Fungsi Variabel Kontrol dalam Penelitian

Diposting pada

Manfaat Variabel Kontrol

Variabel kontrol yang juga dikenal dengan variabel kendali pada hakekatnya menjadi bagian penting dari desain riset eksperimental. Alasannya karena variabel penelitian merujuk pada faktor yang berkontribusi serta mampu diperbaiki adengan jelas hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat.

Disisi lain, setidaknya adanya variabel kontrol juga memiliki beberapa manfaat untuk memperoleh hasil penelitian yang lebih baik.

Variabel Kontrol

Variabel kontrol adalah jenis variabel yang ditentukan oleh si peneliti dalam mempertahankan riset selama dalam percobaan.

Sehingga variabel kontrol dikenal sebagai variabel konstan yang bukan berada dalam bagian dari eksperimen nampun memberikan kendali terhadap variabel bebas atau terikat, hal ini penting karena dapat memiliki efek pada hasil.

Fungsi Variabel Kontrol

Adapun untuk manfat adanya variabel kontrol dalam penelitian. Antara lain;

  1. Mampu Memberikan Kenetralan dalan Penelitian

Setiap percobaan yang diberikan memiliki banyak variabel kontrol dan penting bagi seorang peneliti untuk mencoba mempertahankan semua variabel konstan kecuali untuk variabel independen. Alasannya apabila karakteristik variabel kontrol mengalami perubahan selama percobaan, maka itu bisa membatalkan korelasi antara variabel bebas dan terikat.

Akan tetapi apabila memungkinkan, variabel kontrol penting juga untuk diidentifikasi, diukur, dan dicatat agar mampu memberikan kenetralan dalam menkaji topik penelitian tertentu.

  1. Meningkatkan Akurasi Penelitian

Variabel kontrol berfungsi sebagai akurasi pada saat melakukan penelitian. Hal ini disebabkan karena variabel penelitian terdapat banyak jenisnya, sehingga ketika tidak ada yang menjadi penyeimbang maka sebagai segala sesuatu yang berbentuk apa saja yang ditetapkan oleh peneliti akan menjadi rancu.

  1. Memberikan Kemudahan dalam Penjelasan

Meskipun variabel kontrol mungkin tidak dapat diukur hanya perlu untuk sering dicatat, tetapi adanya variabel ini dapat memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil percobaan.

Alasannya karena kurangnya kesadaran variabel kontrol dapat menyebabkan hasil yang salah atau apa yang disebut “variabel perancu“. Oleh karena itulah manfaat lainnya adanya variabel kontrol ialah memberikan kemudahan terhadap penjelasan yang diberikan.

Contoh Variabel Kontrol

Sebagai penjelasan yang lebih memahamkan. Berikut ini contoh fungsi adanya variabel kontrol dalam penelitian. Misalnya saja. Topik penelitian tentang pertanian, khususnya keberhasilan penanaman kacang tanah. Proses penelitian ini akan terasa sulit jikalau tidak adanya variabel kontrolnya.

Oleh sebab itulah diperlukan variabel kontrol berupa jenis lahan pertanian yang dipergunakan oleh petani dalam melakukan budidayanya.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami tuliskan dan bagikan pada semua pembaca berkenaan dengan manfaat variabel kontrol dalam penelitian ilmiah. Semoga memberikan wawasan.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *