Tujuan Pembuatan Proposal Kegiatan dan Contoh Penulisannya

Diposting pada
Rate this post

Contoh Tujuan Proposal Kegiatan

Hampir semua penulisan setiap proposal penelitian ataupu proposal kegiatan mencantumkan tujuan dijalankan. Hal ini penting, lantaran dengan adanya tujuan dalam setiap proposal dibuat untuk memberikan gambaran secara menyeluruh kepada para sponsor ataupun lembaga terkait untuk memahami mengapa mereka harus membantu kegiatan yang dijalankan.

Disisi lain, bagian proposal yang berisi tujuan diadakannya suatu kegiatan adalah memberikan ringkasan terkait hasil akhir yang akan didapatkan oleh lembaga terkait. Sehingga atas dasar inilah setidaknya dalam setiap proposal yang dibuat untuk mahasiswa di kampus, pelajar di sekolah, ataupun organisasi sosial di pedesaan senantisanya mencantumkannya.

Proposal Kegiatan

Proposal kegiatan adalah serangkaian konsep tulisan yang memuat tentang informasi yang erat kaitannya dengan kegiatan yang akan dijalankan. Mulai dari tingkat urgensi, kendala, komunikasi, kontrol, instruksi, sampai susuanan kepanitian.

Sehingga atas dasar ini setidaknya ada representasi konsep  untuk para pendana yang ingin memperoleh informasi pada sesuatu kegiatan tertentu.

Tujuan Proposal Kegiatan

Adapun untuk beberapa tujuan adanya pembuatan proposal kegiatan, antara lain;

  1. Memberikan Informasi Kegiatan

Tujuan penyusunan susunan acara kegiatan adalah agar seseorang dapat mengetahuai informasi apasaja yang diselenggarakan dalam kegiatan tersebut. Sehingga dengan informasi ini kemudian setiap lembaga terkait dapat mengevaluasi hasil kegiatan yang dijalankan sebelumnya.

Langkah ini tentusaja diperoleh dengan cara memperhatikan relevansi serta manfaatnya dengan kegiatan yang akan lakukan.

  1. Sebagai Landasan Kegiatan yang Direalisasikan

Tujuan dari pembuatan proposal adalah untuk mencari dan mendapatkan dukungan dana dari pihak-pihak terkait. Sehingga atas dasar inilah setidaknya setiap pihak yang bersedia membantu akan menimbang manfaat apa yang diperoleh serta dukungan apa yang akan diberikan.

Apalagi disisi lain, misalnya kegiatan ini bersifat sosial barangkali untuk pihak yang memberi dana dapat menggunakan dana CSR nya untuk membantu kegiatan tersebut. Namun, jikalau acara berupa event-event tertentu bisaja diharuslah untuk melakukan promosi.

  1. Memberikan Gambaran Terkait dengan Rencana Kegiatan

Tujuan dibuatnya proposal kegiatan tak lain ialah memberikan gambaran terkait dengan rencana kegiatan yang akan dijalankan. Sehingga dalam hal ini tentusaja mendeskripsikan selain sebagai informasi penulisan proposal juga sebagai panduan yang berisi langkah praktis tentang cara pelaksanaan kegiatan.

Contoh Penulisan Tujuan Proposal Kegiatan

Sebagai pembahasan yang lebih lengkap. Berikut ini merupakan contoh tujuan pembuatan proposal kegiatan. Misalnya saja;

  1. Sekolah

Pada bagian untuk contoh penulisan dan pembuatan proposal kegiatan di sekolah ini misalnya saja terkait dengan adanya pelatihan kepenulisan karya tulis ilmiah yang diselenggarakan oleh KIR (Karya Ilmiah Remaja). Maka, untuk bentuknya.

Tujuan Kegiatan Karya Ilmiah

Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan diadakanya kegiatan “Pelatihan Penelitian Karya Tulis Ilmiah” adalah sebagai berikut :

  1. Memahami konsep dasar karya tulis ilmiah
  2. Memahami analisis data dalam karya ilmiah
  3. Memahami konsep pembuatan karya tulis Ilmiah
  4. Dapat melakukan dan membuat karya ilmiah dengan akurasi yang tinggi
  1. Lingkungan Masyarakat

Sedangkan untuk contoh penulisan dalam tujuan pembuatan proposal kegiatan untuk agenda-agenda di lingkungan masyarakat misalnya saja dalam hal ini agenda tentang 17 Agustus-an dalam rangka memperingati kemerdekaan Republik Indonesia.

Tujuan Kegiatan Peringatan HUT RI

Tujuan

Tujuan dari agenda peringan HUT (Hari Ulang Tahun) Kemerdekaan Republik Indonesia ini yaitu meningkatkan kepedulian generasi muda terhadap sejarah pahlawan bangsa yang berdampak pada peningkatan nilai nasionalisme. Sehingga tercapainya tujuan ini maka akan membantu pemerintah dalam mengatasi demoralisasi karakter generasi muda.

Nah, demikianlah saja artikel yang bisa kami berikan pada semua pembaca berkenaan dengan tujuan pembuatan proposal kegiatan dan contoh kepenulisannya yang baik dan benar. Semoga memberikan wawasan bagi semua kalangan yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *