Contoh LPJ (Laporan Pertanggung Jawaban) Kegiatan

Diposting pada

Contoh Laporan Pertanggung Jawaban

Laporan pertanggung jawaban yang disingkat dengan LPJ pada hakekatnya sangatlah diperlukan bagi setiap organisasi, instansi pemerinatah, ataupun komunitas yang telah mendapatkan dana. Penulisan dalam LPJ ini sendiri menjadi bagian penting lantaran dianggap sebagai alur setelah proposal kegiatan disetujui.

Meski demiakian, kadangkala masih ada yang membingkungan untuk struktur kepenulisannya sendiri. Atas alasan itulah diperlukan contoh yang menjadi pedoman dalam penulisan laporan pertanggung jawaban,

LPJ (Laporan Pertanggung Jawaban)

LPJ menjadi salah satu bentuk peloporan yang bersifat legal sehingga meski tidak tergolong dalam karya tulis ilmiah untuk penyusunannya sendiri ada format yang hampir mirip. Yakni terdapat formal kepenulisan untuk BAB 1, BAB 2, dan BAB 3.

Selain itujuga terdapat pengesahan yang menuliskan disetujui atau tidaknya LPJ yang telah dibuat oleh organisasi ataupun dibuat oleh komunitas tertentu.

Contoh LPJ (Laporan Pertanggung Jawaban) Kegiatan

Nah, untuk penjelasan yang lebih lengkap. Berikut ini, merupakan contoh penulisan dan pembuatan dalam laporan pertanggung jawaban untuk sebuah kegiatan beserta struktur kepenulisannya. Yakni;

1#Bagian Cover

Cover LPJ

2#Bagian Isi

LAPORAN PERTANGUNG JAWABAN PELATIHAN KEPEMIMPINAN TINGKAT MENENGAH (PKTM)
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
KAMPUS TAHUN 2021

1. PENDAHULUAN

Institut Agama Islam Negri (IAIN) merupakan universitas berbasis islam yang banyak mencetuskan tokoh-tokoh berilmu dan berbudi. Tidak hanya dalam segi pendidikan umum tapi juga dalam segi ilmu agama. Tidak perlu kita tanyakan lagi aspek apa yang paling dibutuhkan dalam dunia pendidikan dan pekerjaan saat ini, karena semua telinga yang mendengar pasti akan menjawab pendidikan dan keterampilan atau skill dalam berbagai bidang termasuk skill keagamaannya. IAIN mempunyai empat Fakultas yaitu Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Syari’ah, Fakultas Dakwah dan Fakultas Ushuluddhin.

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan sebagai salah satu fakultas di IAIN Raden Intan Lampung yang mencetak tenaga – tenaga pendidik bertujuan menyiapkan mahasiswa sebagai anggota masarakat yang sehat jasmani maupun rohani serta memiliki perilaku yang sopan serta santun dan berpenampilan yang anggun sesuai dengan nilai nilai islam. Selain itu, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan juga mencetuskan tenaga pendidik yang berjiwa berani, bermental tangguh dan tetap berpegang teguh pada nilai serta norma dan tata aturan islam.

Kehidupan mahasiswa di kampus Fakultas Tarbiyah dan Keguruan tentunya tidak terlepas dari peraturan – peraturan kampus sendiri. Kampus merupakan salah satu media untuk mencetak kader – kader penerus bangsa. Oleh karena itu jiwa militansi, kreatifitas dan solidaritas perlu dikembangkan dalam diri tiap mahasiswa, khususnya mahasiswa Fisika.

Seperti apa yang dilakukan oleh HIMAFI (Himpunan Mahasisiwa Fisika), kami melakukan sebuah kegiatan untuk mencetuskan kader-kader baru yang kelak akan membawa keberhasilan Prodi Pendidikan Fisika. Hal ini kami lakukan melalui Pelatihan Kepemimpinan Tingkat Menengah (PKTM). Kegiatan ini merupakan gerbang awal mahasiswa/i Prodi Pendidikan Fisika yang jiwa organisasi tinggi untuk dapat mengaktualisasikan dan mengimplementasikan segala daya dan upaya mereka untuk memajukan jurusan tercinta.

Dengan kegiatan PKTM ini semoga mahasiswa dapat menjadi manusia yang lebih baik, dapat memimpin diri sendiri khususnya dan memimpin orang banyak umumnya terutama karena masing-masing individu merupakan calon pendidik fisika. Selain itu mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini diharapkan juga dapat menjadi insan yang agamis, dapat mengintegrasikan pengetahuan yang dimiliki serta membentuk jiwa militansi dalam dirinya. Selain itu juga melalui kegiatan ini semoga dapat terjalin silaturahmi dan kekeluargaan antar mahasiswa fisika.

Mahasiswa yang memiliki kepribadian yang tangguh merupakan salah satu tujuan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Dan dengan di adakannya PKTM ini semoga menjadi tolak ukur untuk meningkatkan motivasi mahasiswa dalam meningkatkan jiwa militansi, sportivitas, kreatifitas dan solidaritas diri agar kelak menjadi pribadi yang mampu bersaing dalam kehidupan bermasyarakat dengan solidaritas dan kreativitas yang tinggi.

2. NAMA KEGIATAN

PELATIHAN KEPEMIMPINAN TINGKAT MENENGAH (PKTM) 2021

3. TEMA KEGIATAN

Loyalitas, Integritas dan Istiqomah dalam Organisasi

4. TUJUAN

Penyelengaraan kegiatan  PELATIHAN KEPEMIMPINAN TINGKAT MENENGAH (PKTM) 2021 ini bertujuan untuk:

  1. Menumbuhkan rasa kekeluargaan yang tinggi antar mahasiswa fisika.
  2. Menjadikan mahasiswa fisika sebagai seorang pemimpin yang istiqomah.
  3. Memperkaya wawasan mahasiswa fisika dibidang kepemimpinan dan kebangsaan.
  4. Menciptakan Kader organisasi yang loyalitas serta berintegritas yang tainggi.

5. PESERTA

Peserta dari PELATIHAN KEPEMIMPINAN TINGKAT MENENGAH (PKTM) ini seban­yak 38 orang yang terdiri dari mahasiswa fisika semester III .

6. WAKTU PELAKSANAAN

Adapun waktu pelaksanaan PELATIHAN KEPEMIMPINAN TINGKAT MENENGAH (PKTM) yaitu pada hari Sabtu dan Minggu, 3 dan 4 Desember 2020.

7. ANGGARAN DANA

a. Dana masuk

Adapun dana yang terkumpul dalam kegitan PELATIHAN KEPEMIMPINAN TINGKAT MENENGAH (PKTM)  ini sebesar Rp.1.710.000, dimana dana tersebut diperoleh dari iuran peserta @38 orang x Rp.45.000.

b. Dana keluar

Adapun angaran dana yang dikeluarkan dalam penyelenggaraan kegiatan PELATIHAN KEPEMIMPINAN TINGKAT MENENGAH (PKTM) ini sebesar Rp. 1.801.000 (rincian dana terlampir).

8. INDIKATOR SASARAN

  1. Bernuansa islami
  2. Dapat mengimplementasikan sikap seorang pemimpin
  3. Dapat mengimplementasikan sikap militansi dalam kehidupan bermasarakat
  4. Memiliki mental yang tangguh dan percaya diri

9. PENANGGUNG JAWAB

Penanggung jawab kegiatan PKTM ini adalah Ketua Jurusan Pendidikan Fisika Dr Yuberti ,M.Pd. dan dilaksanakan oleh Pengurus HIMAFI IAIN Raden Intan Lampung.

10. HASIL KEGIATAN

Berdasarkan kegiatan PKTM yang telah dilaksanakan terdapat perubahan yang sangat baik pada diri masing-masing peserta.

Seperti, rasa kekeluargaan dan loyalitas timbul pada saat menghadapi  suatu masalah,  lebih percaya diri untuk bereksplorasi di hadapasn umum serta saling mengutarakan  pendapat dengan baik dan mempunyai sikap, mental yang tangguh.

11. PENUTUP

Demikian laporan Kegiatan ini dibuat semoga kegiatan PELATIHAN KEPEMIMPINAN TINGKAT MENENGAH (PKTM) ini bermanfaat bagi kita semua. Segala bentuk kesalahan dan kekurangan dari pelaksanaan kegiatan PKTM ini akan menjadi bahan  evaluasi kami untuk kedepannya agar lebih baik. Atas perhatian dan perkenaan bapak/ibu kami ucapkan terima kasih.

Bandar Lampung,8 Desember 2021

Pengesahan LPJ

3#Bagian Kepanitian

PANITIA PELAKSANA
PELATIHAN KEPEMIMPINAN TINGKAT MENENGAH

SUSUNAN KEPANITIAAN NAMA PANITIA KETERANGAN
Penanggung jawab
Ketua Pelaksana
Sekretaris Pelaksana
Bendahara Pelaksana
Sie. Acara
Sie. Perlengkapan
Sie. Humas
Sie. Dokumentasi
Sie. Kestari
3#Bagian Lampiran

RINCIAN ANGGARAN BELANJA (RAB)  PELATIHAN KEPEMIMPINAN TINGKAT MENENGAH (PKTM)

DANA MASUK

Dana dari peserta @38 peserta x Rp. 45.000 = Rp. 1.710.000

DANA KELUAR

KONSUMSI

  • Konsumsi Pemateri  = Rp. 56.000
  • Aqua botol = Rp. 30.000
  • Snack Pemateri H1 = Rp. 30.000
  • Snack Pemateri H2 = Rp. 10.000
  • Gorengan = Rp. 25.000
  • Buah + Parsel = Rp. 88.000
  • Konsumsi Peserta (4x) = Rp. 1.026.000
  • Tripanca = Rp. 34.000
  • Snack Peserta (2x)= Rp. 152.000
  • Biaya Takterduga = 54.000      +

= Rp. 1.480.000

PERLENGKAPAN

  • Paku               = Rp. 2.000
  • Layar = Rp 35.000
  • Gedung         = Rp. 25.000
  • Banner = Rp. 48.000
  • Galon        = 8.000    +

= Rp. 118.000

 ATK

  • Print Data = Rp. 42.000
  • Tisu = Rp. 10.000
  • Map (8) = Rp. 14.000
  • Sertifikat Pemateri (4) = Rp. 8.000
  • Sertifikat Peserta(38) = Rp. 57.000
  • Print+fotocopy (Cv+ST) = Rp. 20.000
  • Dana Takterduga = Rp. 25.000
  • Transport = 27.000   +

=Rp. 203.000

TOTAL DANA KELUAR = A+B+C

= Rp. 1.480.000+ Rp. 118.000+ Rp.203.000

= Rp. 1.801.000

SISA DANA= DANA MASUK – DANA KELUAR

= Rp. 1.710.000 – Rp. 1.801.000

= Rp. -91.000

Nah, itulah tadi tulisan yang membahas tentang contoh LPJ (Laporan Pertanggung Jawaban) untuk kegiatan yang bisa dijadikan sebagai patokan. Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

2 thoughts on “Contoh LPJ (Laporan Pertanggung Jawaban) Kegiatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *