Manfaat Mereview Jurnal Penelitian Secara Umum

Diposting pada

Manfaat Review Jurnal Penelitian

Review literatur berupa jurnal internasional ataupun hasil penelitian pada hakekatnya harus dilakukan secara sistematis. Hal ini lantaran mereview berarti memberikan ringkasan tentang apa yang diyakini penulis sebagai publikasi sebelumnya yang terbaik dan paling relevan.

Review sistematis dalam mengulas jurnal ataupun penelitian akan mampu menentukan dan mamberik manfaat dalam daftar kriteria objektif dan menemukan semua makalah asli yang diterbitkan.

Review Jurnal

Review jurnal adalah ringkasan tulisan yang dilakukan terhadap penelitian yang telah diterbitkan sebelumnya tentang suatu topik tertentu. Langkah ini setidaknya harus memberikan gambaran tentang pemikiran yang dilakukan oleh seorang peneliti.

Manfaat Review Jurnal

Tujuan dilakukannya review jurnal akan memberikan berbagai kegunaan. Antara lain;

  1. Review jurnal setidaknya mampu mengoreksi istilah yang tidak jelas. Saat menulis mungkin ada contoh penggunaan kata-kata yang tidak pantas atau pernyataan yang tidak jelas. Hal ini tentusaja membantu penulis untuk memutuskan apakah akan mengubah istilah.
  2. Review jurnal membantu untuk memperjelas pertanyaan.
  3. Review jurnal memungkinkan penulis untuk melihat pandangan dan perspektif orang lain tentang masalah yang diangkat. Setelah membaca review, penulis bisa keluar dari bias pribadi.
  4. Review jurnal memungkinkan kita untuk meningkatkan tata bahasa kita.
  5. Review jurnal mendorong penulis untuk tampil lebih baik di lain waktu karena ulasan memberikan saran atau kritik terhadap artikel yang telah di publikasikan.

Dari manfaat yang diberikan. Setidaknya penting diketahui bahwa sampel atau contoh review jurnal akan membantu reviewer dari bidang tertentu untuk kemudian diperkenalkan pada pekerjaan para ahli di bidang tertentu.

Contoh review artikel membantu dalam berbagai cara seperti:

  1. Mengidentifikasi kemajuan dan penemuan terkini dan signifikan dalam bidang studi tertentu.
  2. Menentukan orang utama yang bekerja di bidang tertentu.
  3. Membantu mengidentifikasi celah penting dalam penelitian untuk menemukan solusi.
  4. Review jurnal dapat digunakan dalam perdebatan saat ini untuk referensi
  5. Review jurnal sangat bagus untuk menghasilkan ide tentang bidang penelitian selanjutnya
  6. Review jurnal membantu pelajar untuk menjadi ahli dalam bidang studi tertentu.

Dari manfaat yang disebutkan setidaknya proses review jurnal ini juga bisa dikatakan sebagai tempat kita merangkum dan menilai artikel orang lain.

Sehingga hal ini memerlukan evaluasi logis dari tema sentral artikel, mendukung argumen dan implikasi untuk arti penelitian lebih lanjut. Kondisi ini juga menjadi penting untuk memahami poin utama dan argumen artikel untuk akurasi selama penyajian akhir.

Setidanya terdapat beberapa hal yang perlu kita lakukan sebelum mereview artikel suatu jurnal, diantaranya yaitu:

  1. Menemukan jurnal yang sesuai dengan topik penelitian yang diangkat (bedakan jurnal dengan artikel atau tutorial
  2. Membaca keseluruhan dari isi jurnal
  3. Mencoba untuk menuliskan kembali dengan bahasa sendiri pengertian dari jurnal/paper tersebut.
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa review jurnal merupakan teks yang berisi tentang ringkasan penelitian ilmiah terhadap topik-topik tertentu. Hal ini tentusaja bisa dianggap sebagai ringkasan atau evaluasi dari tulisan orang lain.

Adapun review jurnal ditulis dengan tujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang topik tertentu, sehingga dapat membantu individu memahami beberapa topik tanpa membaca seluruh buku atau berbagai jenis dokumen publik.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami berikan pada segenap pembaca berkenaan dengan manfaat membuat review jurnal dalam penelitian. Semoga memberikan pemahaman untuk semua kalangan yang sedang membutuhkan referensinya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *