Pengertian Penilaian Sikap, Jenis, dan Contohnya

Diposting pada

Penilaian Sikap Adalah

Setidaknya berbagai bentuk kegiatan yang dilakukan oleh manusia dalam kehidupan sehari-harinya diperlukan evaluasi. Umumnya kegiatan pada proses evaluasi ini sendiri berada pada arti sikap sosial dan spiritual ini dilakukan dengan cara menilai dan mengukur suatu hal yang telah dilakukannya. Khususnya pada tahapan kegiatan pembelajaran.

Akan tetapi yang pasti, banyak sekali individu yang belum mengetahui secara pasti arti evaluasi berupa penilaian yang menjadi alat ukur penelitian daripada sikap itu sendiri. Baik untuk pelajar, mahasiswa, ataupun tenaga pendidik (guru). Oleh karena itulah, artikel ini secara lengkap akan menjelasannya.

Penilaian Sikap

Sikap bisa dikatakan sebagai pola perilaku yang ditunjukkan dengan melakukan suatu perbuatan dengan cara, teknik, metode, dan tahapan-tahapan tertentu yang ada di lingkungan sekitarnya. Umumnya sikap ini bisa diwujudkan maupun ditunjukkan secara langsung terhadap orang-orang yang ada di dekatnya maupun objek-objek tertentu.

Oleh karena itulah sikap cenderung mengarah pada suatu perilaku atau perbauatan yang dilakukan seseorang akan tetapi tidak semua perbuatan manusia bisa disebut dengan istilah sikap.

Pengertian Pengertian Penilaian Sikap

Penilaian sikap adalah bagian daripada proses penilaian yang bertujuan untuk melihat kepribadian atau keberhasilan seseorang dalam kegiatan belajar, khususnya pada seorang peserta didik yang tidak mempunyai karakter atau daya minat mengenai mata pelajaran tertentu sehingga dianggap cenderung akan sulit menerima materi tersebut dengan mudah.

Akhirnya, adanya instrumen penilaian ini menjadi hasil belajar yang diperoleh bisa kurang maksimal. Lain halnya dengan peserta didik yang memiliki karakter atau daya minat mengenai mata pelajaran tertentu, maka mereka cenderung akan bersikap semangat dan antusias dalam mengukuti pembelajaran. Tentunya hal ini juga berdampak pada hasil belajar peserta didik yang baik atau maksimal.

Pengertian Penilaian Sikap Menurut Para Ahli

Adapun definisi penilaian sikap menurut para ahli, antara lain;

  1. EH Mulyana (2008), Penilaian sikap adalah pengplikasian terkait dengan standar atau sistem pengambilan keputusan terhadap sikap seseorang yang dijalankan dalam keseharian. Sehingga adanya kegunaan utama penilaian sikap sebagai bagian dari pembelajaran adalah refleksi (cerminan) pemahaman dan kemajuan sikap peserta didik secara individual.

Jenis Penilaian Sikap

Adapun untuk bentuk dan ciri adanya penilaian sikap ialah:

  1. Observasi perilaku

Dalam penilaian sikap pada dasarnya bisa dilakukan dengan cara mengobservasi perilaku seseorang. Dimana perilaku tersebut biasanya akan mengarah atau cenderung pada sesuatu hal tertentu.

Contohnya saja seorang individu yang pada umumnya sudah sering minum kopi, maka bisa dipahami bahwa orang tersebut cenderung menyukai kopi. Sedangkan dalam pembelajaran, penilaian sikap ini bisa diamati langsung oleh guru mengenai peserta didiknya. Hasil observasi nantinya dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi kedepan agar lebih baik lagi.

  1. Pertanyaan langsung

Langkah lainnya, dalam penilaian sikap yaitu dengan melakukan pertanyaan secara langsung. Dimana seorang guru bisa menanyakan suatu hal kepada peserta didik dan dari jawaban atau gesture tubuh peserta didik itulah guru bisa melihat sikap yang dimiliki peserta didiknya.

  1. Laporan pribadi

Laporan pribadi juga bisa dipakai untuk melihat penilaian sikap. Penggunaan teknik laporan prbadi ini contohnya pada saat peserta didik diminta untuk membuat usulan mengenai tanggapan atau pandangan mereka mengenai suatu permasalahan yang sedang terjadi, bagaimana mereka akan bertingkah, hal-hal apa yang sekiranya bisa dilakukan dan lain sebaainta.

  1. Skala sikap

Terdapatnya skala sikap yang terbagi dalam dua model. Model pertama yaitu skala diferensiasi semantik (scematic differential techniques) dan model yang kedua adalah skala likert (likert scales). Perlu anda ketahui dalam skala diferensiasi semantik ini ada dua kelebihan yang tidak dimiliki pada skla likert.

Kelebihan kesatu yaitu pada skala ini bisa digunakan untuk berbagai bidang. Sedangkan kelebihan keduanya yaitu skala dilakukan dengan teknik sederhana dan mudah diimplementasikan dalam pengukuran dan penilaian sikap siswa di kelas.

Contoh Penilaian Sikap

Adapun untuk contoh dalam proses pembuatan penilaian sikap ini. Misalnya saja;

  1. Peserta Didik

Peserta didik kerapkali dilakukan proses penilaian sikap. Lembar penilain ini sendiri berhubungan erat dengan hasil belajar yang dilakukan oleh tenaga pengajar.

No Nama Siswa TanggungJawab Jujur Peduli Kerja Sama Santun Percaya Diri Disiplin Skor Rata-rata
1 Nandar
2 Opha
3 Puji
4 Zaindal

Nah, demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian penilaian sikap menurut para ahli, jenis, dan contohnya. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.