Tujuan Pembuatan Teks Laporan Percobaan

Diposting pada

Tujuan Pembuatan Teks Laporan Percobaan

Laporan percobaan pada hakekatnya adalah laporan penelitian secara empiris yang dilakukan oleh penulisnya. Dalam membuatnya seseorang harus memikirkan laporan percobaan sebagai “cerita” dalam hal ini arti penelitian di mana melakukannya melalui percobaan yang sedang dilakukan. Bahkan saat menceritakan kisah seorang penulis harus mampu menyusun argumen tentang validitas dan reliabilitas penelitian. Khususnya terkait arti hasil percobaan dan bagaimana kesesuaiannya dengan pekerjaan sebelumnya.

Teks laporan percobaan ini juga bertujuan untuk mendokumentasikan temuan serta mengkomunikasikan signifikansinya. Perlu dipahami bahwa laporan lab yang baik melakukan lebih dari sekedar data saat ini, akan tetapi menunjukkan pemahaman penulis tentang konsep di balik teknik pengumpulan data. Sehingga tidak hanya merekam hasil, tapi juga mengidentifikasi bagaimana dan mengapa perbedaan terjadi, menjelaskan bagaimana perbedaan itu memengaruhi eksperimen dan menunjukkan pemahaman kita tentang prinsip-prinsip yang dirancang untuk diperiksa eksperimen tersebut.

Teks Laporan Percobaan

Teks laporan percobaan adalah sebagai teks ilmiah yang berisi tentang penjabaran percobaan yang telah dilaksanakan oleh seorang peniliti. Sehingga dalam hal ini setiap penulisan laporan menjadi salah satu jenis dokumen penting untuk menyampaikan informasi tentang sebuah permasalahan yang telah atau tengah diteliti. Seperti halnya dalam bentuk fakta-fakta yang diarahkan pada pemikiran atau tindakan yang akan diambil.

Tujuan Teks Laporan Percobaan

Hasil percobaan setidaknya harus memenuhi tujuan penulisannya. Diantaranya yaitu:

  1. Mengatur dan mengkomunikasikan apa yang telah lakukan dalam eksperimen . Hal ini lantaran laporan lab yang baik akan mampu menjelaskan dengan tepat apa yang telah dilakukan. Selain itujuga dapat digunakan untuk mengulangi eksperimen atau untuk menguji hipotesis penelitian lain dalam eksperimen baru.
  2. Menulis laporan percobaan adalah bagian integral dari proses ilmiah. Hal ini tentusaja bertujuan untuk membantu mengembangkan atau mempertajam keterampilan yang terkait dengan penyelidikan ilmiah, metode penelitian ilmiah, pemikiran ilmiah, dan komunikasi ilmiah, yang merupakan inti dari proses ilmiah.
  3. Tujuan pembuatan dalam contoh teks laporan percobaan adalah untuk meringkas data yang dikumpulkan dalam percobaan dan menyajikannya dengan cara yang mudah dibaca.
  4. Menyajikan interpretasi data dengan cara yang dapat meyakinkan pembaca untuk mengambil sikap terhadap temuan. Seperti halnya bisa menerima atau menolaknya.
  5. Tujuan penulisan laporan percobaan adalah kontribusi untuk akumulasi pengetahuan dan akan diterima sampai pekerjaan digantikan oleh pekerjaan yang lebih maju.
  6. Laporan percobaan merupakan upaya untuk membuat kumpulan dari semua pekerjaan yang telah dilakukan selama sejalan dengan topik penelitian. Tentusaja hal agar dapat menjadi referensi untuk masa depan.
Kesimpulan

Dari tujuan pembuatan laporan percobaan adalah bagian penting dari proses ilmiah. Laporan lab harus mengkomunikasikan pekerjaan penting yang telah lakukan di lab sehingga seseorang yang tidak ada di sana dapat memahami dan meniru hasil kita.

Hingga pada akhirnya mengusulkan studi dan eksperimen masa depan atau menyarankan perubahan pada metodologi penelitian yang sudah ada sebelumnya. Selain itu tujuan laporan percobaan harus ditulis untuk seseorang yang akrab dengan bidang studi ilmiah tetapi belum pernah melakukan.

Pada akhirnya untuk tujuan dilakukannya percobaan adalah untuk menjawab pertanyaan dengan menguji hipotesis. Selama percobaan, kita mungkin mengumpulkan banyak informasi, atau data. Tetapi data itu tidak terlalu berguna kecuali jika sudah diatur.

Itulah saja artikel yang bisa kami berikan pada segenap pembaca berkenaan tujuan penulisan teks laporan percobaan secara lengkap yang bisa kami berikan. Semoga mampu memberikan pemahaman untuk kalian yang sedang membutukannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *