Pengertian Etnografi Realis, Ciri, dan Contohnya

Diposting pada

Etnografi Realis Adalah

Penelitian etnografi hakekatnya dijalankan sebagai catatan ilumatif tentang kehidupan sosial dan budaya dalam sistem sosial tertentu di masyarakat dengan dasar pada beberapa pengamatan terperinci tentang apa yang sebenarnya dilakukan orang dalam lingkungan sosial yang diamati.

Metode penelitian etnografi ini bahkan dapat digambarkan sebagai metode penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif yang digunakan oleh para sosiolog ketika mempelajari kelompok, komunitas, atau lembaga tertentu yang ditemukan sebagai bagian dari masyarakat kompleks yang lebih besar. Salah satu jenis dalam penelitian etnografi yang mashur dikenal ialah etnografi realis. Oleh karena itulah penting bagi artikel ini untuk menjelaskannya.

Etnografi Realis

Etnografi realis adalah pendekatan secara tradisional dalam penelitian yang digunakan oleh para antropolog budaya untuk melaporkan kajiannya terhadap informasi dalam gaya yang terukur, bahkan seolah-olah tidak terkontaminasi oleh kecenderungan individu, tujuan politik, dan penilaian.

Pengertian Etnografi Realis

Etnografi realis adalah pendekatan etnografi yang berupaya untuk untuk menggambarkan situasi budaya para partisipan secara obyektif dengan mendasarkan pada informasi yang secara langsung diperoleh dari para partisipan di lokasi penelitian dan dipaparkan dengan menggunakan third person point of view (sudut pandang orang ketiga).

Pengertian Metode Etnografi Realis Menurut Para Ahli

Adapun definisi menurut ahli terkait dengan etnografi realis, antara lain adalah sebagai berikut;

Van Maanen (1988)

Menurutnya etnografi realis adalah penelitian yang mencirikan khusus yang diambil oleh peneliti terhadap individu yang sedang dipelajari. Sehingga studi objektif tentang situasi tersebut ada dari perspektif orang ketiga. Oleh karena itulah pada definisi ini ahli etnografi tetap sebagai koresponden mahatahu dari aktualitas yang tidak terlihat.

Creswell (2008)

Pengertian etnografi realis adalah serangkaian pendekatan pada penelitian yang lebih tradisional, sehingga dalam hal ini peneliti mencoba akan memberikan penjelasan objektif tentang situasi, biasanya dari sudut pandang orang ketiga.

Adapun untuk kategori standar digunakan berupa informasi faktual serta kutipan yang diedit secara ketat disajikan sebagai teknik analisis data penelitian untuk kemudian diinterpretasi peneliti pada bagian akhir.

Ciri Etnografi Realis

Sedangkan karakteristik yang umumnya ada dalam penelitian metode penelitian etnografi realis menurut Creswell (2008) sebagai berikut;

Pelopran Hasil Penelitian

Peneliti dalam melaporkan hasil penelitiannya dengan pandang orang ketiga berdasarkan data yang didapatkan melalui observasi atas partisipan dan pandangan-pandangan penelitian. Sehingga kondisi peneliti disini tidak memperlihatkan refleksi peribadinya dan berusaha bertindak hanya sebagai peliput fakta-fakta.

Pemaparan Data Penelitian

Peneliti yang melakukan metode etnografi realis memaparkan data-data yang bersifat obyektif dalam bentuk informasi yang terukur dan bebas dari bias, afiliasi politik, dan penilaian personal. Sehingga dalam karakteristik inilah seorang peneliti diperbolehkan mengikutsertakan data-data tentang kehidupan sehari-hari para partisipan (responden) yang telah disusun dalam kategori-kategori standar penggambaran kultural.

Penyajian Data Penelitian

Peneliti yang mempergunakan metode ini memiliki karakteristik dengan mengungkapkan pandangan dari para partisipan melalui sebuah kutipan-kutipan penuturan yang diedit tanpa merubah makna. Sehingga dalam hal inilah seorang peneliti hanya menyatakan interpretasinya tentang gambaran budaya yang diteliti pada bagian akhir laporan penelitian.

Contoh Etnografi Realis

Dalam upaya memberikan pemahaman atas judul-judul dalam metode etnografi realis. Maka berikut ini dijelaskan, antara lain;

Kehidupan Keluarga

Mempergukan metode dengan penelitian etnografi realis sejatinya bisa dilakukan dengan judul kehidupan keluarga. Hal ini misalnya saja untuk melihat fakta sosial yang sebanarnya membentuk kepribadian seseorang sehingga mempengaruhi kehidupan dalam kelompok sosial seseorang.

Contoh judulnya ialah penelitian terkait dengan orang bersuku Padang di Sumatra Barat yang gemar untuk merantau di berbagai daerah-daerah Indonesia, terutama membuka usaha dengan mendirikan Rumah Makan.

Sistem dalam Status Sosial

Contoh kajian yang bisa dipergunakan lainnya melalui metode dalam etnografi realis ini misalnya saja terkait dengan sistem sosial atas status sosial yang di dapatkan oleh seseorang. Hal ini bisa di jabarkan dalam masyarakat Jawa dimana seorang tenaga pendidik selalu memiliki starta sosial yang tinggi, meskipun terkadang mereka sulit dalam mendapatkan dukungan finansial.

Jaringa-Jarigan Sosial

Kajian lainnya yang bisa dipaparkan dengan metode etnografi realis ini ialah terkait dengan jaringan sosial seseorang dalam suatu kelompok sosial di masyarakat. Contoh nyata yang bisa dlakukan dengan riset ini ialah terkait dengan orang-orang Papua yang tinggal di Jogjakarta, mereka bisa memiliki jaingan sosial yang kuat.

Jaringan Komunikasi

Komunikasi merupakan salah satu kajian yang bisa dilakukan dengan pendepatakan dalam etnografi realis ini. Komunikasi membentuk kepribadian serta mampu menjelaskan kondisi yang mempengaruhi seseorang untuk melakukan tindakan tertantu.

Kajian ini misalnya saja menjelaskan mengapa orang-orang bersuku Lampung selalu berbicara keras, hal ini tidak lain lantaran dalam historical ligancy masyarakat asli Lampung tinggal di dekat dengan Sungai sehingga kondisi ini mempengaruhi gaya bicaranya.

Dari penjelasan diatas, sejatinya dalam analis etnografi realis akan senantiasa memberikan laporan rinci tentang kehidupan sehari-hari individu yang diteliti. Etnografer dalam jenis ini juga menggunakan kategori standar untuk deskripsi budaya yang melatarbelakanginya, sehingga tak khayal jikalau para ahli etnografi menghasilkan pandangannya melalui kutipan yang diedit serta ditafsirkan dan disajikan.

Itulah tadi penjelasan serta pengulasan yang bisa diberikan kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian etnografi realis menurut para ahli, ciri, dan contoh kajian yang bisa dilakukan. Semoga memberikan wawasan serta pengetahuan mendalam bagi pembaca sekalian. Trimakasih,

Daftar Pustaka
  • Creswell, John W. (2008) Education Research. Planing, Conducating, and Evaluating Qualitative & Quantitative Approaches. London. Sage Publications.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *