Pengertian Riwayat Hidup, Ciri, Tujan, dan Cara Menulisnya

Diposting pada

Riwayat Hidup Adalah

Riwayat hidup dikenal juga dengan istilah curriculum vitae merupakan CV Anda adalah persona Anda di atas kertas. Itu harus menarik dan meyakinkan terkait dengan kualifikasi yang Anda miliki. Daftar isi riwayat hidup biasanya banyak digunakan untuk keperluan melamar pekerjaan, sehingga ini harus berisi deskripsi terperinci dan komprehensif dari kredensial dan prestasi akademik Anda.

Riwayat hidup atau CV berbeda dengan resume, meskipun perbedaannya tampak sangat halus di permukaan, tetapi terbukti cukup dalam dalam varian informasi yang disajikan. Resume terdiri dari tiga bagian sederhana: nama dan informasi kontak, pendidikan dan pengalaman kerja. Sebaliknya, CV berisi lebih banyak tentang ikhtisar dari prestasi Anda dalam hidup, terutama yang paling relevan dengan dunia akademis.

Riwayat Hidup

Riwayat hidup atau curriculum vitae merupakan dokumen terperinci yang menyoroti sejarah profesional dan akademik Anda. CV biasanya mencakup informasi seperti pengalaman kerja, prestasi dan penghargaan, beasiswa atau hibah yang Anda peroleh, kursus, proyek proposal penelitian, dan publikasi pekerjaan Anda. Atau dengan kata lain CV dapat diartikan sebagai dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman sesorang dan kualifikasi lainnya.

Secara etimologis, istilah curriculum vitae merupakan sebuah ekspresi Latin yang secara longgar dapat diterjemahkan sebagai “perjalanan dalam hidup saya”.

Pengertian Riwayat Hidup

Riwayat hidup adalah catatan singkat tengatang gambaran diri seseorang. Selain berisi data pribadi, gambaran diri tersebut paling tidak harus berisi keterangan tentang pendidikan atau keahlian dan pengalaman. Dengan data tersebut riwayat hidup akan memberikan gambaran atau kualifikasi seseorang.

Pengertian Riwayat Hidup Menurut Para Ahli

Adapun definisi riwayat hidup menurut para ahli, antara lain:

Cambridge Dictionary

Curriculum vitae adalah deskripsi singkat tertulis tentang pendidikan Anda, kualifikasi, pekerjaan sebelumnya, dan kadang-kadang juga minat pribadi Anda, yang Anda kirim pada atasa Anda ketika Anda mencoba untuk melamar pekerjaan.

Merriam-Webster

Curriculum vitae adalah laporan singkat tentang karier dan kualifikasi seseorang yang disiapkan biasanya oleh pelamar untuk suatu posisi tertentu.

The Balance Careers

Curriculum vitae adalah dokumen yang digunakan untuk membuat daftar kualifikasi seseorang dan melamar pekerjaan. Ia bekerja dengan cara yang hampir sama dengan resume dan memberikan informasi terperinci tentang pendidikan dan riwayat kerja seseorang. Singkatnya, sering disebut CV, jauh lebih komprehensif daripada resume biasa dan karenanya bisa lebih lama.

Ciri Riwayat Hidup

adapaun untuk karakteristik dari daftar riwayat hidup yang baik dan menarik yaitu:

  1. Menggunakan bahasa yang formal dan sesuai EYD
  2. Berisi informasi diri yang sesuai dengan pekerjaan yang dilamar
  3. Menggunakan desain yang menarik namun tidak berlebihan
  4. Rapi

Jenis Riwayat Hidup

Curriculum vitae/daftar riwayat hidup dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Curriculum Vitae berdasarkan urutan kronologis

Ini merupakan jenis CV yang biasanya digunakan kebanyakan orang. CV ini mengedepankan pendidikan dan pengalaman kerja dalam urutan kronologis, baik digunakan bila seseorang memiliki tipe perkerjaan yang sama sepanjang karir seseorang, sehingga CV model ini akan memperlihatkan perkembangan karir seseorang.

Jenis CV seperti ini lebih disenangi oleh sejumlah perusahaan, karena format susunannya yang dimulai dengan pengalaman kerja paling baru.

  1. Curriculum Vitae berdasarkan keterampilan

Ini merupakan jenis CV yang lebih terfokus pada keterampilan dibanding pengalaman kerja. Fungsinya yaitu untuk meyakinkan pemberi kerja bahwa seseorang mempunyai keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan tersebut. Jenis CV ini cocok untuk para fresh graduate dan orang yang ingin berganti pekerjaan ke bidang yang berbeda dengan bidang kerjanya dulu.

Tujuan Riwayat Hidup

Seperti yang telah ditulis di atas bahwa CV adalah dokumen ringkas yang merangkum masa lalu Anda, keterampilan profesional, kemahiran dan pengalaman Anda.

Tujuan dari dokumen ini adalah untuk menunjukkan bahwa Anda memiliki keterampilan yang diperlukan (dan beberapa yang saling melengkapi) untuk melakukan pekerjaan yang Anda lamar. Secara harfiah Anda menjual bakat, keterampilan, keahlian, dan lain-lain.

Secara lebih rinci, daftar riwayat hidup disusun dengan tujuan sebagai berikut:

  1. Untuk memberi tahu atasan tentang perincian pribadi Anda seperti pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, dan minat.
  2. Untuk mendapatkan wawancara untuk pekerjaan tertentu yang telah Anda lamar.
  3. Untuk menunjukkan bagaimana Anda memenuhi kriteria untuk pekerjaan yang Anda lamar.
  4. Untuk meenunjukkan kualitas diri Anda dan meyakinkan atasan untuk mengundang Anda untuk wawancara.
  5. Untuk keprluan posisi akademik, karya ilmiah, penelitian atau medis; men-submit naskah untuk publikasi; ulasan tenurial dan pengajuan hibah atau beasiswa.
  6. Dokumen promosi diri.
  7. Untuk menunjukkan bagaimana Anda unik dalam kemampuan Anda untuk menambah nilai bagi organisasi.
  8. CV merupakan potret riwayat karier Anda, ini digunakan untuk mengevaluasi kesesuaian Anda untuk peran spesifik yang telah Anda lamar.

Cara Menuliskan Riwayat Hidup

Langkah-langkah dalam penulisan CV atau riwayat hidup dalam Bahasa Indonesia. Antara lain;

  1. Brainstorming untuk CV Anda

Tahapan yang pertama dalam Brainstorming untuk CV terdiri atas beberapa hal. Antara lain;

  • Ketahui informasi apa yang umumnya dikandung oleh CV

Sebagian besar CV meliputi informasi pribadi Anda, pendidikan dan kualifikasi, pengalaman kerja, minat dan prestasi, keterampilan dan referensi Anda. Orang yang berpengalaman juga menyesuaikan CV dengan pekerjaan yang Anda lamar. Gunakan format modern namun profesional. Namun, tidak ada format yang ditetapkan untuk CV, apa yang Anda masukkan terserah Anda.

  • Pertimbangkan pekerjaan yang Anda lamar

Teliti perusahaan. CV yang bagus disesuaikan dengan pekerjaan tertentu dan perusahaan yang Anda lamar. Apa yang dilakukan perusahaan? Apa misi mereka? Menurut Anda apa yang mereka cari dari seorang karyawan? Keterampilan apa yang dibutuhkan oleh pekerjaan spesifik yang Anda lamar? Ini semua hal yang perlu diingat saat menulis CV Anda.

  • Periksa situs web perusahaan untuk informasi tambahan tentang CV

Lihat apakah ada informasi spesifik yang ingin Anda cantumkan di CV Anda. Mungkin ada arahan khusus yang tercantum di halaman aplikasi. Selalu periksa ulang hal ini.

  • Buatlah daftar pekerjaan yang pernah/sedang Anda lakukan

Ini bisa berupa pekerjaan yang Anda lakukan saat ini dan pekerjaan yang Anda di masa lalu. Masukkan tanggal Anda memulai dan mengakhiri masa jabatan di setiap pekerjaan tertentu.

  • Brainstorming hobi dan minat Anda

Minat atau hobi unik akan membuat Anda menonjol. Waspadai kesimpulan yang mungkin diambil dari hobi Anda. Cobalah untuk membuat daftar hobi yang menggambarkan Anda sebagai individu yang berorientasi pada tim alih-alih sebagai orang yang soliter dan pasif.

Perusahaan menginginkan seseorang yang bekerja dengan baik dengan orang lain dan dapat mengambil alih jika perlu.

  • Buatlah daftar keterampilan Anda yang relevan

Keterampilan ini sering mencakup keterampilan komputasi (apakah Anda ahli di WordPress? Excel? InDesign?, dan lain-lain.), Bahasa yang Anda gunakan, atau hal-hal spesifik yang dicari perusahaan, seperti keterampilan yang ditargetkan.

Contoh keterampilan yang ditargetkan: Jika Anda melamar menjadi penulis untuk sebuah surat kabar, daftar bahwa Anda fasih dalam gaya APA. Jika Anda melamar pekerjaan pengkodean, sebutkan bahwa Anda telah bekerja dengan JavaScript.

  1. Menulis CV Anda

Sedangkan untuk tahapan yang kedua dalam menulis CV, antara lain;

  • Buat format untuk CV Anda

Apakah Anda akan memecah setiap bagian dengan garis? Apakah Anda akan meletakkan setiap bagian dalam kotak tersendiri? Apakah Anda akan mendaftar semua informasi Anda? Bermain-mainlah dengan format yang berbeda untuk melihat mana yang terlihat paling profesional. Usahakan untuk tidak menggabungkan bagian depan dan belakang dalam selembar kertas standar.

  • Tuliskan nama, alamat, nomor telepon, dan email Anda di bagian atas halaman

Penting untuk membuat tulisan nama Anda berukuran lebih besar dari teks yang lain karena penting bagi peninjau Anda untuk mengetahui siapa yang ia baca. Terserah Anda bagaimana Anda memformat informasi ini.

Format standar adalah menempatkan nama Anda di tengah halaman. Alamat rumah Anda harus tercantum dalam format blok di sisi kiri kertas. Masukkan nomor telepon dan email Anda di bawah alamat rumah Anda. Jika Anda memiliki alamat lain (seperti alamat Anda saat Anda berada di sekolah) tuliskan alamat ini di sebelah kanan kertas.

  • Tulis profil pribadi

Ini adalah bagian opsional dari CV yang baik untuk memberi ulasan tentang diri Anda secara lebih mendalam sebagai pribadi. Di sinilah Anda menjual keterampilan, pengalaman, dan kualitas pribadi Anda. Itu harus asli dan ditulis dengan baik. Gunakan kata-kata positif seperti “mudah beradaptasi”, “percaya diri”, dan lain-lain.

  • Buat bagian untuk pendidikan dan kualifikasi Anda

Bagian ini bisa di awal CV Anda atau Anda dapat memilih untuk mendaftar setelah bagian lain. Urutan bagian terserah Anda. Daftarkan pendidikan Anda dalam urutan kronologis terbalik. Mulailah dengan universitas jika Anda mengkuti dan bekerja dengan cara Anda mundur. Tuliskan nama universitas Anda, tanggal Anda diterima disana, jurusan Anda, dan tingkat nilai rata-rata Anda.

  • Buat bagian untuk pengalaman kerja Anda

Ini adalah bagian di mana Anda harus mendaftar semua pengalaman kerja yang relevan. Tuliskan nama perusahaan, lokasi perusahaan, tahun Anda bekerja di sana, dan apa yang Anda lakukan. Mulailah dengan pekerjaan terbaru Anda dan mundur pada pekerjaan yang sebelumnya, dan seterusnya.

Jika Anda memiliki daftar panjang pengalaman kerja, berikan pengalaman yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

  • Buat bagian untuk keterampilan dan prestasi Anda

Bagian ini adalah tempat Anda menuliskan hal-hal yang Anda capai pada pekerjaan sebelumnya, dan keterampilan yang telah Anda kembangkan melalui pengalaman Anda. Ini juga merupakan bagian di mana Anda mencantumkan karya apa pun yang diterbitkan, pidato yang pernah Anda berikan, kelas yang pernah Anda ajarkan, dan lain-lain.

  • Buat bagian untuk minat Anda

Anda harus membuat daftar minat yang relevan yang menggambarkan Anda dengan cara yang paling positif. Pilih beberapa minat dari daftar yang Anda buat saat curah pendapat untuk CV Anda (di Bagian Satu).

  • Buat bagian untuk informasi lainnya

Jika ada celah yang mencolok di CV Anda atau ada beberapa informasi lain yang ingin Anda bagikan, letakkan di bagian ini. Informasi semacam ini dapat termasuk meninggalkan pekerjaan untuk merawat anak-anak, bergabung dengan organisasi tertentu, dan lain-lain.

Contoh: Saya mengambil cuti dua tahun dari jalur karier yang saya maksudkan dalam penerbitan untuk mengajar bahasa Inggris di Brasil melalui program TEFL. Mengajar Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua telah membantu saya lebih memahami nuansa halus dari bahasa tersebut.

  • Buat bagian untuk referensi

Ini adalah orang-orang yang pernah bekerja dengan Anda di masa lalu seperti profesor, atasan sebelumnya, dll. Yang telah melihat pekerjaan Anda dan secara kredibel dapat mendukung pujian yang mereka berikan kepada Anda. Perusahaan tempat Anda melamar dapat menghubungi referensi ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang pekerjaan Anda sebelumnya.

Anda harus berbicara dengan orang yang ingin Anda daftarkan referensi sebelum benar-benar mendaftarkannya – yang terbaik adalah periksa kembali apakah mereka masih memiliki nomor yang sama, boleh-boleh saja dengan memberikan referensi, atau mereka ingat siapa Anda. Tuliskan nama lengkap dan informasi kontak mereka (termasuk nomor telepon dan email mereka).

  1. Menyelesaikan CV Anda

Sedangkan untuk langkah selanjutnya, dalam membuat CV yang baik. Antara lain;

  • Periksa ejaan dan tata bahasa Anda

Ejaan yang buruk adalah cara tercepat untuk ditolak. Jika CV Anda ceroboh atau penuh dengan kesalahan, calon atasan Anda tidak akan terkesan. Periksa dua kali (dan tiga kali lipat) apakah Anda telah mengeja nama perusahaan dengan benar, serta perusahaan yang pernah bekerja dengan Anda sebelumnya.

  • Mengoreksi untuk setiap kalimat yang dapat ditulis lebih ringkas

CV yang ringkas dan ditulis dengan baik cenderung lebih baik daripada CV yang bertele-tele yang memiliki informasi berulang. Pastikan Anda tidak mengulangi sendiri – lebih baik untuk membuat daftar banyak sifat Anda daripada beberapa sifat yang sama berulang kali.

  • Baca CV Anda seolah-olah Anda adalah perusahaan tempat Anda melamar

Apa pendapat Anda tentang tata letak dan informasi yang tertulis di sana? Apakah Anda tampil sebagai seorang profesional?

  • Biarkan orang lain memberi masukan dengan membaca CV Anda

Menurut mereka apa yang bisa ditambahkan atau dikurangi? Apakah mereka akan mempekerjakan Anda jika mereka adalah perusahaan yang Anda tuju?

  • Periksa halaman aplikasi perusahaan

Lihat apakah ada bahan lain yang ingin Anda kirim bersama CV Anda. Perusahaan dapat meminta surat pengantar atau sampel karya Anda (seperti artikel yang mungkin telah Anda tulis).

Itulah tadi materi yang bisa dibagikan kepada segenap pembaca semuanya terkait dengan pengertian riwayat hidup menurut para ahli, ciri, jenis, tujuan, cara menulis, dan contoh singkatnya. Semoga melalui konten ini memberikan wawasan dan menambah pengetahuan. Trimakasih,

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *