Klasifikasi Penelitian Berdasarkan Jenis Datanya

Diposting pada

Penelitian Berdasarkan Data

Setidaknya terdapat beragam klasifikasi jenis penelitian. Misalnya ada yang diklasifikasikan berdasarkan tujuannya yang meliputi penelitian eksploratori dan penelitian deskriptif serta ada pula yang diklasifikasikan berdasarkan pada jenis data penelitian.

Akan tetapi yang pasti, pengklasifikasian tersebut tidak mempengaruhi pada tujuan utama yaitu menemukan jawaban atas pertanyaan. Dimana awaban penelitian ini sangat memungkinkan seseorang untuk menemukan solusi yang tepat untuk masalah utama dalam masyarakat dengan senantiasa memberikan fakta yang akan membantu kita menganalisis masalah, menguji kelayakan dan dampak program, dan menemukan solusi yang lebih baik untuk tantangan.

Penelitian

Penelitian adalah serangkaian upaya dalam pencarian fakta menurut metode objektif yang jelas dalam menemukan hubungan antara fakta dan menghasilkan hukum tertentu.

Alas arti tersebutlah data penelitian sendiri dapat dikelompokkan menjadi empat jenis utama berdasarkan metode pengumpulan. Yaitu observasi, eksperimental, simulasi, dan turunan/kompilasi. Jenis data penelitian yang kita kumpulkan dapat memengaruhi cara kita mengelola data tersebut.

Klasifikasi Penelitian Berdasarkan Jenis Datanya

Adapun untuk macam klasifikasi penelitian jikalau dilihat berdasarkan jenis datanya terbagi atas;

  1. Data Pengamatan

Data pengamatan ini diperoleh melalui jenis observasi terhadap suatu perilaku atau aktivitas. Data ini dikumpulkan menggunakan metode seperti observasi terjadap partisipan, survei terbuka, atau penggunaan instrumen atau sensor untuk memantau dan mencatat informasi. Seperti penggunaan sensor untuk mengamati tingkat kebisingan di bandara.

Karena data hasil observasi diambil secara real time, maka akan menjadi hal yang sangat sulit atau bahkan tidak mungkin untuk mengulang mendapatkan data yang sama seandainya data yang telah diperoleh hilang.

  1. Data eksperimental

Data eksperimental dikumpulkan melalui intervensi aktif oleh peneliti untuk menghasilkan dan mengukur perubahan atau untuk menciptakan perbedaan saat variabel penelitian diubah. Data eksperimen  memberikan kemungkinan kepada peneliti untuk menentukan hubungan kausal dan biasanya bisa diproyeksikan ke populasi yang lebih besar.

  1. Data Simulasi

Data simulasi merupakan data yang diperoleh melalui tindakan meniru operasi proses atau sistem dunia nyata dari waktu ke waktu dengan menggunakan model pengujian komputer. Misalnya untuk memprediksi kondisi cuaca, model ekonomi, reaksi kimia, atau aktivitas seismik.

Metode tersebut digunakan untuk mencoba menentukan apa yang akan, atau bisa, terjadi dalam kondisi tertentu. Model pengujian yang digunakan sering kali, atau bahkan lebih, penting daripada data yang dihasilkan dari simulasi.

  1. Data Turunan/Kompilasi

Data yang diperoleh melibatkan penggunaan titik data yang ada, seringkali dari sumber data yang berbeda, untuk membuat data baru melalui beberapa jenis transformasi, seperti rumus aritmatika atau agregasi.

Misalnya menggabungkan data area dan populasi dari area metro Twin Cities untuk membuat data kepadatan populasi. Meskipun jenis data ini biasanya dapat diganti jika hilang, mungkin akan sangat memakan waktu (dan mungkin mahal) untuk melakukannya.

Contoh Penelitian Berdasarkan Jenis Datanya

Adapun untuk contohnya, misalnya;

Data yang sulit atau tidak mungkin untuk diganti (misalnya perekaman suatu peristiwa pada waktu dan tempat tertentu) memerlukan prosedur pencadangan tambahan untuk mengurangi risiko kehilangan data. Atau, jika kita perlu menggabungkan titik data dari sumber yang berbeda, kita harus mengikuti praktik terbaik untuk mencegah kerusakan data.

Nah, demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan klasifikasi penelitian jikalau dilihat berdasarkan jenis data yang dipergunakannya. Semoga memberikan wawasan bagi semua kalangan yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *