Pengertian Surveyor, Jenis, Tugas, Fungsi, dan Contohnya

Diposting pada
Rate this post

Pengertian Surveyor

Surveyor secara singkat bisa dikatakan sebagai seseorang yang melakukan survei. Survei ini sendiri bisa diartikan sebagai kegiatan mengukur dimensi tanah, termasuk luas dan ketinggian. Oleh sebab itu keberadaan surveyor juga bisa dipergunakan dalam memperkirakan atau mengukur dimensi lahan.

Disisi lainnya, surveyor memiliki peran penting dalam membantu membuat peta ataupun mengumpulan jenis data penelitian. Lantaran, surveyor juga memiliki fungsi bagi pemerintah untuk memetakan batas suatu wilayah.

Surveyor

Surveyor bisanya bekerja dengan elemen geometri, trigonometri, analisis regresi, fisika, teknik, metrologi, bahasa pemrograman, dan hukum. Bidang pekerjaan ini menggunakan peralatan, seperti total station (TS), robotic total station, theodolite, GNSS receivers, retroreflektor, pemindai 3D, sensor LiDAR, radio, inclinometer, tablet genggam, level optik dan digital, pencari bawah permukaan (subsurface locators), drone, Sistem Informasi Geografi, dan perangkat lunak survei.

Pengertian Surveyor

Surveyor adalah seseorang yang melakukan pemeriksaan maupun pengawasan dalam pengamatan atau observasi terhadap pekerjaan lainnya yang biasnya menjurus pada orang-orang yang bertugas di luar ruangan atau di lapangan pada berbagai jenis medan.

Pengertian Surveyor Menurut Para Ahli  

Adapun definisi surveiyor menurut para ahli, antara lain:

  1. The International Federation of Surveyors (Federasi Surveyor Internasional)

Surveyor adalah seorang profesional dengan kualifikasi akademik dan keahlian teknis untuk melakukan satu atau lebih dari beragam kegiatan yang meliputi menentukan, mengukur dan merepresentasikan lahan, objek tiga dimensi, bidang titik dan lintasan. Mengumpulkan dan menafsirkan lahan dan informasi yang terkait secara geografis. Menggunakan informasi itu untuk perencanaan dan administrasi yang efisien dari darat, laut dan setiap bangunan di atasnya, dan melakukan penelitian tentang praktik-praktik di atas dan mengembangkannya.

Sejarah Surveyor

Sejak awal sejarahnya yang tercatat, penelitian survei yang melahirkan istilah ssurveyor telah menjadi elemen dalam perkembangan lingkungan manusia. Perencanaan dan pelaksanaan sebagian besar bentuk konstruksi memerlukan survei. Hal tersebut juga digunakan dalam transportasi, komunikasi, pemetaan, dan definisi batas-batas hukum untuk kepemilikan lahan, dan merupakan alat penting untuk penelitian di banyak disiplin ilmu lainnya.

Disinilah surveyor memainkan peran kunci dalam mengembangkan kota baru yang berteknologi tinggi dan berkelanjutan, mengatasi perubahan iklim dan memecahkan masalah global seperti urbanisasi, migrasi, dan kelangkaan sumber daya.

Sebagai seorang surveyor, kita dapat memainkan peran sentral dalam membentuk dunia di sekitar kita dan mendapatkan kepuasan melihat proyek kita meningkatkan lingkungan buatan dan alami kita: dari sistem transportasi yang lebih hijau hingga proyek regenerasi perkotaan.

Jenis Surveyor

Surveyor bias dibedakan menjadi beberapa macam, diantaranya:

  1. Surveyor Tanah

Surveyor tanah adalah orang yang merencanakan, mengukur dan mencatat rincian tanah, serta menggunakan peta sebelumnya sebagai dasar untuk membuat sendiri peta tanah yang baru.

  1. Surveyor Arkeologi

Surveyor arkeologi adalah orang yang memiliki tugas khusus untuk melaporkan temuan pada suatu situs arkeologi atau untuk menunjukkan hubungan situs arkeologi dengan lanskap.

  1. Surveyor Properti

Surveyor properti adalah orang yang memeriksa kondisi rumah dan bangunan. Mereka akan melihat masalah seperti dinding yang tidak stabil dan menyoroti setiap perbaikan atau perubahan besar yang diperlukan, seperti memperbaiki atap.

  1. Surveyor Utilitas/Infrastruktur

Surveyor utilitas/infrastruktur adalah orang yang mengukur layanan di atas dan di bawah tanah. Infrastruktur berarti struktur dan fasilitas yang dibutuhkan untuk suatu organisasi seperti air dan saluran listrik.

  1. Surveyor Pertambangan

Surveyor pertambangan adalah orang yang mengeksplorasi dan memperkirakan material di bawah permukaan tanah.

  1. Surveyor Konstruksi

Surveyor konstruksi adalah orang yang mencari tahu di mana benda-benda buatan manusia seperti jalan raya dan jembatan serta bangunan dan pipa harus ditempatkan.

  1. Surveyor Udara

Surveyor Udara adalah orang yang mengumpulkan informasi dan gambar dari pesawat terbang, helikopter atau metode udara lainnya.

  1. Surveyor Hidrografi

Surveyor hidrografi adalah orang yang menggunakan peralatan khusus di kapal untuk menentukan geografi suatu badan air, termasuk kedalaman, pengukuran pasang surut, rintangan garis pantai, dan ciri fisik dasar badan air.

Tugas Surveyor

Surveyor memiliki beberapa tugas dan tanggung jawab yang perlu kita ketahui, diantaranya:

  1. Membantu kegiatan survei dan pengukuran

Salah satu tugas dan tanggungjawab seorang surveyor adalah membantu kegiatan survei dan pengukuran, yang bisa berupa pengukuran topografi lapangan dan melakukan penyusunan, serta penggambaran data-data lapangan.

  1. Mencatat dan mengevaluasi hasil pengukuran

Setelah melakukan pengukuran di lapangan, adanya surveyor bertugas untuk mencatat dan mengevaluasi hasil pengukuran tersebut, sehingga dalam hal ini bisa meminimalisasi kesalahan dan melakukan tindak koreksi dan pencegahannya.

  1. Mengawasi survei lapangan untuk memastikan pengukuran yang akurat

Surveyor juga memiliki tugas untuk mengawasi survei lapangan yang dilakukan oleh kontraktor untuk memastikan bahwa pengukuran dilakukan dengan akurat, sehingga dapat mewakili kuantitas untuk pembayaran sertifikat bulanan untuk pembayaran terakhir.

  1. Mengawasi survei lapangan untuk memastikan pengukuran yang benar

Selain bertugas mengawasi pengukuran yang akurat, surveyor juga bertigas untuk mengawasi survei yang dilakukan kontraktor untuk memastikan bhawa pengukuran dilakukan dengan prosedur yang benar untuk menjamin akurasi data yang sesuai dengan kondisi lapangan untuk keperluan peninjauan desain atau detail desain.

  1. Mengawasi pelaksanaan staking out

Surveyor bertigas untuk mengawasi pelaksanaan staking out, penetapan elevasi atau ketinggian sesuai dengan gambar rencana.

  1. Melakukan pelaksanaan survei lapangan

Selain bertugas untuk melakukan pengawasan, surveyor juga memiliki tugas dan tanggungjawab dalam melakukan survei lapangan dan penyelidikan, serta pengukuran tempat-tempat lokasi yang akan dikerjakan terutama untuk pekerjaan.

  1. Melaporkan dan bertanggung jawab hasil pekerjaan kepada kepala proyek

Setelah survei lapangan dilakukan, surveyor memiliki tugas untuk melaporkan hasil dan mempertanggungjawabkan hasil tersebut kepada kepala proyek.

Fungsi Surveyor

Fungsi dari seorang surveyor di lapangan, diantaranya yaitu:

  1. Menentukan posisi suatu objek

Surveyor memiliki fungsi untuk menentukan posisi suatu objek/titik pada ruang dan waktu tertentu, serta menentukan posisi dan pemantauan bentuk fisik, struktur dan pekerjaan yang berada di atas atau di bawah permukaan bumi.

  1. Mengembangkan, menguji, dan kalibrasi sensor

Surveyor memiliki fungsi dalam hal mengembangkan, menguji, dan juga melakukan kalibrasi pada sensor, yang merupakan peralatan dan sistem untuk pekerjaan survei.

  1. Mendapatkan dan menggunakan informasi tata ruang

Surveyor bermanfaat dalam mendapatkan dan menggunakan informasi tentang tata ruang dari jarak dekat, udara dan citra satelit, serta proses-proses yang bisa dilakukan secara otomatis.

  1. Menentukan posisi batas-batas tanah

Surveyor berfungsi untuk menentukan posisi batas-batas tanah milik masyarakat atau pribadi, termasuk batas-batas dalam skala nasional dan internasional, dan pendaftaran lahan tersebut kepada pihak yang berwenang.

  1. Merencanakan dan membentuk SIG suatu daerah

Surveyor berfungsi dalam merencanakan dan membentuk Sistem Informasi Geografi (SIG) suatu daerah, serta mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, mengelola, menampilkan dan menyebarkan data.

Contoh Surveyor

Adapun untuk contoh adanya surveyor yang mudah ditemukan. Misalnya saja;

  1. Konstruksi

Adanya seorang surveyor konstruksi yang keberadaannya penting dalam hal pemeriksaan bangunan untuk mengidentifikasi kemungkinan kerusakan struktural atau hilangnya integritas, dan kemudian membuat rekomendasi untuk pekerjaan perbaikan yang diperlukan.

Adapaun secara lebih terperinci, peran surveyor konstruksi, yaitu:

  1. Mensurvei properti untuk mengidentifikasi kerusakan struktural dan membuat rekomendasi untuk perbaikan
  2. Memeriksa bangunan untuk tujuan asuransi dan memberi nasihat tentang persyaratan hukum yang relevan
  3. Memberi nasihat tentang efisiensi energi dan dampak lingkungan
  4. Bekerja untuk kegiatan konservasi bangunan bersejarah
  5. Memeriksa properti apakah memenuhi peraturan bangunan, aksesibilitas, dan standar kebakaran dan kesehatan dan keselamatan
  6. Memastikan proyek selesai sesuai jadwal
  7. Mengelola anggaran
  8. Menyiapkan desain dari spesifikasi teknis
  9. Memberi nasihat kepada klien tentang aplikasi perencanaan dan perselisihan batas
  10. Berurusan dengan hibah perbaikan atau konservasi
  1. Pembangunan Gedung

Saat membangun gedung baru, adanya surveyor membantu menentukan berapa banyak tanah yang sedang dibangun, berapa ukuran bangunan yang seharusnya, dan bagaimana ketinggian dapat mempengaruhi prosesnya. Jika kita menyukai matematika, perencanaan, dan bangunan, kita mungkin juga akan senang menjadi seorang surveyor.

  1. Penelitian

Pada beberapa project penelitian yang melahirkan publikasi ilmiah berupa laporan penelitian bisanya diperlukan tenaga para surveyor. Prihal ini misalnya saja surveyor LSI (Lembaga Survai Indonesia) yang merkrut para sukarelawan untuk bertugas mengumpulan data penelitian dari objek penelitian yang telah ditentukan.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan. Dapatlah dikatakan bahwa surveyor adalah seseorang yang menetapkan batas tanah, wilayah udara, dan perairan resmi. Surveyor bekerja dengan insinyur sipil, arsitek lansekap, dan perencana wilayah dan kota untuk mengembangkan dokumen desain yang komprehensif.

Meskipun surveyor lebih banyak bekerja di luar ruangan, tapi mereka juga bekerja di dalam ruangan untuk menyiapkan dokumen hukum dan laporan lainnya. Disisi lainnya, Pada surveyor tidak hanya terbatas pada survei terhadap dimensi lahan, tapi juga bisa mengacu pada berbagai objek lainnya, termasuk penelitian.

Demikinalah saja artikel yang bisa dikemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian surveyor menurut para ahli, macam, tugas, fungsi, dan contohnya. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *