Fungsi Artikel Ilmiah dan Penjelasanya

Diposting pada

Fungsi Artikel Ilmiah

Artikel ilmiah bisa diartikan sebagai definisi penelitian ilmiah yang disingkat atau dirangkum. Sehingga dalam menulis artikel ilmiah ini dapat dilakukan ketika proses penelitian lapangan dan laboratorium dilakukan, termasuk seminar.

Kemudian langkah meyusun laporan penelitian bisa berbagai bentuk tulisan ilmiah lainnya. Akan tetapi, artikel ilmiah tidak harus selalui dihasilkan dari penelitian, tapi bisa juga ditulis berdasarkan hasil review jurnal, hukum atau tulisan ilmiah lainnya. Artikel dalam jurnal ilmiah sebagian besar ditulis oleh ilmuwan aktif seperti mahasiswa, peneliti, dan profesor daripada jurnalis profesional, yang tentunya memiliki beragam fungsi diantaranya yaitu sarana untuk menyampaikan ide penulis dalam mengembangkan daya imajinasi serta pemikiran yang kreatif.

Artikel Ilmiah

Artkel ilmiah merupakan artikel yang biasanya ditulis dengan untuk dimuat dalam jurnal atau buku kumpulan artikel yang penulisannya sesuai dengan tata cara ilmiah.

Adapun definisi artikel adalah tulisan yang ilmiah bisa berbentuk artikel ulasan (review article) ataupun artikel penelitian (research article) dari laporan hasil penelitian yang ditulis kembali oleh peneliti untuk dipublikasikan dalam jurnal bereputasi.

Fungsi Artikel

Secara lebih spesifik artikel ilmiah memiliki beragam fungsi, diantaranya yaitu:

  1. Sebagai sarana untuk menyampaikan ide penulis

Artikel ilmiah sama halnya dengan berbagai jenis tulisan lainnya, dapat berfungsi sebagai sarana untuk menyampaikan ide atau gagasan penulis dalam mengembangkan daya imajinasi serta serta pemikiran kreatifnya yang tertuang melalui tulisan.

  1. Melatih untuk berpikir sistematis

Menulis artikel ilmiah dapat melatih sekaligus memberikan dorongan bagi penulis untuk berpikir secara sistematis. Selain itu juga melatih dalam berbahasa secara tertib dan teratur.

  1. Memahami tujuan menulis

Menulis artikel ilmiah juga melatih penulis untuk memahami tujuan menulis agar mampu menguasai kompetensi dalam setiap tulisan yang dibuat, karena pada dasarnya untuk bisa menghasilkan kualitas tulisan yang bagus, penulis juga harus lebih banyak membaca, sehingga kosa kata yang dimiliki semakin kaya dan diksi yang dipilih semakin tepat.

  1. Sebagai sarana publikasi hasil pemikiran secara ilmiah

Artikel ilmiah dapat berfungsi sebagai sarana untuk mempublikasikan hasil pemikiran ilmiah yang dilakukan melalui jurnal ilmiah maupun karya tulis ilmiah lainnya.

  1. Meningkatkan wawasan penulis

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa dalam menulis kita juga harus banyak membaca. Dengan semakin banyaknya referensi yang kita baca, hal itu tentunya akan semaki menambah wawasan atau pengetahuan kita.

  1. Sebagai referensi atau rujukan bagi pembaca

Artikel ilmiah yang telah dimuat dalam jurnal ilmiah dapat memberikan dampak  akademis atau pembelajaran bagi pembaca. Hal itu sekaligus sebagai sarana untuk menyebarkan ilmu pengetahuan kepada orang lain. Artikel ilmiah kini juga telah tersedia dalam banyak jurnal akademis yang diterbitkan secara online.

Manfaat Artikel Ilmiah

Berikut ini beberapa manfaat menggunakan sumber informasi yang sangat baik untuk penelitian yang kita lakukan yang dapat kita peroleh melalui referensi jurnal online, diantaranya yaitu:

  1. Referensi yang kredibel

Bagi penulis untuk menerbitkan jurnal akademik secara online, mereka diwajibkan untuk memverifikasi sumber informasinya melalui tautan dan kutipan. Pendapat pribadi saja tanpa dukungan faktual yang tepat tidak dapat diterima.

Hal ini membuat jurnal akademik online sepenuhnya kredibel dan berwibawa karena kita dapat memverifikasi fakta dari sumber aslinya. Hal ini, pada gilirannya, memengaruhi kualitas penelitian secara keseluruhan, membuatnya juga dapat diandalkan, serta diperkaya dengan fakta dan kebenaran.

  1. Menawarkan kejelasan

Artikel ilmiah mencoba untuk membahas dan menguraikan manfaat penjelasan dan sudut pandang lain yang berbeda dengan pandangan mereka. Itu tidak berusaha untuk membenarkan pendapat dan kesimpulan mereka sendiri sebagai satu-satunya kebenaran yang dapat dipercaya.

Akan tetapi lebih pada mengakui pendapat yang berlawanan sebagai hal yang dapat dipercaya dan kemudian menjelaskan mengapa mereka menarik kesimpulan yang berbeda. Ini membantu kita memahami pro dan kontra dari klaim yang diungkapkan dalam jurnal, dari lebih dari satu sudut pandang penulis.

  1. Pilihan penelitian

Jurnal akademik online hadir dengan beberapa pilihan penelitian, yang membantu memperluas pilihan penelitian kita. Itu memungkinkan kita untuk mengeksplorasi penelitian kuantitatif dan kualitatif, untuk hasil yang optimal.

Dengan keduanya, kita dapat menganalisis data statistik, opini, data verbal, dan lain-lain. Hal ini memberi kita lebih banyak informasi untuk dikerjakan, dan oleh karena itu, kita dapat melakukan penelitian komprehensif dari jurnal akademis.

  1. Memberikan studi kasus

Jurnal akademik mencakup studi kasus kehidupan nyata yang merupakan sumber informasi dan pengetahuan mendalam yang sangat baik. Dengan mengikuti studi kasus, kita dapat menerapkan kekayaan pengetahuan kita pada situasi kehidupan nyata dan memainkan skenario di benak kita untuk pemahaman yang lebih baik.

Melakukan hal ini membantu kita untuk lebih memahami konsep dan ide yang sedang kita kerjakan. Dari studi kasus, kita dapat membentuk hipotesis Anda sebagai peneliti.

  1. Riset terfokus

Jurnal online ibarat ensiklopedia, menawarkan informasi dalam jumlah besar kepada para sarjana. Ada berbagai macam basis data sebagai sumber informasi, tetapi jauh lebih mudah untuk mengakses informasi ini secara online karena yang kita butuhkan hanyalah komputer dan internet.

Mempersempit penelusuran ke sudut fokus menjadi lebih mudah karena yang kita butuhkan hanyalah mengetikkan frasa kata kunci tertentu dan kita akan mendapatkan ribuan hasil penelusuran hanya dalam beberapa detik.

Dari penjelasan yang dikemukakan penting dipahami bahwa jurnal dalam jenis artikel ilmiah ini sangat penting dalam kehidupan akademis. Hal ini lantaran lebih dari sekadar menyediakan sarana komunikasi dan catatan permanen. Artikel jurnal adalah hasil akhir dari sebagian besar penelitian, dan kinerja serta produktivitas peneliti sebagian besar dinilai berdasarkan jumlah terbitan serta tempat kemunculannya.

Jurnal telah menjadi sangat tertanam dalam infrastruktur akademis. Itu adalah pusat dari jalur karir, termasuk pendanaan dan pengangkatan. Jurnal seringkali selektif dan terspesialisasi dalam liputannya. Saat mereka bersaing untuk mendapatkan artikel, identitas mereka berfungsi sebagai proxy untuk penelitian yang diterbitkan di sana – dan signifikansinya.

Faktor dampak (ukuran kutipan ke jurnal tertentu) sering dilihat sebagai alat untuk menentukan pentingnya jurnal, dan sering digunakan (dan disalahgunakan) oleh penulis dan akademisi untuk memutuskan di mana menerbitkan serta bagaimana menerbitkannya. memberi peringkat pada pentingnya sebuah publikasi.

Meskipun jurnal sering dianggap sebagai artikel penelitian, tapi ada banyak variasi artikel yang berfungsi sebagai komunikasi dan memberikan informasi berharga kepada masyarakat. Berita, editorial, surat, review, komentar, gambar, klip audio dan bentuk lain dari ‘artikel’ bisa sama berharganya bagi peneliti, dan juga bisa ditemukan di jurnal.

Nah, demikianlah tulisan yang bisa kami bagikan pada segenap pembaca berkenaan dengan fungsi yang menjadi manfaat adanya pembuatan artikel ilmiah. Semoga bisa memberikan pemahaman untuk semua kalangan yang sedang memperlukan.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *