Contoh Lembar Pernyataan Keaslian dan Cara Menulisnya

Diposting pada

Lembar Pernyataan Keaslian Karya

Setiap karya tulis ilmiah yang kita buat harus disertai dengan lembar pernyataan keaslian atau lembar orisinalitas. Tanpa adanya lembar orisinalitas ini orang akan meragukan keorisinalitasan (keaslian) karya Anda, bahkan mungkin mereka akan menganggap karya Anda adalah jiplakan atau plagiat dari karya orang lain. Secara sederhana, orisinalitas adalah kualitas menjadi istimewa dan menarik dan tidak sama dengan apa pun atau orang lain. Ketika sesuatu itu asli, kreatif dan tidak berasal dari sesuatu yang lain. Itu masih fresh.

Jika sesuatu seperti hal-hal lain, itu tidak menunjukkan orisinalitas. Orisinalitas sejati adalah hal yang langka. Orisinalitas ini juga harus berlaku bagi karya tulis yang kita buat, maka perlu ditegaskan kembali bahwa kita harus mencantumkan lembar pernyataan keaslian dalam karya tulis kita.

Lembar Pernyataan Keaslian Karya/Orisinalitas

Orisinalitas adalah aspek dari karya yang diciptakan sebagai karya baru, dan dengan demikian dapat dibedakan dari reproduksi, klon, pemalsuan, atau karya turunan. Ini adalah karya yang dibuat dengan gaya dan substansi yang unik. Istilah “orisinalitas” sering diterapkan sebagai pujian terhadap kreativitas seniman, penulis, dan pemikir. Gagasan modern orisinalitas terkait dengan Romantisisme, dengan gagasan yang sering disebut orisinalitas romantis.

Konsep orisinalitas bersifat kultural. Pada saat Shakespeare, itu lebih umum untuk menghargai kesamaan dengan karya klasik yang dikagumi, dan Shakespeare sendiri menghindari “penemuan yang tidak perlu”. Baru pada awal abad ke-18 konsep orisinalitas menjadi ideal dalam budaya Barat.

Pengertian Lembar Pernyataan Keaslian Karya

Pernyataan keaslian merupakan salah satu hal penting bagi siswa atau mahasiswa, dimana mereka harus menandatangani dan memberi tanggal deklarasi tertulis sebagai bentuk konfirmasi atas karya tulis yang telah dibuat. Pernyataan ini dibuat dengan tujuan untuk menghindari plagiarisme dan membiarkan siswa/mahasiswa mencapai pengakuan untuk pekerjaan mereka.

Meskipun pada dasarnya lembar pernyataan orisinalitas ini tidak menjadi penjamin keaslian karya, tapi lembar tersebut menjadi pernyataan formal bahwa si penulis berani menjamin bahwa karya tersebut asli dan jika ditemukan ketidakaslian (misalnya  idenya meniru milik orang lain dan sebaginya), maka dia berani mendapatkan sanki sesuai peraturan yang berlaku (bahkan bisa berada di meja hukum).

Pernyaataan keaslian biasanya diletakkan di belakang lembar pengesahan. Lembar pernyataan ini dibuat asli pada semua rangkap dokumen dan diberi materai serta dibubuhi tanda tangan. Dalam lembar pernyataan keaslian ini juga dicantumkan keterangan bahwa semua laporan yang terdapat pada draft karya tulis dan kegiatan penelitian adalah murni hasil pemikiran penulis.

Pengertian Keaslian Karya Menurut Para Ahli

Adapun definisi orisinalitas dalam penelitian atau karya tulis menurut para ahli, antara lain adalah sebagai berikut;

Jorge Morales Pedraza (2016), Morales Project Consulting

Makalah penelitian orisinil adalah yang didasarkan pada penelitian orisinil/asli yang menghasilkan pengetahuan baru alih-alih meringkas apa yang sudah dikenal dalam bentuk baru. Ada banyak cara untuk menghasilkan pengetahuan baru: pengamatan, eksperimen, pendekatan baru untuk memecahkan masalah yang ada, dan lain-lain.

Sebuah artikel dianggap sebagai penelitian orisinil jika:

  1. Itu adalah laporan penelitian yang ditulis oleh para peneliti yang benar-benar melakukan penelitian.
  2. Para peneliti menggambarkan hipotesis penelitian mereka atau pertanyaan penelitian dan tujuan dari penelitian ini.
  3. Para peneliti merinci metode penelitian mereka.
  4. Hasil penelitian dilaporkan.
  5. Para peneliti menafsirkan hasil mereka dan mendiskusikan kemungkinan implikasi.

Mbunya Francis Nkemnyi (2016), Universitas Antwerp

Orisinalitas dalam penelitian berarti apa yang Anda lakukan adalah dari sudut pandang Anda sendiri meskipun Anda dapat menarik argumen dari karya penelitian lain untuk mendukung argumen Anda.

  1. Tidak menyalin gaya penulisan orang lain
  2. Tidak menggunakan bahasa orang lain tanpa adanya pengakuan
  3. Kontribusi pengetahuan baru di akhir tulisan Anda
  4. Menjadi seunik mungkin

Avishag Gordon (2016), Israel Institute of Technology

Orisinalitas dapat dianggap sebagai kebalikan dari plagiarisme, atau hanya kurangnya orisinalitas. Hasil asli dapat didasarkan pada penelitian sebelumnya, asalkan mereka menyajikan sudut pandang baru untuk temuan, dan perspektif baru.

Bahkan makalah ulasan yang biasanya merangkum semua makalah yang diterbitkan tentang suatu subjek, dapat dianggap asli jika menyajikan temuan baru. Massa informasi yang diterbitkan hari ini hampir tidak memungkinkan untuk hasil yang “sesuatu dari ketiadaan”.

Michael W. Marek (2016), Universitas Negeri Wayne

“Orisinil” dapat memiliki dua arti:

  1. Ini bisa berarti bahwa Anda benar-benar melakukan penelitian sendiri, dan memperoleh data Anda langsung.
  2. Ini bisa berarti penelitian yang unik, dan tidak ada orang lain yang melakukan penelitian serupa. Untuk menentukan ini, cari literatur akademik dengan kata kunci yang relevan dengan penelitian Anda dan lihat seberapa mirip penelitian lain. Jika Anda sedang meneliti sesuatu yang telah dilaporkan dalam literatur, maka Anda tidak terlalu asli.

Tujuan untuk penelitian baru umumnya harus untuk mengatasi sesuatu yang kurang dalam literatur yang ada. Seringkali ini berarti menjawab pertanyaan yang tidak dijawab.

Muhammad Subhan, Universitas Raja Abdulaziz

Orisinalitas dalam penelitian TIDAK berarti “melakukan penelitian sendiri”. Keaslian dalam penelitian akademis harus memiliki setidaknya dua makna:

Orisinalitas ide penelitian

Di sini, seorang peneliti harus membuktikan bahwa tidak ada studi serupa telah dilakukan di tempat lain pada topik yang sama menggunakan kerangka kerja yang sama untuk analisis.

Peneliti perlu membuktikan ini dalam tinjauan pustaka dengan menunjukkan apa yang telah dilakukan penelitian sebelumnya dan apa yang belum mereka lakukan atau dengan menganalisis kesenjangan dalam studi sebelumnya. Jadi, celah tersebut menunjukkan keasliannya.

Dalam membuktikan ini, seorang peneliti tidak diminta untuk melakukan tinjauan literatur besar-besaran untuk memasukkan semua publikasi dari konteks dan bahasa yang berbeda, tetapi untuk menunjukkan tinjauan literatur yang memadai dan tepat terutama untuk menyertakan publikasi yang diterbitkan dalam lima tahun terakhir.

Orisinalitas penulisan penelitian

Ini berarti bahwa penulisan penelitian tidak boleh menduplikasi sejumlah kesamaan dari laporan penelitian lainnya. Institusi atau penerbit yang berbeda akan memiliki tingkat kesamaan yang berbeda yang diizinkan dalam makalah seperti 20%, 25% dan sebagainya.

Sebagian besar penerbit akan memeriksa ini melalui berbagai perangkat lunak atau aplikasi seperti “Turnitin” yang dapat memeriksa plagiarisme menggunakan platform online.

Contoh Lembar Pernyataan Keaslian

Lembar pernyataan keaslian diperlukan untuk menunjukkan keaslian suatu karya bahwa karya tersebut bukan plagiat. Contoh karya tulis yang menyertakan lembar pernyataan keaslian, misalnya:

Skripsi

Skripsi sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan Strata 1 pendidikan di Indonesia, sangatlah wajib untuk menuliskan surat pernyataan keasilian dari hasil penelitian yang dilakukannya. Dengan adanya keorisinalitasan ini tentusaja akan bisa memperkuat karya yang kemudian menjadi syarat kelulusan. Berikut contohnya;

Contoh Surat

Contoh Lembar Pernyataan Keaslian pada Skripsi

Contoh Keaslian Skripsi

PERNYATAAN                                                                      

Dengan ini saya menyatakan:

  1. Karya tulis saya, Skripsi ini adalah asli dan belum pernah diajukan untuk mendapatkan gelar Akademik Sarjana/AhliMadya, baik yang ada Universitas Berasangkutan maupun di PerguruanTinggi lain.
  2. Karya tulis ini yang dibuat ini adalah serangkain gagasan, rumusan dan penelitian yang telah saya buat sendiri, tanpa bantuan pihak lain terkecuali arahan Tim Pembimbing dan Penguji.
  3. Pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Jakarta, 07 Desember 2020

Yang membuat pernyataan,

Nama Mahasiswa Yang Bersangkutan

Tesis

Thesis adalah karya tulis ilmiah yang dibuat sebagai prasyarat kelulusan pendidikan Starta 2 atau Pascasarjana. Pembuatan thesis ini sendiri dilakukan dengan beragam jenis metode penelitian, khususnya menguci serta memperkuat landasan teori. Untuk proses akhirnya, maka setiap pembuat thesis haruslah mencantumkan surat pertanyaan keasilian karyanya, berikut contohnya;

Contoh Keaslian Thesis

Contoh Lembar Pernyataan Keaslian pada Tesis

Contoh Penulisan Surat Keaslian Karya

PERNYATAAN KEASLIAN TESIS

Saya yang bertandatangan di bawah ini dengan;

Nama                    :

NIM                      :

Program Studi    : Magister Kedokteran UGM

Judul Tesis          :

Menyatakan dengan sesungguh-sungguhnya serta sebenarnya bahwa tesis penelitian yang saya serahkan melalui penelitian ini adalah benar-benar merupakan hasil karya saya sendiri.

Jogjakarta,  23 Mei 2021

Pembuat Pernyataan,

Nama Mahasiswa Bersangkutan

Karya Lomba KTI/Essay/Paper/Dan lainnya

Dalam proses pembuatan karya ilmiah seperti paper, jurnal, ataupun dalam essay haruslah menyertakain surat pernyataan keaslian karya. Hal ini sangat penting dan biasanya dipersyaratkan oleh penyelenggara event yang bersangkutan. Dan berikut inilah contohnya;

Contoh Penulisan Surat Keaslian
Contoh Lembar Pernyataan Keaslian pada Karya Lomba

Contoh Keaslian Karya Untuk Lomba

SURAT PERNYATAAN KEASLIAN KARYA LOMBA

 

Nama                                     :

Tempat / Tanggal Lahir     :

Alamat/HP/e-mail              :

No. KTP / Pelajar                :

Jenis Lomba                         :

Judul Karya Diajukan         :

Menyatakan sepenuhnya dan sebenar-benarnya bahwa usulan karya yang saya daftarkan pada Lomba Menulis Esay/KaryaTulis/Paper/Makalah/Jurnal/Bisnis Plan merupakan karya  orisinil saya dan bukan jiplakan (plagiat) karya orang lain. Apabila dikemudian hari ternyata ada pernyataan dari pihak lain mengenai keaslian hasil karya ini saya bersedia mempertanggungjawabkan secara hukum.

Demikianlah penyetaan atas surat keorisinalitasan ini dibuat dengan sadar berdasarkan dengan data sebenarnya, tanpa paksaan yang diberikan oleh pihak manapun.

 

(Tempat), (tgl/bln/thn)

(Sertakan dengan Materai 6000)

    (…………………………………..)

(Nama Lengkap Peserta Lomba)

Laporan Magang

Magang dalam suatu perusahaan biasanya menjadi mata kuliah yang wajib dilakukan oleh setiap mahasiswa/i yang ada di PTN ataupun Perguruan Tinggi Swasta di Indonesa. Dalam perloporan akhirnya setiap magang akan diberikan saran untuk membuat surat pernyataan keaslian. Oleh karena itulah berikut contoh yang bisa diberikan, antara lain;

Contoh Keaslian Laporan Magang

Contoh Lembar Pernyataan Keaslian pada Laporan Magang

Contoh Penulisan Tugas Akhir Magang

SURAT PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH

dan

PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH MAGANG

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                 :

NPM                  : 3203012172

Judul magang :

 

Menyatakan bahwa tugas akhir laporan magang ini adalah ASLI karya tulis saya. Apabila kemudian hari telah terbukti bahwa karya tulis ini merupakan hasil plagiarism dari pihak lain, maka saya bersedia untuk sepenuhnya menerima sanksi yang akan diberikan oleh Fakultas Bisnis Universitas (Sebutkan Nama Kampusnmu).

Saya juga mcnyetujui bahwa karya tulis ini dipublikasikan/ditampilkan di intemet atau media lain (digital library Papustakaan) untuk kepcntingan akademik sebatas sesuai dengan Undang-undang Hak Cipta yang telah berlaku.

Demikian panyataan keaslian dan persetujuan publikasi karya ilmiah yang saya buat dengan sebenar-benarnya.

 

(Tempat), (tgl/bln/thn)

(Sertakan dengan Materai 6000)

    (…………………………………..)

(Nama Lengkap Mahasiswa/i Yang Magang)

Menuliskan Lembar Pernyataan Keaslian Karya

Berdasarkan contoh-contoh di atas sebagimana yang telah dituliskan, terdapat beberapa hal yang perlu Anda ketahui dalam membuat lembar pernyataan keaslian karya, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Kebanyakan pada surat pernyataan keaslian tidak mencantumkan kop instansi
  2. Harus ada tulisan yang menunjukkan bahwa lembar tersebut adalah lembar pernyataan keaslian karya. Tulisan tersebut bisa berbeda-beda tapi pada dasarnya sama, misalnya “Pernyataan Keaslian Tulisan”; “Pernyataan Orisinalitas Tesis”; “Surat Pernyataan”; “ Lembar Pernyataan Keaslian”; “Pernyataan”; “Surat Pernyataan Keaslian”, dan lain-lain.
  3. Di bawah tulisan tersebut, selanjutnya dicantumkan identitas penulis (si pembuat pernyataan). Informasi untuk melengkapi identitas disini juga bisa berbeda-beda antara satu surat dengan yang lainnya. Jika pernyataan tersebut dibuat oleh mahasiswa biasanya mencantumkan Nama, Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dan Program Studi.

Sedangkan untuk pernyataan dalam karya lomba identitas yang dicantumkan lebih banyak lagi, misalnya Tempat/Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Pekerjaan, Alamat, No Hp, E-mail, sebagaimana contoh pada gambar di atas.

  1. Setelah identitas penulis, tuliskan kalimat pernyataan untuk menunjukkan bahwa yang tersebut benar-benar karya Anda sendiri. Pada bagian ini biasanya mencantumkan judul karya yang Anda buat. Meskipun tidak selalu demikian, pada lembar pernyataan keaslian tesis seperti contoh di atas, judlu karya dituliskan pada bagian identitas penulis.

Kalimat pernyataan tersebut misalnya:

“Menyatakan bahwa skripsi saya berjudul “

KAJIAN SPASIAL-TEMPORAL PERKEMBANGAN MANGROVE CENTER TUBAN DALAM MEMPRODUKSI RUANG UNTUK EKOWISATA BERBASIS MASYARAKAT DI KECAMATAN JENU KABUPATEN TUBAN TAHUN 2010-2017 (Untuk Mendukung Substansi Pembelajaran Geografi SMA Kelas XI Pada Materi Pengelolaan Sumberdaya Alam Indonesia)

ini benar-benar merupakan hasil karya saya sendiri. Selain itu, sumber informasi yang dikutip penulis lain telah disebutkan dalam teks dan dicantumkan dalam daftar pustaka”

  1. Tuliskan kalimat pernyataan kesediaan menerima sanksi apabila di kemudian hari ternyata ditemukan bahwa ternyata karya tersebut tidak benar-benar karya dari penulis. Contoh kalimat tersebut misalnya:

“Apabila pada kemudian hari terbukti atau dapat dibuktikan skripsi ini hasil jiplakan, saya bersedia menerima sanksi atas perbuatan saya”.

  1. Dalam lembar pernyataan keaslian juga harus mencantumkan nama tempat dan tanggal pembuatan pernyataan.

Pada lembar pernyataan keaslian selain membubuhkan tanda tangan yang diikuti nama terang penulis, harus disertai dengan materai 6000 sebagai tanda pajak dokumen.

Nah, demikianlah setidaknya artikel yang sudah kami selesaikan terkait dengan contoh-contoh lembar pernyataan keaslian skripsi, makalah, tugas akhir, thesis, laporan magang, LKTI, Essay, dan cara membuatnya dengan baik. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan serta membantu pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *