Jenis Laporan Penelitian dan Penjelasannya

Diposting pada

Macam Laporan Penelitian

Laporan penelitian adalah teknik pengumpulan data yang direkam yang disiapkan oleh si peneliti setelah menganalisis informasi yang dikumpulkan dengan melakukan penelitian terorganisir, biasanya laporan ini dibuat dalam bentuk penelitian survai dan penelitian kualitatif.

Selain itu untuk ukuran pembuatan laporan penelitian tersebar di dalam topik penelitian yang luas tetapi berfokus pada mengomunikasikan informasi tentang topik tertentu yang sangat khusus. Motif utama dari berbagai mavam laporan penelitian adalah untuk menyampaikan rincian integral tentang suatu studi atau penelitian untuk dipertimbangkan saat merancang strategi baru.

Laporan Penelitian

Laporan penelitian adalah sumber yang dapat dipercaya untuk menjelaskan secara detail tentang hasil penelitian yang dilakukan dan paling sering dianggap sebagai kesaksian sejati dari semua pekerjaan yang telah dilakukan untuk guna memunculkan kekhasan penelitian.

Jenis Laporan Penelitian

Adapaun macam-macam laporan dalam prosedur penelitian, antara lain sebagai berikut;

Berdasarkan Struktur Kepenulisan

Adapun jikalau ditnjau berdasarkan pada struktur dan format kepenulisan, laporan penelitian terbagi menjad dua. Yakni;

  1. Laporan penelitian formal

Laporan penelitian formal sejatinya merupakan proses pembuatan metode kepenulisan ilmiah yang senantiasa memuat halaman judul, surat pernyataan keaslian karya, daftar isi, ikhtisar atau abstrak, pendahuluan, isi, dan penutup.

  1. Laporan non-formal

Sedangkan untuk laporan penelitian non formal adalah kepenulisan ilmiah yang tidak sepenuhnya memenuhi persyaratan secara struktur akan tetapi tetap memuat landasan teori, tinjauan pustaka kepenulisan, dan prosedur penelitian.

Berdasarkan Bentuk Kepenulisan

Sedangkan, ditinjau dari segi bentuknya, jenis laporan bisa dibedakan menjadi beberapa macam, antara lain:

  1. Formulir

Laporan penelitian dalam bentuk formulir ialah jenis kepenulisan laporan yang dibuat hanya dengan mengisi blanko yang telah disediakan.

  1. Memorandum

Laporan berbentuk memorandum ialah proses kepenulisan laporan yang diuraikan secara singkat. Jenis laporan yang satu ini dibuat dalam rangka proses hubungan kerja antara atasan dan bawahan atau antar unsur-unsur dalam suatu instansi.

  1. Surat

Laporan dalam bentuk surat ialah laporan yang dibuat dengan uraian yang lebih panjang dari memorandum sebagaimana uraian dalam bentuk surat biasa. Jenis laporan yang satu ini bisa digunakan untuk berbagai macam topik.

  1. Naskah

Laporan penelitian dalam bentuk naskah ialah laporan yang tersusun secara panjang. Penyusunan ini biasanya seperti dalam kepenulisan makalah yang juga dibagi ke dalam beberapa topik dan sub topik yang menjadi fokus kepenulisan.

  1. Buku

Laporan penelitian berbentuk buku ialah format kepenulisan laporan yang disusun dalam bentuk buku dengan menggunakan teks yang panjang dan lengkap untuk proses penyelesaiannya bisa memerlukan waktu yang relatif lama.

Berdasarkan Tujuan Kepenulisan

Jenis laporan juga bisa dibedakan menjadi beberapa kategori jika ditinjau berdasarkan pada tujuan kepenulisannya, antara lain:

  1. Laporan Panjang dan Singkat

Laporan penelitian berdasarkan tujuannya dibagi menjadi laporan panjang lebih dari sepuluh halaman dan biasanya merupakan format laporan formal. Sementara laporan pendek kurang dari sepuluh halaman dan sebagian besar laporan informal adalah laporan pendek.

  1. Laporan Internal dan Eksternal

Berdasrakan pada tujuan kepenulisannya laporan internal biasanya berjalan di dalam organisasi, sedangkan laporan eksternal untuk penggunaan di luar organisasi.

  1. Laporan Vertikal dan Lateral

Jenis laporan vertikal mewakili arah laporan. Laporan yang naik atau turun hierarki disebut sebagai laporan vertikal. Laporan lateral berjalan antara tingkat organisasi yang sama, seperti departemen akuntansi dan departemen keuangan dan membantu menghubungkan pekerjaan di suatu perusahaan.

  1. Laporan Berkala

Laporan berkala melaporkan secara berkala dan berkala. Jenis-jenis laporan ini biasanya merupakan laporan vertikal untuk memeriksa keseluruhan kegiatan bisnis atau laporan yang ditulis oleh agen federal, perusahaan, nirlaba. Laporan berkala mencakup laporan insiden, laporan penjualan, dan laporan kelayakan dan laporan kemajuan.

Kepenulisan Laporan Penelitian

Dalam contoh kepenulisan laporan penelitian dalam hal ini misalnya terkait peristiwa Covid 19 di Indonesia, maka kepenulisannya akan fakta dan informasi lain berdasarkan insiden terjadi virus corona/covid 19 di Indonesia perlu disampaikan kepada orang yang bertanggung jawab.

Sehingga dapat dikatakan bahwa proses pemembuatan laporan penelitian adalah alat komunikasi yang paling efektif dan dapat dikatan laporan penelitian ideal sangat akurat dalam informasi yang ditawarkan dengan tujuan dan kesimpulan yang jelas.

Kesimpulan

Dari berbagai jenis laporan penelitian dapat dikatakan bahwa proses ini ialah studi yang melaporkan sebuah penyelidikan atas eksplorasi rumusan masalah dengan identifikasi pertanyaan yang akan diselesaikan, dan termasuk data yang dikumpulkan, dianalisis, dan ditafsirkan oleh si peneliti.

Itulah tadi artikel yang bisa kami tuliskan pada segenap pembaca berkenaan dengan berbagai jenis laporan penelitian dan kepenulisannya. Semoga bisa memberi edukasi, referensi, dan menambah segenap pengatahuan bagi yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *