Tujuan Pembuatan Daftar Riwayat Hidup

Diposting pada

tujuan daftar riwayat hidup yaitu

Kadangkala banyak pertanyaan mengapa seseorang dalam bidang pendidikan, pekerjaan, dan lainnya sangat membutuhkan pembuatan daftar riwayat hidup?. Sebenarnya, penulisan riwayat hidup menjadi penting untuk memiliki sumber informasi yang dapat memberikan detail lengkap kepada orang lain tentang kualifikasi dasar dan pengalaman yang telah dilakukan.

Atas penjelasan inilah tujuan daftar riwayat hidup dibuat untuk mengesankan pembaca atau perekrut yang sebelumnya dikirimkan sebagai lamaran ke iklan lowongan pekerjaan atau sebagai pendekatan spekulatif ke perusahaan prospektif. Selian itujuga CV berharga dan penting karena itu adalah komunikasi langsung pertama seseorang dengan orang lainnya.

Riwayat Hidup

Riwayat hidup ialah catatan singkat tentang gambaran diri atau kualifikasi seseorang. Sehingga dalam hal ini daftar riwayat hidup atau CV juga bisa diartikan sebagai jenis dokumen yang memberikan ringkasan riwayat karir pencari kerja, kualifikasi akademik, dan juga menjelaskan potensi masa depan

Tujuan Riwayat Hidup

Adapun untuk tujuan penulisan daftar riwayat hidup diantaranya yaitu:

  1. Dibuat untuk melamar pekerjaan

Secara umum, CV dibuat untuk melamar sebuah pekerjaan. Selain itu, CV juga biasanya dibuat untuk keperluan mendaftar beasiswa, lomba-lomba, seminar, atau sebagai lampiran pendukung ketika mengirim tulisan ke surat kabar yang berbentuk opini dan cerpen ataupun tulisan dalam bentuk buku ke penerbit.

Bukan hanya itu, saat kita menulis arti skripsi, makna tesis, dan desertasi biasanya akan di lampirkan pula CV dari seorang penulisnya.

  1. Mempermudah mengevalusi kompetensi dan bakat

Bagi perusahaan yang membuka lowongan kerja atau pemberi kerja. Manfaat adanya CV dapat memudahkan mengevaluasi kompetensi dan bakat pelamar yang memiliki relevansi dengan apa yang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan.

  1. Memberi tahu perincian pribadi kita

Penulisan daftar riwayat hidup pada dasarnya bertujuan untuk memberi tahu calon atasan atau orang maupun lembaga pemberi kerja tentang perincian pribadi kita, misalnya pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, dan minat.

  1. Mendeskripsikan kemampuan

Bagi pelamar pekerjaan, daftar riwayat hidup merupakan cara untuk mendeskripsikan kemampuan yang dimiliki dengan cara yang realistis dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Tingkat relevansinya tergantung pada teknik evaluasi yang dilakukan pelamar.

  1. Menunjukkan kriteria yang dipersyaratkan

Dalam daftar riwayat hidup kita tentunya menuliskan kualifikasi pendidikan maupun pengalaman kerja kita yang sesuai dengan posisi yang dibutuhkan. Melalui kualifikasi pendidikan dan pengalaman tersebut kita dapat menunjukkan bahwa kita memiliki kriteria yang sesuai dengan posisi tersebut.

  1. Menunjukkan kualitas

Daftar riwayat hidup yang berisi tentang informasi pribadi, pendidikan, pengalaman kerja, dan lain-lain dapat berguna untuk menunjukkan kualitas diri kita serta meyakinkan pemberi kerja untuk mengundang kamu untuk wawancara.

  1. Sebagai potret

Daftar riwayat hidup atau CV merupakan potret riwayat karier yang selama ini telah dilakukan oleh seseorang dalam kehidupannya. Hal ini penting dipakai untuk mengevaluasi kesesuaian dan kemampuan untuk peran spesifik yang sudah diinginkan.

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa cara menyajikan riwayat hidup yang bagus sangat diperlukan. Misalnya untuk proses penulisannya perlu dirancang dan ditulis dengan hati-hati sehingga memberikan dampak positif langsung pada pembuat keputusan utama. Hal ini sangat berlaku ketika seorang pembaca melihat CV, mereka seharusnya dapat dengan cepat mendapatkan indikasi yang jelas tentang pengalaman dan potensi yang telah dipaparkan.

Oleh karena itulah, perlu setidaknya di ingatlah bahwa orang yang membacanya tidak akan pernah bertemu, jadi jagalah agar itu bebas dari kesalahan dan fokus secara tata bahasa, karena itu akan dilihat sebagai cerminan diri penulis sebagai pribadi yang membuat daftar riwayat hidup.

Demikianlah artikel yang bisa kami berikan pada segenap pembaca berkenaan dengan tujuan penulisan daftar riwayat hidup serta penjelasan lengkapnya. Semoga memberikan pemahaman untuk kalian semuanya yang sedang membutuhkan.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *