerintahan. Pembuatannya sebaga berikut;

  1. Skripsi

Skripsi adalah tugas akhir untuk mahasiswa/i yang sedang menyelesaikan studi pendidikan S1. Pembuatan surat untuk selesainya penelitian ini tentusaja berhubungan dengan objek penelitian. Adapun contohnya ialah untuk penelitian yang dilakukan di Kampung Marketer, Purbalingga.

SURAT KETERANGAN SELESAI PENELITIAN

Surat Selesai Penelitian dari Perusahaan

Nomor             :……………………………                                                                                                    31 Juli 2021

Hal                  : Surat Keterangan Selesai Penelitian

SURAT KETERANGAN SELESAI PENELITIAN

Yang bertanda tangan dibawah ini     :

Nama           :

Jabatan        :

Alamat         :

Dengan ini menerangkan bahwa mahasiswa yang beridentitas :

Nama                :

NIM                   :

Fakultas            :

Program Studi :

Universitas      :

Telah selesai melakukan penelitian di Kampung Marketer yang berada di Desa Tamansari, Kecamatan Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga selama 6 (enam) bulan, terhitung mulai tanggal 31 Januari 2020 sampai dengan 31 Juli 2021 untuk memperoleh data dalam rangka penyusunan skripsi yang berjudul:

PERAN KAMPUNG MARKETER SEBAGAI ORGANISASI SOSIAL DI DESA TAMANSARI, KARANGMONCOL, PURBALINGGA

Demikian surat keterangan ini dibuat dan diberikan kepada yang bersangkutan untuk dipergunakan seperlunya.

 

Salam hormat,

 

 

Kampung Marketer

  1. Penelitian di Desa

Adapun contoh lain untuk surat keterangan telah selesainya penelitian ini juga bisa dikeluarkan oleh aparatur pemerintahan desa. Untuk pembuatannya sendiri ialah sebagai berikut;

SURAT SELESAI PENELITIAN

PEMERINTAH KABUPATEN TULANG BAWANG

KECAMATAN BANJAR MARGO

DESA SUKAMAJU

SURAT KETERANGAN SELESAI PENELITIAN
Nomor:

Saya yang bertanda tangan di bawah ini adalah Kepala Desa Sukamaju, menerangkan bahwa mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung:

Nama :

NPM :

Jurusan :

Program studi:

Benar-benar telah melakukan penelitian mulai dari tanggal 9 sampai dengan 30 April Tahun 2021 di Desa Sukamaju, Kecamatan Banjar Margo, Kabupaten Tulang Bawang untuk menyusun skripsi dengan judul Partisipasi Masyarakat Desa Sukamaju dalam Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020.

Demikianlah surat keterangan ini dibuat, agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Sukamaju, 31 April 2021

Kepala Desa Sumajau

 

Sutrisno

Dari berbagai contoh yang telah disebutkan, tentusaja dapatlah dikatakan bahwa surat keterangan telah selesai penelitian ini metupakan bagian surat tugas karena mengikuti pola dan formalitas tertentu. Dimana, penyusunannya terjadi secara ketat berada dalam lingkup profesional, dan langsung menangani masalah yang terkait.

Oleh karena itulah semua jenis surat yang digunakan untuk penyelesaian penelitian sejatinya memerlukan tanda tangan pihak yang berwenang sekaligus membutuhkan kop (bagian awal) surat.

Itulah saja artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan contoh-contoh penulisan untuk surat keterangan selesai penelitian. Semoga bisa memberikan wawasan serta edukasi bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *